blog-indonesia.com

Selasa, 16 Agustus 2016

Ongen Persembahkan Drone Bagi NKRI

Dapat DipersenjataiUjicoba Drone Ongen

Setelah berjibaku selama sekitar 3 tahun, Yulian Paonganan atau yang dikenal dengan Ongen bersama timnya lakukan riset pembuatan Pesawat Amphibi yang diberi nama OS-Wifanusa akhirnya membuahkan hasil.

OS-Wifanusa pesawat amphibi yang awalnya dirancang sebagai wahana transportasi alternatif di wilayah kepulauan telah berhasil mencapai satu tahapan spektakuler. OS-Wifanusa skala 1:3 dan 1:2 telah bermetamorfosis menjadi Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) super canggih dan sudah kantongi sertifikat Kelaikan Udara Miiter dan Indonesian Militery Airworthiness Autority (IMAA) Kemhan RI bahkan sudah resmi dimiliki oleh Kementerian Pertahanan sebanyak 3 set yang berjumlah 6 unit PTTA tersebut.

"Kami masih menyelesaikan detail desain untuk merealisasikan OS-Wifanusa yang berpenumpang (berawak), karena proses pembuatan pesawat berawak banyak regulasi dan persyaratan yang tentu harus kami patuhi dan ini butuh waktu yang relatif lama" tutur Ongen.

"Untuk drone yang saat ini sudah kantongi sertifikat IMAA kami juga akan terus memantapkan lagi meski saat ini sudah dikategorikan sebagai drone canggih, jika perlu kita akan kengkapi dengan persenjataan" lanjut Ongen.

Sebelumnya diberitakan bahwa Drone OS-Wifanusa yang memiliki kemampuan amphibi ini ada dua type yaitu OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2m) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4m) dengan Endurance 6-8 jam dan 8-10 jam. Mampu terbang autonomous dengan jangkauan telemetri mencapai 100 km dan membawa kamera canggih untuk surveillance dan pemetaan.

"Kami bertiga sebagai inventor dari pesawata ini, saya bersama Laksamana TNI Ade Supandi dan Oky Suanandi dibantu chief engineering Hisar Pasaribu dan sejumlah anak bangsa yang nasionalismenya tidak diragukan lagi, karya kami ini kami persembahkan untuk NKRI." tutup Ongen. (Anu)
 

  Harian Terbit  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More