blog-indonesia.com

Selasa, 13 April 2021

Lapan Ujiterbang LSU 02 VTOL UAV

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhntrpg0eef5cHb85LtY16KzrV741XBtU9a0weLYnbAJXyaYaZukWxQXoo7Dzhl0kShsYSteVybfOgUPnOtoE7PU5OVg8IBXSNl5t7-49laXwREL-9QOAvcdKhjzKBnD16FSyyOnRyNSAk/w400-h258/156121923_926178001528614_1257300110066990551_n.jpg LSU 02 VTOL UAV [Lapan]

P
ada tanggal 9 Februari sampai dengan 12 Februari 2021 telah dilaksanakan uji terbang LSU-02 VTOL Hybrid di Pamengpeuk.

Tahapan yang ditempuh antara lain :

a) asembly komponen airframe LSU-02 VTOL
b) penimbangan pesawat dengan komposisi berbeda
c) uji ketahanan (endurance) baterai VTOL dengan cara Hovering selama 2 menit 38 detik
d) uji terbang auto take-off and landing (Hovering)
e) integrasi kompartemen pada pesawat
f) pengujian dropping kompartemen, dan yang terakhir dilanjutkan kegiatan
g) training pengoperasian pesawat

Hasilnya sebagai berikut :

1) Platform pesawat basic LSU-02 VTOL telah dapat diterbangkan secara penuh (full flight profile) dengan kendali otomatis (autonomous mode)

2) Kapasitas penuh dari tangki bahan bakar pesawat adalah 3.8 liter, jadi estimasi (acuan kecepatan cruise 26 m/s) total endurance pesawat adalah 3 jam dan total range 280 km

3) Parameter diatas dapat dijadikan acuan untuk menentukan safety factor dari Endurance dan Range pesawat ketika sudah terpasang sistem kargo karena berat pesawat + sistem kargo adalah 20 kg sehingga jika diisi bahan bakar dengan kapasistas maksimum (3.8 ltr) maka berat nya menjadi 23 kg. Penambahan berat Take-Off Weight ini dengan memperhatikan beberapa hal yaitu terkait dengan kekuatan struktur sayap, kecepatan stall pesawat, dan konsumsi daya sistem VTOL serta kapasitas baterainya
.




  ★ Pustekbang Lapan  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More