blog-indonesia.com

Rabu, 08 Agustus 2012

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas)

 Inovasi anak bangsa unjuk gigi di "RItech expo" Hakteknas

Bandung (ANTARA News) - Rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 dimeriahkan dengan pameran berbagai teknologi  di "RITech Expo 2012" yang berlangsung di Bandung 8-11 Agustus.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta Rabu meresmikan  "RI Tech Expo 2012", yang memajang berbagai hasil inovasi teknologi anak bangsa.

"Pameran ini dalam rangka membangkitkan budaya inovasi di kalangan masyakarakat," kata Menristek yang akan berada di Bandung selama sepekan untuk memperingati rangkaian Hakteknas.

Pameran ini, lanjut dia, juga sebagai pertanggungjawaban terhadap publik atas hasil-hasil riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh para peneliti Indonesia.

"Pameran ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pemahaman baru akan keberadaan iptek, di mana inovasi teknologi bangsa Indonesia ternyata sudah cukup banyak," paparnya.

RI Tech Expo 2012 menyajikan hasil-hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga riset, litbang kementerian, litbang pemerintah daerah, litbang universitas dan penggiat iptek Indonesia yang akan menempati 100 gerai, 80 "indoor" dan 20 "outdoor".

Pameran RI Tech Expo akan berlangsung selama empat hari yakni tanggal 8-11 Agustus 2012.

Usai membuka pameran, Menteri berkeliling ke gerai-gerai seperti gerai PT PAL Indonesia, PT LEN, Litbang PLN, LIPI, SMKN 4 Bandung, Edwar Technology, Sari Ayu, Wika, PT hingga gerai Dharma Wanita Kemristek dan gerai Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Demikian pula gerai-gerai luar ruang di bawah tenda-tenda putih seperti PT Dahana, PT Pindad, Dislitbang Polri, Balitbangnovda Sumsel, Batan, Lapan, hingga area hasil-hasil riset yang didanai Kemristek Peningkatan Kapasitas Peneliti dan Perekayasa (PKPP).

Menteri juga melihat-lihat sejumlah wahana seperti pesawat Jabiru milik SMKN 12 Bandung, bus Genap SNI milik BSN, bus Zebra Cendekia milik Polda Jateng, dan lain-lain.
(D009)(Antara)

 Hari ini, Bandung Menjadi Kota "Lautan" Teknologi

http://m.okezone.com/mimg/2012/08/08/55/674844/large_MTx9AYE6Ok.jpg
Foto: hakteknas.ristek.go.id
BANDUNG - Hari ini, Rabu 8 Agustus 2012, Bandung menjadi kota teknologi. Pasalnya, kota ini menjadi tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XVII (Hakteknas ke-17).

Berbagai produk teknologi akan tampil di jalanan Kota Kembang mulai dari Ritech Expo, Karnaval kreativitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan pertunjukkan berbau sains lainnya.

Semua acara yang didukung Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) itu merupakan bagian dari peringatan Hakteknas yang akan berlangsung hingga 11 Agustus 2012.

Menristek Gusti Muhammad Hatta menjelaskan, gelaran tahunan yang kali ini bertema 'Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa' merupakan alat publikasi inovasi teknologi produk dalam negeri.

Kata Hatta, peringatan Hakteknas kali ini untuk mewujudkan visi berupa menanamkan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai strategis dan pentingnya peran iptek dalam membangun peradaban.

"Saya harap event ini bisa menjadi alat publikasi kepada masyarakat bahwa orang Indonesia bisa menghasilkan sesuatu," ungkap Menristek, di Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung Selasa (7/8/2012) malam.

Lanjut dia, Indonesia telah banyak menghasilkan atau memproduksi produk bermanfaat. Namun sosialisasinya masih sangat minim. "Hakteknas ini bukan membikin gaduh tetapi sebagai apresiasi terhadap produk buatan anak bangsa," tegasnya.

Peringatan Harteknas akan menampilkan karnaval berbagai produk iptek yang dipamerkan dengan cara menyusuri jalanan kota Bandung. Nantinya masyarakat bisa melihat bagaimana bentuk mobil listrik yang kini lagi hangat dibicarakan di media massa.(amr)

 Berikut Rute Karnaval Harteknas di Bandung

http://m.okezone.com/mimg/2012/08/08/526/674764/large_sfYCzX8z0s.jpg
IIlustrasi lalin di Kota Bandung (Foto: Okezone/Iman Herdiana)
BANDUNG - Kota Bandung menjadi tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) XVII. Salah satu acara Harteknas ialah Karnaval Kreativitas Iptek.

Bagi masyarakat Kota Kembang yang ingin menonton silakan mendatangi rute karnaval yang menampilkan beragam produk Iptek karya anak bangsa.

Berikut rute yang akan dilalui Karnaval Harteknas: Jalan Ganeca, Jalan IR H Juanda, Dipatiukur, Monumen, Surapati, Diponegoro, lalu kembali ke Jalan IR H Juanda dan Jalan Ganeca.

Karnaval akan dibuka Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Rabu (8/8/2012), sekira pukul 13.30 WIB di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun, bagi pengguna jalan yang tidak ingin terjebak kemacetan, sebaiknya menghindari jalan-jalan tersebut saat pelaksanaan karnaval, yakni dimulai pukul 13.00 WIB.

Karnaval diikuti sedikitnya 50 unit kendaran iptek, di antaranya panser PT Pindad, bus listrik nasional, mobil Badan Standardisasi Nasional, mobil PT Len, Pesawat UAV Badan Informasi Geospasial, mobil hujan buatan BPPT, mobil Kedaruratan Nuklir, buggy car karya SMKN 8 Bandung, mobil Nuklir Pangan untuk Kesehatan, mobil Pintar SIKIB, dan produk inovatif karya anak bangsa lainnya.

Peringatan Harteknas bertema “Inovasi untuk Kemandirian Bangsa” juga dimeriahkan pameran teknologi Ritech Expo.

“Peringatan Harteknas ini untuk mewujudkan visi menanamkan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai strategis dan pentingnya peran iptek dalam membangun peradaban,” terang Ketua Pelaksana Harteknas, Freddy Permana Zen, di Hotel Panghegar, Bandung.

Peringatan ini sebagai apresiasi atas keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai dan mengembangkan Iptek.(ton)

(Okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More