blog-indonesia.com

Sabtu, 29 April 2023

TNI AL Uji Rudal Hanud Mica

⚓️ 🚀 KRI REM 331 uji rudal hanud Mica (screenshoot indomiliter)

Merespon gejolak geopolitik kawasan yang terus berlangsung dinamis, TNI Angkatan Laut akan menggelar latihan tempur dan menurunkan sejumlah alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimiliki.

Dikutip Tribun Bali via laman resmi Koarmada II, Jumat 28 April 2023, TNI AL bersiap mengelar latihan Tingkat III/L3 Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II.

Dalam latihan tempur kali ini, TNI AL bakal melibatkan kapal utama mereka, yakni freegat KRI Edy Martadinata (331) sekaligus menguji coba menembakkan senjata strategis rudal Vertical Launch Mica atau VL Mica.

Latihan kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dari biasanya dikarenakan akan dilaksanakan ujicoba penembakan senjata strategis, senjata Khusus VL Mica yang akan ditembakan dari KRI Raden Eddy Martadinata-331 dengan target sasaran Drone Scrab II,” kata Kaskoarmada II Laksmana TNI Abdul Aziz mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah dalam Apel Glagaspur di Dermaga Madura II.

Oleh sebab itu, kata Abdul, latihan TNI AL ini membutuhkan perencanaan detail, lengkap dan terinci yang didukung kemampuan dan keterampilan prajurit yang handal sehingga dapat menyukseskan kegiatan latihan L3 Satkor Koarmada II.

Sementara itu, Dikutip dari situs MBDA, VL Mica merupakan sistem pertahanan anti-udara jarak pendek dan menengah yang menggunakan sistem berpemandu fire and forget (tembak dan mencari).

VL Mica dikembangkan oleh konsorsium Eropa yaitu MBDA sejak 1982 dan berpusat di Paris, Prancis.

VL Mica saat ini telah diinstal pada dua freegat TNI AL kelas Martadinata, yakni KRI Edy Martadinata (331) dan KRI I Gusti Ngurah Rai (332).

Sebagai informasi, VL Mica telah digunakan oleh beberapa negara seperti Prancis, Yunani, India, Maroko, Oman, Uni Emirat Arab, Taiwan, dan Indonesia.

Ini tentu menarik, khususnya bagi pemerhati jagat dunia militer dan pertahanan Indonesia. (*/Ady/Tribun Bali)

 ⚓️ 
Tribunnews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More