blog-indonesia.com

Selasa, 30 Agustus 2016

Barata Indonesia Ekspor ke AS dan Meksiko

http://berita.beritajatim.com/brt271458614.jpgPT Barata Indonesia (Persero) melakukan ekspor komponen kereta api (KA) ke dua negara, yaitu Amerika Serikat (AS) dan Meksiko. Ekspor tersebut sebagai pemenuhan kontrak jangka panjang (2011 – 2021) yang dilakukan perusahaan yang berkantor pusat di Gresik, Jawa Timur tersebut dengan perusahaan Standart Car Truck Company yang berkantor di Illinois, AS.

Barata Indonesia memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya di bidang casting (pengecoran logam), seperti komponen kereta api untuk kebutuhan domestik dan ekspor. Penjualan ekspor Barata per tahun sekitar USD10 juta, atau sekitar 20% dari total penjualan.

"Untuk memenuhi standar kualitas ekspor, pabrik pengecoran milik PT Barata Indonesia telah memiliki sertifikat AAR (Association of America Railroads) sebagai syarat untuk bisa menembus pasar ekspor ke AS dan Kanada," ujar Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero), Slimy Karim dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2016).

Dia menyampaikan, ke depan penjualan ekspor akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas produksi perusahaan yang berdiri pada 1901 itu.

Kami sedang dalam tahap persiapan akhir dalam rangka realisasi perencanaan investasi yang dibutuhkan untuk merevitalisasi pabrik PT Barata Indonesia agar siap mendukung ekspor dan program-program yang sedang digalakkan oleh pemerintah, seperti infrastruktur pembangkit listrik, infrastruktur logistik pelabuhan, pembangunan dan perawatan pabrik-pabrik besar, seperti gula, semen, dan juga termasuk fasilitas minyak dan gas Pertamina dan PGN,” terang Silmy.

Dia mengatakan Barata Indonesia tahun ini mendapatkan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 500 miliar. PMN untuk Barata tahun ini sudah dianggarkan pada APBN-P 2016 dan sudah mendapatkan persetujuan DPR. "Kami sedang menunggu proses pencairan saja oleh pemerintah,” imbuhnya.

Industri berat (heavy industry) di Indonesia harus dikembangkan karena industri ini adalah salah satu pilar dalam meraih sukses di bidang ekonomi ke depan. Di Asia ada Jepang, Korea, dan sekarang Tiongkok (China) yang industri beratnya maju. Ini merupakan prasyarat bagi suatu negara untuk bisa terus membangun industrinya, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkas Silmy. (dmd)

  sindonews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More