blog-indonesia.com

Sabtu, 15 April 2023

[Video] Indonesia Siapkan Rencana Darurat Terkait Taiwan

Liputan Harian KompasKementerian Luar Negeri menyiapkan rencana darurat mengantisipasi perkembangan situasi geopolitik di Taiwan yang belakangan memanas di tengah ancaman perang dengan China. Keberadaan 350.000 warga Indonesia di Taiwan menjadi alasan utama penyiapan rencana darurat.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, Jumat (14/4/2023), mengatakan, pemerintah terus memantau perkembangan di Taiwan. Menurut dia, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, telah disusun rencana kontingensi bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei.

Kondisi geopolitik di sekitar Taiwan tidak kunjung mereda. China bahkan berulang kali menggelar latihan perang dengan skenario utama mengepung Taiwan. Amerika Serikat dan sekutunya berulang kali pula berlatih perang di sekitar Taiwan. Pada 8-10 April 2023, China latihan mengepung Taiwan. Sementara pada 11-28 April 2023, dengan sandi Balikatan 2023, AS bersama Filipina dan Australia menggelar latihan perang di selatan Taiwan.

Indonesia amat berkepentingan pada kestabilan Taiwan. Alasan utama, 350.000 warga Indonesia tinggal di sana. Sebagian merupakan pekerja migran di berbagai pabrik dan kapal ikan. Mereka perlu dievakuasi jika sampai terjadi perang di Taiwan. Evakuasi orang sebanyak itu tentu cukup rumit.

 Berikut video dari Youtube :


 ♖ Youtube  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More