blog-indonesia.com

Rabu, 17 Mei 2023

Pilot TNI AU Awaki KF-21 Boramae

Penguji pesawat TNI AU awaki KF-21 Boramae (TNI AU)

Seorang penerbang tempur sekaligus penerbang uji TNI AU, Kolonel Pnb Muhammad "Mammoth" Sugiyanto telah sukses melaksanakan penerbangan uji perdana pesawat KFX/IFX-21 "Boramae" produksi ke-4 yang merupakan pesawat kursi ganda (tandem) bertempat di Pangkalan Udara Sacheon, Korsel.

Penerbangan tandem ini diawaki oleh Penerbang Uji Jim Tae Bom dari KAI (front seat) dan Kolonel Pnb Muhammad Sugiyanto (backseat) untuk menguji sistem Communication, Navigation and Identification (CNI-1) & Core Avionics.

Penerbangan berlangsung pada pukul 10.35 sampai dengan 11.34 Korea Standard Time di Area South of Sacheon AFB. Bertindak sebagai pesawat Chaser (pengawal) adalah sebuah pesawat F-16 ROKAF.

Kolonel Pnb Muhammad "Mammoth" Sugiyanto adalah alumnus AAU tahun 2000 dan Sekbang LXIV, penerbang Pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 1 Lanud Supadio.

Mammoth bersama Letkol Pnb Ferrel "Venom" Rigonald, MMOAS., adalah dua penerbang TNI AU yang bertugas sebagai Test Pilot Pesawat KFX/IFX-21 Boramae.

Penerbangan tandem ini sekaligus mengawali penerbangan perdana prototype ke-5, oleh Test Pilot dari ROKAF.

Pesawat inilah yang akan diserahkan kepada RI pada fase terakhir di 2026.

Setelah penerbangan ini dilanjutkan dengan congratulation party pada sore harinya, bersama-sama perwakilan dari KAI dan PTDI. Semoga program pembuatan pesawat tempur masa depan Indonesia-Korsel ini sukses, selain agar mampu menguasai teknologi kunci pembuatan pesawat tempur, juga memperkuat TNI AU untuk menjadi Angkatan Udara yang disegani di Kawasan.

  ★
TNI AU  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More