blog-indonesia.com

Jumat, 23 Agustus 2024

Bantul Punya Pabrik Drone

 Pertama di Indonesia 
https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/0x0/webp/photo/krjogja/site/2022/07/21/241610/bantul-punya-pabrik-drone-pertama-di-indonesia-220721j.jpgDrone Frogs produksi PT Inovasi Solusi Transformasi Indinesia. (Judiman)

SEBUAH
pabrik pesawat Drone telah dirintis di Kabupaten Bantul dan merupakan pabrik Drone pertama di Indonesia, yakni PT Inovasi Solusi Transformasi Indonesia, merek Frogs berlokasi di Jalan Imogiri Barat.

Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih saat meninjau pabrik tersebut, Rabu (6/4/2022) mengemukakan, perusahaan ini menciptakan inovasi yang luar biasa, yakni pembuatan atau pabrik Drone yang bisa dimanfaatkan berbagai kebutuhan, seperti untuk foto dari udara atau pemetaan, sprayer kebutuhan pertanian, sebagai angkutan untuk mengantarkan barang dan Drone angkutan orang atau Taksi Drone. Jenis Drone produksi PT Inovasi Solusi Transformasi Indonesia merek Frogs ini telah laku dipasarkan, walaupun belum mencapai eksport.

Tetapi untuk jenis Drone angkutan orang ini dari sisi teknologi sudah memungkinkan, tetapi dari sisi regulasi belum bisa. Karena pemanfaatan ruang udara aturannya tidak semua jalur bisa dilewati ,ada koridor- koridor udara yang ditetapkan berdasarkan undang-undang. "Tetapi ini satu inovasi yang luar biasa, dimasa depan produk Drone ini bisa menjadi angkutan orang dengan tanpa pilot cukup dikendalikan dari darat melalui sistem. Ini membanggakan Bantul," ungkap Bupati Bantul.

https://nusantara-news.co/wp-content/uploads/2023/08/Produk-drone-buatan-industri-dalam-negeri-696x464-1.jpgSementara di Kabupaten Bantul saat ini mulai bermunculan industri berbasis teknologi tinggi yang pada umumnya dengan sistem IT. Pemerintah memerlukan inovasi-inovasi baru untuk mengatasi kendala-kendala di lapangan dan PT Inovasi Solusi Transportasi Indonesia ini berhasil menemukan satu inovasi modern unggul untuk menerobos pemicu kendala diantaranya Drone yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ke depan Pemkab Bantul bisa bekerjasama dengan PT ini untuk pengembangan teknologi pertanian di Bantul.

Sementara Direktur PT. Inovasi Solusi Transportasi Infonesia, Frogs, Asro Nasiri yang lulusan UGM 1993 jurusan elektronika dan berpengalaman pernah bekerja di IPTN selama 13 tahun ini mengungkapkan, dirinya bersama rekannya Kiwi pemilik beberapa perusahaan di Myanmar, merintis mendirikan pabrik Drone di Bantul mulai tahun 2017, sehingga sampai sekarang sudah memasuki tahun ke-5. Perusahaan Drone ini bukan sebagai perakit, tetapi komponen Drone yang diproduksi dibuat sendiri, sehingga PT ini merupakan pabrik drone pertama di Indonesia.

Selama 5 tahun sudah memproduksi puluhan drone untuk sprayer pertanian dan laku di Jambi dan Kalimantan. Perusahaan drone ini mampu merekrut 25 tenaga ahli asal Bantul yang dididik sendiri oleh perusaahan, sedangkan untuk tenaga administrasi 15 orang. "Belum termasuk pilot yang tugasnya di lokasi perusahaan yang membutuhkan Drone. Gajinya antara Rp 5 hingga 7 juta," pungkas Asro. (Jdm)

  ★ KRJogja  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More