blog-indonesia.com

Minggu, 26 September 2010

Motor Matic Disulap Jadi Pemotong Rumput

YOGYAKARTA--MI: Motor matic yang dimodifikasi menjadi mesin pemotong rumput dari Provinsi Lampung ikut dipamerkan dalam gelar Teknologi Tepat Guna XII di Yogyakarta, 22-26 September 2010.

"Mesin pemotong rumput ini adalah karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara," kata salah seorang staf Badan Pemberdayaan Masyarakat Sub Bidang Teknologi Tepat Guna Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Adi Guna Akip di sela pameran, di Yogyakarta, Kamis (23/9).

Menurut dia, siswa SMKN 3 Kotabumi itu mampu memodifikasi motor matic berkapasitas mesin 125 CC dengan motor pemotong rumput portabel.

Ia mengatakan untuk menggerakkan mesin pemotong rumput hasil modifikasi dengan motor matic ini, bahan bakarnya adalah premium 16 liter. "Setiap satu jam menghabiskan satu liter premium," katanya.

Mesin pemotong rumput tersebut bisa dioperasikan selama 16 jam. "Namun, pemakaiannya secara estafet di lahan seluas satu hektare," katanya.

Adi Guna mengatakan dipilihnya motor jenis matic untuk dimodifikasi dengan motor pemotong rumput portabel karena dengan motor matic lebih mudah dalam perakitannya, karena tanpa gear.

"Motor pada mesin matic ini lebih mudah dimodifikasi dengan jenis motor lain, dan mudah untuk mendapatkan motor matic," katanya.

Menurut dia, mesin pemotong rumput hasil modifikasi tersebut telah diujicoba di lahan perkebunan kelapa sawit di beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Utara.

"Masyarakat menyambut baik adanya mesin pemotong rumput hasil modifikasi ini, dan dalam waktu dekat akan diperkenalkan ke berbagai wilayah lain di Provinsi Lampung," katanya.

Ia mengatakan dengan adanya mesin pemotong rumput ini diharapkan memotivasi pelajar lainnya agar mengembangkan kreativitas mereka bagi kepentingan masyarakat luas.

"Selain memberi manfaat kepada para petani, kami juga berharap adanya inovasi seperti ini, bisa menggugah keinginan masyarakat menggunakan barang-barang di sekitarnya untuk kemanfaatan yang lebih besar," katanya.

Menurut Adi Guna, rencananya mesin pemotong rumput ini akan dijual di pasaran sehingga memberi kemudahan bagi para petani. "Dengan adanya mesin pemotong rumput ini diharapkan dapat membantu para petani dalam menyiangi lahannya secara cepat, tanpa harus menggunakan peralatan manual yang membutuhkan waktu yang lebih lama," katanya.(Ant/OL-9)



mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More