blog-indonesia.com

Senin, 10 April 2023

TNI AU Segera Diperkuat 2 Helikopter H225M Caracal dari Perancis

 Dirakit PT Dirgantara Indonesia Helikopter H225M Caracal TNI AU (Airbus Helicopters)

TNI Angkatan Udara (AU) segera diperkuat dua helikopter H225M Caracal pada tahun ini. Dua helikopter tersebut kini sedang dirakit PT Dirgantara Indonesia.

Ada dua helikopter yang akan kami segera delivery (ke TNI AU). Secara pekerjaan, pada bulan Mei ini sudah bisa kami siapkan (selesai),” ujar Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan saat dihubungi, Jumat (31/3/2023).

Gita mengatakan bahwa empat helikopter H225M Caracal tambahan saat ini sedang dalam perjalanan dari perusahaan Airbus, Perancis, ke PT Dirgantara Indonesia. Rencananya, empat helikopter itu juga akan dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia.

Sebetulnya akan di-delivery semuanya tahun ini delapan (helikopter H225M) ke TNI AU. Nanti, duanya pada bulan November (2023),” kata Gita.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Indan Gilang mengatakan bahwa TNI AU akan menggunakan dua helikopter H225M Caracal terlebih dahulu pada tahun ini.

Sudah ada di dalam negeri, lagi proses perakitan helikopter H225M Caracal. Itu helikopter sudah tiba di sini, sedang proses finishing di PT DI. Mungkin dalam waktu 2-3 bulan ke depan sudah bisa dioperasionalkan,” ujar Indan usai launcing KSAU Award di Jakarta, 16 Maret 2023.

Dilansir dari Kompas.id, helikopter H225M Caracal juga dikenal dengan EC-725 Caracal.

Helikopter tersebut memiliki dua fungsi, yakni militer dan misi pelayanan publik.

Dalam kepentingan militer, helikopter H225M dapat digunakan untuk operasi khusus, pencarian dan penyelamatan, transportasi taktis, serta evakuasi korban.

Sementara untuk pelayanan publik, helikopter ini dapat digunakan sebagai pemadam kebakaran, penjagaan pantai hingga perlindungan zona ekonomi eksklusif.

  ⍟
Kompas  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More