blog-indonesia.com

Kamis, 15 September 2011

RI-Mozambik Kerja Sama Iptek

JAKARTA--MICOM: Indonesia dan Mozambik memulai kerja sama di sejumlah bidang sains dan teknologi. Di antaranya, bidang teknologi dirgantara, bioteknologi, energi, mitigasi bencana, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi material maju.

"Mozambik sangat tertarik akan kemampuan kita. Mereka ingin belajar ke Indonesia. Kita harus gembira karena dipercaya," kata Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata dalam sambutannya pada penandatanganan nota kesepahaman dengan Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Mozambik Prof Dr Eng Venancio Simao Masingue di Jakarta, Rabu (14/9).

Ia meminta kerja sama ini segera ditindaklanjuti dengan pembentukan steering committee yang terdiri dari para pengambil kebijakan dari kedua negara yang akan bertemu secara rutin membahas perencanaan, monitoring, dan evaluasi kerja sama iptek kedua negara.

Dalam nota kesepahaman tersebut kedua negara sepakat menjajaki peluang kerja sama di bidang teknologi dirgantara dan ruang angkasa, bioteknologi seperti di bidang pertanian, pangan, kesehatan dan obat-obatan, juga energi, transportasi, mitigasi bencana, teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi material maju (nano teknologi). "Kerja sama kedua negara lebih ditekankan untuk mengantisipasi isu-isu global," katanya.

Kerja sama tersebut akan dilakukan dalam bentuk kegiatan penelitian bersama, pertukaran informasi iptek, pertukaran ilmuwan dan peneliti, pelatihan, seminar, dan kegiatan pengembangan kapasitas SDM. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More