Rabu, 10 Agustus 2016

LAPAN Siap Bangun Bandar Antariksa

✈ LAPAN

Lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) siap membangun Bandar Antariksa, tempat peluncuran antariksa yakni roket yang di dalamnya bermuatan satelit. Semula ada tiga calon lokasi Bandar Antariksa, sekarang telah mengerucut menjadi dua.

"Tiga calon lokasi yang muncul adalah Enggano, Biak dan Morotai. Dua lokasi yang akan dipilih antara Biak dan Morotai," jelas Kepala LAPAN Thomas Jamaluddin usai pengarahan mengenai Seminar dan Sosialisasi Hasil Satelit LAPAN di Hotel Sahid Jaya Solo, Selasa (09/08/2016).

Saat ini, lanjutnya, sedang dikaji lebih konprenhensif antara Biak dan Morotai. Keduanya dipilih karena lebih dekat dengan equator. Morotai +2 derajat Lintang Utara, sedang Biak -2 derajat Lintang Selatan. Keduanya menghadap ke Lautan Pasifik. Karena peluncuran roket diarahkan ke laut lepas.

Sekarang ini sedang disiapkan investasi yang sangat besar. Jadi dimungkinkan pembangunan Bandar Antariksa harus bermitra dengan negara yang sudah menguasai teknokogi keantariksaan. Hal ini sekarang masih terus dikaji. Jadi suatu saat kita ingin bisa meluncurkan satelit dengan roket sendiri.

"Dan Bandar Antariksa itu juga bisa dipakai negara mitra internasional. Ini bagian dari komersialisasi," jelas Thomas Jamaluddin. (Qom)

  Krjogja  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More