Senin, 07 November 2016

★ Motor Listrik Nasional Bersiap Mengaspal

Gesits, Motor Listrik Buatan ITS dan Garasindo [CNN Indonesia/Andry Novelino]

Motor listrik yang digarap Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bekerjasama dengan Garasindo atau yang dikenal Gesit (Garansindo Electric Scooter ITS), bersiap untuk melangkah lebih jauh.

Gesits bersiap untuk melakukan uji coba kemampuan dan kehandalan teknologi listrik dari motor buatan anak bangsa tersebut.

"Dukungan luar biasa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia membuktikan komitmen pemerintah dalam mengapresiasi hasil karya anak bangsa dan mengurangi pencemaran polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermesin konvensional selama ini, juga akan membuktikan kemampuan sumber daya bangsa Indonesia yang tentunya akan mengangkat harkat dan martabat Negara dan bangsa Indonesia di mata dunia Internasional," ujar Muhammad Al Abdullah selaku CEO Garansindo Group di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

Gesit merupakan sepeda motor listrik dengan daya motor 5KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 kilometer dalam satu pengisian baterai, dengan kecepatan maksimal sampai dengan 100km perjam atau setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Karena sepeda motor ini menggunakan tenaga listrik, maka pengisian baterai membutuhkan sekitar 1.5 - 3 jam untuk sekali pengisian.

Muhammad Al Abdullah juga menegaskan mengenai infrastruktur baterai yang mulai dipasarkan di wilayah Jawa terlebih dahulu.

Motor Listrik Nasional Bersiap MengaspalMotor Listrik Nasional Bersiap Mengaspal [CNN Indonesia/Andry Novelino]

Memang di Jawa paling besar ya tapi kalau kita berhasil berkerja sama dengan seluruh SPBU Pertamina, ya berarti hampir sempurna, tabung batrei si Gesit juga lebih mudah dijumpai, nanti juga ada motor-motor listrik lain buatan Indonesia, kalau bisa jangan sampai import lagi, kita juga berharap ada prototipe lain," ujarnya.

Rencana nya pada hari Senin (7/11) siang ini, beberapa rider dari ITS akan melakukan touring sebagai uji jalan mulai dari Jakarta sampai Bali dari tanggal 7 sampai 12 November 2016, jarak yang ditempuh sekitar 1.200 kilometer. (tyo)

 Dijual Kurang dari Rp 20 Juta
Gesits, Motor Listrik Lokal Dijual Kurang dari Rp 20 JutaUji coba motor listrik nasional, Gesits (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) adalah motor bertenaga listrik produk riset hasil kerja sama antara ITS dengan PT. Garansindo Surabaya. Bila dijual ke pasaran harganya bisa mencapai Rp 20 juta.

Informasi yang didapat dari Mohammad Al Abdullah selaku CEO Garansindo Group bahwa kemungkinan harga jual untuk motor listrik Gesits ini adalah kurang dari Rp 20 juta.

"Kalau masalah harga kita tetap pada rencana awal, bahwa Gestis akan dijual di pasaran dengan angka di bawah Rp 20 juta, tetapi secara global itu bisa menghemat 30-50 persen," ujarnya.

Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian laboratorium dan pengujian di jalan raya.

"Gesits dijadwalkan akan diproduksi massal oleh Garansindo pada pertengahan tahun 2017. Sudah selayaknya Indonesia memiliki sepeda motor hasil rancang bangun anak bangsa terbaik di Indonesia," katanya.

Dalam rangka mendukung program "hilirisasi" hasil riset Perguruan Tinggi tersebut akan dijadikan sebuah industri.

Prototipe hasil kerjasama tersebut mendapatkan aliran dana dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) sebesar Rp 5 miliar dan telah ditampilkan ke publik pada tanggal 3 Mei 2016 secara langsung oleh Menristek Mohammad Nasir.

"Dana Rp 5 miliar yang dialokasikan dari Kemenristekdikti kepada ITS yang mengerjakan inovasi tentang motor Gesits kita lakukan karena produk ini tidak mungkin tanpa ada pendampingan dan pembiayaan," ungkap Mohammad Nasir di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

Lewat bantuan hibah riset Kemenristekdikti tersebut, telah dihasilkan 5 unit sepeda motor listrik Gesit yang siap diuji kehandalan dan unjuk kerjanya.

 Jadi 'Ancaman' Pasar Roda Dua
Motor listrik pertama buatan dalam negeri Gesits. (gesits.co.id)

Diam-diam Institut Teknologi Surabaya (ITS) tengah menggarap motor listrik, bahkan telah memasuki tahap penyelesaian dan akan segera dipasarkan. Pengenalan motor listrik nasional yang diberi nama Gesits ini akan diuji coba mengarungi perjalanan 1.000 km dari Jakarta menuju Bali, pada 7-13 November 2016.

Presiden Joko Widodo direncanakan akan melepas uji coba di Jakarta. Selain dukungan Jokowi, bakal dilepas dan diproduksinya massal Gesits juga mendapat dukungan penuh dari Menristekdikti, M Nasir.

Motor listrik nasional Gesits akan mulai diproduksi pada awal 2017. Di tahap awal motor akan diproduksi sebanyak 100.000 unit.

Angka produksi yang tergolong banyak itu pastinya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia dan perusahaan. PT Telkom merupakan salah satu pemesan terbanyak dengan angka 5.000 unit.

Nama Gesits adalah kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS atau kolaborasi yang dilakukan antara ITS dan Garansindo.

Tadinya motor akan diproduksi tahun 2017 dengan rencana penjualan tahun 2018. Namun Garansindo kemudian memutuskan untuk mempercepatnya menjadi tahun 2017.

"Gesits ada sinyal bisa maju produksi di awal 2017 dan mulai dijual pertengahan 2017," ujar CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah.

Motor listrik yang memiliki kecepatan maksimum sekitar 100 km per jam ini rencananya akan dijual seharga Rp 15 juta.

Kabar soal motor listrik nasional yang dikembangkan ITS-Garansindo ternyata menarik perhatian Amerika Serikat.

Perwakilan Amerika di Indonesia melalui Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Brian McFeeters dan Konsul Jenderal Heather C. Variava mengunjungi ITS dan menyempatkan diri melihat Gesits. Keduanya lalu berpose dengan Rektor ITS Joni Hermana.

"Kami sangat senang dan bangga atas perhatian dan apresiasi yang diberikan oleh Kedubes Amerika terhadap Gesits, yang merupakan calon motor listrik buatan anak bangsa Indonesia pertama," ujar Al Abdullah. (pit)
 

  CNN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More