blog-indonesia.com

Rabu, 26 Desember 2012

Ditemukan Cadangan Minyak di Binjai

http://statik.tempo.co/data/2010/11/23/id_54598/54598_275.jpgJakarta - Setelah tujuh tahun tanpa kegiatan eksplorasi, PT Pertamina EP menemukan kembali cadangan minyak dan gas bumi dari wilayah Binjai, Sumatera Utara dan Prabumulih, Sumatera Selatan. Dari sumur Benggala (BGL-1) di Binjai, dalam uji produksi pada didapatkan 13,2 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) gas dan kondensat sebesar 857,5 BCPD.

Manajer Humas Pertamina EP, Agus Amperianto, mengatakan, eksplorasi ini adalah salah satu upaya untuk mengaktifkan Blok Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Selama tujuh tahun terakhir tidak ada kegiatan eksplorasi di blok tersebut.

"Penemuan minyak dan gas di Formasi Tampur, Parapat, dan Belumai diharapkan menjadi trigger untuk melakukan evaluasi yang lebih intesif dalam mencari potensi dan peluang eksplorasi hidrokarbon serupa di area Sumatera Utara," kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Selasa, 25 Desember 2012.

Sedangkan uji produksi di sumur Hibiscus Selatan (HBS-1), Sumatera Selatan menghasilkan minyak sebesar 111,9 barel per hari dan gas 0,2 MMSCFD. Agus mengatakan, dengan dukungan data seismik di area tersebut, Pertamina EP optimistis melanjutkan eksplorasi intra field di Sumatera Selatan.

Pada 2012, Pertamina EP mengebor 22 sumur eksplorasi dan delapan sumur operasi pengeboran. Pada 2013, Pertamina EP merencanakan untuk mengebor 28 sumur eksplorasi.


 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More