blog-indonesia.com

Rabu, 29 Maret 2023

Prototipe KF-21 Berhasil Melakukan Uji Terbang

 Membawa Persenjataan Yang Pertama
KF-21 Boramae berhasil melakukan uji penerbangan dengan pelepasan persenjataan pertama. (Yonhap)

Korea Selatan berhasil melakukan uji persenjataan pertama pada dua prototipe pesawat tempur KF-21 buatan dalam negeri pada Selasa, kata badan pengadaan senjata negara, sebagai langkah untuk memeriksa kemampuan tempurnya.

Prototipe itu menjalani tes terpisah di atas perairan lepas pantai selatan negara itu setelah mereka lepas landas dari Wing Pelatihan Terbang ke-3 Angkatan Udara Korea di Sacheon, 300 kilometer selatan Seoul, demikian menurut Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

Prototipe KF-21 kedua dan ketiga dimobilisasi untuk pengujian. Saat ini, empat prototipe telah terlibat dalam uji terbang di bawah rencana untuk menggunakan total enam unit untuk skema pengujian keseluruhan yang akan berjalan hingga 2026.

Tes pada prototipe kedua dirancang untuk memeriksa apakah rudal uji Meteor jarak menengah udara-ke-udara dapat dilepaskan dari jet tanpa masalah. Tes di sisi lain melibatkan penembakan sekitar 100 peluru dari senapan mesin yang dipasang pada prototipe ketiga.

DAPA mengatakan tes memeriksa kemungkinan perubahan pada struktur, mesin, dan fitur aerodinamis pesawat selama operasi senjata untuk memastikan stabilitas dan keamanan operasionalnya.

Dengan tes terbaru, DAPA mengatakan KF-21 telah mengambil "langkah lain" untuk menjadi "jet tempur lengkap" untuk melindungi wilayah udara negara tersebut.

Diluncurkan pada tahun 2015, proyek KF-21 senilai 8,8 triliun won (US$ 6,8 miliar) ditujukan untuk mengembangkan pesawat tempur supersonik untuk menggantikan armada jet F-4 dan F-5 Korea Selatan yang sudah tua.

Korea Selatan sejauh ini telah melakukan lebih dari 150 uji terbang dengan empat prototipe KF-21 sejak penerbangan perdananya pada Juli tahun lalu. Badan tersebut berencana untuk memulai uji terbang untuk dua prototipe lagi pada paruh pertama tahun ini di bawah rencana untuk melakukan total sekitar 2.000 penerbangan pada Februari 2026.

DAPA berencana untuk melakukan tes di semua area penerbangan, seperti di ketinggian rendah dan tinggi serta pada kecepatan rendah, dan lebih banyak tes senjata, yang melibatkan rudal udara-ke-udara jarak pendek.

Dalam jangka menengah hingga jangka panjang, pihaknya juga berencana untuk mengoperasikan pesawat dengan senjata buatan dalam negeri.

  ★ Yonhap  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More