blog-indonesia.com

Selasa, 07 September 2010

GSM IP Telkomsel Siap Layani Komunikasi di Laut

Salah satu perangkat yang disematkan Telkomsel di kapal untuk mendukung komunikasi di laut
JAKARTA - Para pemudik jalur laut kini tidak perlu mengkhawatirkan komunikasi lewat ponsel. Pasalnya, 15 kapal Pelni telah disematkan inovasi GSM berbasis IP.

"Teknologi GSM berbasis IP ini telah disematkan di 15 kapal Pelni. Dengan demikain para penumpang kapal dimungkinkan untuk berkomunikasi lewat ponsel selama perjalanan mudik di jalur laut," ujar Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/9/2010).

Di setiap kapal, lanjut Sarwoto, Telkomsel meletakkan beberapa perangkat, seperti antena parabola, modem VSAT IP, pico BTS, solar cell sebagai power supply atau baterai APB (Automatic Power Backup) di daerah yang sudah ada listrik.

Selain itu, kapal tersebut juga dilengkapi dengan sarana pelayanan publik berupa dua pesawat telepon FWT (Fixed Wireless Telephony) sebagai warung seluler (warsel) bagi mereka yang belum mempunyai ponsel.

15 kapal Pelni yang telah dilengkapi dengan teknologi GSM (Global System for Mobile) berbasis IP (Internet Protocol) berkonsep 'Remote Solution System' adalah Sinabung, Gunung Dempo, Labobar, Bukit Raya, Dobonsolo, Ciremai, Tidar, Nggapulu, Bukit Siguntang, Kelimutu, Lambelu, Sirimau, Kelud, Dorolonda, dan Lawit.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan mudik, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan untuk menghadirkan jaringan terluas dan berkualitas dengan kapasitas yang memadai, seperti penambahan kapasitas SMS menjadi 80.000 SMS perdetik untuk kenyamanan ber-SMS mengucapkan "Selamat Hari Raya dan Mohon Maaf Lahir Batin", kapasitas VLR atau kemampuan handling pelanggan ditingkatkan menjadi 117 juta, kapasitas layanan BlackBerry menjadi 800 Mbps (Mega bit per second), serta jaringan 3G/HSDPA/HSPA+ yang didukung 7.000 Node B yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia. (srn)


okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More