blog-indonesia.com

Rabu, 19 April 2023

Sekilas Penampakan KRI Bung Karno

⚓ Kapal VVIP buatan dalam negeriPenampakan KRI Bung Karno 369 [@Defen Art]

Dari twitter @DefenArt ditampilkan wujud kapal terbaru buatan lokal yang dipesan TNI AL, dengan nomor lambung kapal 369.

Diketahui kapal yang akan diluncurkan ini nantinya bernama KRI Bung Karno 369 produksi oleh PT Karimun Anugrah Sejati, Batam.

Kapal ini juga disebut Kapal Korvet Rudal Heli (KKRH).

Pelaksanaan First Steel Cutting (Pemotongan Pelat Baja Pertama) dan Keel Laying (Peletakan Lunas) kapal ini, dilakukan di fasilitas pabrik KAS yang berada di Tanjung Uncang pada 9 Juni 2022 lalu.

Sementara spesifikasi KRI Bung Karno-369 dikutip dari Ulasan, memiliki panjang keseluruhan 73 meter dan lebar 12 meter. Ditenagai dua mesin marine diesel berkekuatan 4.000 KW.

Dengan mesin tersebut, KRI Bung Karno-369 dapat dipacu dengan kecepatan jelajah 16 knot dan kecepatan tinggi maksimal 24 knot.

Sebagai kapal perang kepresidenan dan VVIP, KRI Bung Karno-369 juga dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi dan interior yang mewah.

Sebagai kapal kombatan, KRI Bung Karno bakal dipersenjatai dengan meriam otomatis kaliber 40mm bikinan Leonardo Italia dan senjata sekunder kanon kaliber 20mm serta dapat dipersenjatai rudal anti pesawat (SAM).

Dengan memiliki arsenal anti serangan udara, KRI Bung Karno-369 juga bakal dibekali Combat Management System (CMS), untuk mendukung peroperasian rudal SAM.

Pada dek bagian belakang kapal, pihak PT KAS juga menyediakan sarana helipad untuk menampung helikopter kelas medium seperti AS 565 Panther yang dioperasikan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal).

Mengintip pada spesifikasi KRI Bung Karno-369, dari segi konsep penomeran lambung. Maka kapal perang ini akan masuk ke keluarga Satuan Kapal Eskorta (Satkor), dengan nomer lambung berawalan angka 3xx.

Pemberian nama atau shipnaming KRI Bung Karno-369 sebelumnya dilakukan oleh mantan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri dan didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat itu masih dijabat oleh Laksamana TNI Yudo Margono di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (20/6/2022) tahun lalu.


  ⚓
Garuda Militer  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More