blog-indonesia.com

Sabtu, 21 Mei 2011

Mahasiswa Politeknik Aceh Ciptakan Robot Pemain Bola

Banda Aceh (ANTARA News) - Mahasiswa Politeknik Aceh menciptakan robot pemain bola yang dipersiapkan menghadapi Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011 Regional Sumatra, di Batam.

"Robot pemain sepak bola ini diberi nama i-bhan atau singkatan dari intelegensi ban," kata Direktur Politeknik Aceh Zainal Hanafi di Banda Aceh, Kamis.

Ia mengatakan, i-bhan memiliki kemampuan mengejar, menggiring, dan menendang bola ke gawang ini merupakan satu-satunya wakil Aceh pada Kontes Robot Cerdas Indonesia.

Kontes tahunan ini dilangsungkan pada 21-22 Mei 2011. Pada kontes ini, i-bhan akan bertanding dengan robot peserta lainnya. Robot yang mencetak gol terbanyaklah yang akan menjadi pemenang," katanya.

Zainal Hanafi mengatakan, mahasiswa pencipta robot itu bernama Ikrama Siddiq. Pembuatan robot tersebut dibutuhkan waktu tiga bulan dan diharapkan bisa memenangi kontes dan lolos ke tingkat nasional.

"Selain robot pemain bola, Politeknik Aceh juga mengusung robot yang diberi nama Pango UK. Dua robot Aceh ini akan bersaing dengan 11 robot buatan perguruan tinggi ternama di Sumatra," kata dia.

Kontes Robot Cerdas Indonesia, kata dia, merupakan ajang bergengsi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi beradu ilmu, kreativitas, dan strategi di bidang robotika.

Pemenang kontes regional Sumatra, lanjut dia, akan berlaga di tingkat nasional di Yogyakarta, pada Juni 2011. Sedangkan tahun lalu, mahasiswa Politeknik Aceh menampilkan robot bernama Fonna.

Robot yang mampu mengangkat balok dan menyusunnya menjadi candi meraih juara harapan satu serta berhak mengikuti kontes tingkat nasional di Malang. Namun, Fonna tidak berhasil meraih juara, katanya.

"Saya mengharapkan mahasiswa bisa meraih prestasi di kontes robot tersebut, sehingga menjadi bukti bahwa teknologi anak-anak Aceh tidak tertinggal," demikian Zainal Hanafi. (HSA/S019/K004)


ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More