blog-indonesia.com

Selasa, 13 Desember 2011

Indonesia Siap Sambut 1.000 Robot Internasioal

Ilustrasi (Foto: dok okezone)

JAKARTA - Perkembangan teknologi robot di Indonesia direspon dengan baik, hal ini bisa dilihat dengan sejumlah ajang bergengsi yang di gelar baik dalam lingkup daerah, nasional maupun internasional.

Setelah selesai penyaringan tingkat nasional pada acara Indonesia ICT Award (INAICTA) 2011 di JCC Senayan beberapa bulan yang lalu, sebentar lagi tunas muda bangsa akan menyiapkan diri untuk bersaing dalam ajang Internasional yang akan diikuti oleh 13 negara.

IRO atau International Robot Olympiad adalah ajang bergengsi kompetisi robot dunia yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya yang kali ini akan di gelar di Indonesia. Olimpiade Robot ini di prakarsai oleh Internasional Robot Olympiad Committee (IROC) yang bermarkas di Korea dan penyelenggaraanya kali ini dipercayakankan kepada Robot Organizing Committee Indonesia (ROCI) dan didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia.

IRO dirancang sebagai wadah untuk mengembangkan ide para siswa sekolah tingkat dasar, menengah dan atas di seluruh dunia. Diharapkan IRO 2011 menjadi momentum pemicu lahirnya roboticist muda Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Selain itu IRO juga berfungsi sebagai ajang promosi bagi industri robot untuk hunting tallent sekaligus memamerkan berbagai produk terbarunya.

IRO2011 adalah ajang yang ke 13, dimana pada ajang ke 12 di Autralia lalu, tim Indonesia berhasil meraih juara pertama dan membawa pulang medali emas dalam kategori Junior Creative Robot. IRO2011 rencana akan digelar pada tanggal 15 Desember 2011 bertempat di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Dengan mengusung tema, “Robot for Helping People from Natural Disaster” diharapkan pada IRO2011 kali ini muncul banyak teknologi robot yang dapat diaplikasikan untuk penanggulangan bencana alam yang saat ini sering terjadi di beberapa Negara, khususnya di Indonesia.

IRO 2011 kali ini menambahkan 2 kategori baru dari 12 kategori yang biasa dilombakan di tahun-tahun sebelumnya (Non-Programmed Line Tracer, Non Program Racing, Prison Break Robot (Wheel), Prison Break Robot (Legged), Transporter, Robot Dancing, Robot Mission, Push Out Robot, Robot Run, Robot In Movie, Robot Survival). Kategori tersebut yaitu Energy Saving Robot dan Robot Indonesiana. Kategori Energy Saving Robot adalah bentuk kepedulian Indonesia pada dampak rumah kaca dan konsentrasi pada pelestarian lingkungan, sedang kategori Robot Indonesiana bertujuan sebagai promosi budaya Indonesia dikancah Internasional.

Proses pendaftaran peserta IRO2011 telah di buka sejak oktober 2011 lalu secara online dan ditutup pada awal desember 2011 dengan jumlah peserta sebanyak 1.000 peserta dari 13 negara. Tentunya hal ini menjadi tantangan dan kebanggaan tersendiri bagi panitia IRO2011 dalam peyelenggaraan acara ini.

"Dengan hadirnya seribu kontestan membuat mereka harus benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memperebutkan juara International Robot Olympiad (IRO) 2011 kali ini,"kata Ir. Santoso Gondowidjodjo, GD. Mus. (Founder & General Chairman of ROCI)

Selain kompetisi robot dan pemeran inovasi teknologi robot, bagi anda pemerhati teknologi, desain dan hoby otak-atik robot serta ingin menambah wawasan berkaitan dengan perkembangan robot dunia saat ini, dapat mengikuti International Symposium on Robot Education yang akan di gelar pada tanggal 15-17 Desember 2011 di Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Melalui rangkaian acara IRO2011 ini diharapkan muncul banyak ‘exposur’ signifikan terhadap karya-karya terbaik anak bangsa dan melalui partisipasi di IRO2011 diharapkan mereka dapat dikenal luas oleh masyarakat dan dunia industri baik lokal maupun internasional. Untuk itu, acara berskala Internasional ini adalah media yang tepat yang dimiliki oleh seluruh komponen bangsa sehingga seluruh pihak yang berkepentingan selayaknya mengambil peran dalam mensuksesakan acara ini. (tyo)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More