blog-indonesia.com

Selasa, 24 Mei 2011

Ayo Coba Kopi Bekatul

YOGYAKARTA--MICOM: Bagi para penggemar kopi, tidak ada salahnya mencoba kopi rasa baru. Kopi ini bukan hanya dari biji kopi sebagaimana yang kita kenal.

Ricebran Coffee, demikian para mahasiswa itu menamakan kopi alternatif yang mereka kembangkan. Ricebran Coffee merupakan inovasi produk minuman kopi dengan menambahkan bekatul di dalamnya.

Minuman ini mengkombinasikan unsur nikmat dari kopi ditambah dengan unsur kesehatan yang diperoleh dari bekatul. Ricebran Coffee mungkin belum begitu akrab di telinga kita. Produk ini baru beredar sekitar bulan Maret lalu.

Kopi rasa baru itu dilahirkan dari tangan-tangan kreatif sejumlah mahasiswa Universitas
Gadjah Mada. Mereka adalah Fuad Assani, Mathias Mahendra, Mila Permatasari, Sieta Rahmawati dan Yuntia Astutisari.

Usaha pembuatan kopi bekatul ini berawal dari keprihatinan lima mahasiswa muda tersebut akan kondisi bekatul yang cukup melimpah, namun belum begitu banyak dimanfaatkan.

"Bekatul memiliki 80% vitamin yang terkandung dalam gabah. Kandungan gizinya juga cukup tinggi dan ditambah komponen bioaktif oryzanol, tokoferol, dan asam ferulat menjadikan bekatul sebagai bahan baku yang berpotensi untuk dijadikan pangan fungsional," kata Fuad Assani kepada wartawan. (AU/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More