Rabu, 12 Desember 2012

Jumlah Pengguna Internet Indonesia Terus Melonjak

http://statik.tempo.co/data/2012/05/10/id_119256/119256_275.jpgJakarta Jumlah pengguna Internet di Indonesia bertambah tahun ini menjadi sekitar 63 juta orang dari sebelumnya 55 juta orang pada tahun lalu. Ini mencapai 24, 23 persen dari total populasi saat ini. Pengguna Internet terbanyak saat ini masih berada di Pulau Jawa. Posisi kedua diikuti Pulau Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Kalimantan.

Sedangkan secara provinsi, pengguna terbanyak ada di Jawa Barat. Lalu, diikuti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut Semuel A Pangerapan, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, ini menunjukkan penyebaran yang relatif bagus.

"Saat ini tingkat pengguna dibandingkan populasi per pulau mencapai sekitar 20-30 persen," kata dia pada paparan outlook industri Internet 2013, Rabu, 12 Desember 2012. Tiga tahun lagi, jumlah pengguna Internet Indonesia diharapkan bisa mencapai setengah dari total populasi.

Dilihat dari klasifikasi umur, pengguna terbanyak Internet masih berusia 12-34 tahun, yang mencapai 64 persen dari total pengguna. Dari jumlah ini, "Pengguna paling aktif merupakan kalangan yang baru bekerja," kata Valens Riyadi, pengurus APJII yang menangani survei ini.

Meningkatnya jumlah pengguna Internet ini menyebabkan melonjaknya jumlah pengguna layanan beli, yaitu online sebanyak 22,8 persen dari total pengguna. Ini setara dengan 13 juta pengguna. "Ini pasar yang besar," kata Samuel.

Valens Riyadi menambahkan, kebanyakan pengguna mengakses Internet lewat ponsel cerdas, yaitu sebanyak 65 persen. Ini didorong dengan semakin banyaknya ponsel cerdas berharga murah.

Untuk pilihan layanan Internet service provider, para pengguna internet kebanyakan mengutamakan kecepatan akses, biaya murah, dan koneksi yang stabil. "Apalagi, biaya akses ke luar negeri juga semakin murah, sehingga harga jual ke masyarakat dalam negeri semakin murah."


Tempo

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More