blog-indonesia.com

Rabu, 18 Mei 2011

Kedubes AS Gelar Konferensi Teknologi dan Masyarakat Madani

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta akan menggelar konferensi 'TechCamp Jakarta' pada 19- 20 Mei 2001 mendatang di pusat kebudayaan teknologi tinggi AS @america.

Acara ini rencananya bakal diikuti oleh lebih dari 40 kelompok masyarakat madani yang aktif di bidang penanggulangan bencana dan perubahan iklim, serta 12 perusahaan teknologi dari Indonesia dan mancanegara, termasuk Alcatel-Lucent, Novartis, Intel, Google, Microsoft, Cisco, Yahoo! Indonesia, Telkomsel, Indosat, dan lainnya.

TechCamp adalah salah satu bagian dari inisiatif Civil Society 2.0, yang diluncurkan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton. Tujuannya menggerakkan komunitas teknologi untuk membantu organisasi-organisasi masyakarat madani di seluruh dunia dengan cara memberikan kecakapan, sumber daya dan dukungan untuk meningkatan kapasitas digital mereka.

Tech Camp Jakarta kali ini merupakan yang kedua yang pernah dilaksanakan oleh Departemen Luar Negeri AS. TechCamp pertama diadakan tahun lalu di Santiago, Chili, dan TechCamp selanjutnya telah dijadwalkan akan digelar di Lithuania dan Moldova.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (18/5/2011), dikatakan bahwa pada tahun 2009 Hillary memperkenalkan dan menekankan pentingnya inisiatif Civil Society 2.0. Dalam sebuah konferensi di Marrakech, Maroko, ia mengatakan bahwa pihaknya berusaha untuk mendukung usaha-usaha masyarakat madani di seluruh dunia karena percaya bahwa masyarakat madani mendorong komunitas-komunitas di dunia menjadi lebih stabil dan sejahtera.

Pada TechCamp selama dua hari di Jakarta nanti, organisasi masyarakat madani akan berbagi dengan sesama mereka dan para penggiat teknologi mengenai tantangan-tantangan terkini yang mereka hadapi dan melakukan curah gagas tentang bagaimana teknologi dapat berperan dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut.

TechCamp menjadi unik karena setelah ajang ini berakhir dan semua tantangan telah diidentifikasi, kelompok masyarakat madani lokal akan menghubungkan dirinya ke jaringan global yang terdiri dari para penggiat teknologi, sponsor, dan sukarelawan digital yang tertarik untuk membantu menemukan dan menjalankan solusinya. ( ash / fyk )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More