blog-indonesia.com

Rabu, 19 Desember 2012

Pertamina akan Kembali Aktifkan Kilang di Irak

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
Ilustrasi
Jakarta PT Pertamina (Persero) berencana melakukan ekspansi ke Irak. Untuk itu, Pertamina akan mengaktifkan kembali lapangan minyak yang dulu pernah ditutup di daerah Irak.

"Waktu mau ekspansi kita mikir, dulu kita sudah punya di Irak, kenapa enggak reaktifasi saja. Kita lihat Irak berkembang pesat setelah perang," ujar SVP Corporate Investment and Business Development Pertamina Gus Rizal, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Akan tetapi, melakukan ekspansi ke Irak tidak semudah itu. Rizal melanjutkan, kendala pembangunan di Irak berada pada infrastruktur. Kendala itu membuat Pertamina tidak bisa booming walaupun Irak sedang dalam pembangunan.

"Jadi selain kita berusaha ke Venezuela, Aljazair, dan Angola, kita coba juga dekati pemerintah Irak. Maka kita ajak pemerintah bisa enggak berbicara dengan pemerintah Irak, mungkin apa enggak reaktifasi," ujar Rizal.

Rizal mengatakan, akan memulai secara government to government terlebih dahulu, walaupun nantinya akan tetap business to bussiness. Pertamina akan mencoba meminta kembali supaya bisa dikelola lagi.

Selain itu, Pertamina akan mengajak BUMN karya untuk membantu pembangunan infrastruktur di daerah tersebut. Pasalnya, Irak merupakan negara yang juga berpotensi tinggi untuk produksi minyak.

"Irak butuh bangun infrastruktur RS, listrik, jalan raya, air bersih, maka kita ajak BUMN karya jadi kita lapor menteri BUMN. Kementerian BUMN minta ajaklah itu Adhi Karya, Hutama Karya, Wijaya Karya, dan BUMN. Kalau ada potensi lain baru ajak Kadin," jelas dia.

Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depan, Irak akan menghasilkan lebih dari minyak 10 juta barel per hari. Dengan tingginya produksi ini, Irak diyakini dapat menyaingi Saudi Arabia.

"Sekarang masih tiga juta dia terkendala abis perang hancur. Kita pernah diberikan konsesi dulu, maka kita ingin hidupkan lagi. Daripada harus keliling dunia padahal kita sudah punya, kenapa enggak dihidupkan lagi. Kita tinggalkan dulu, karena perang kan," tukasnya.(mrt)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More