blog-indonesia.com

Rabu, 05 Desember 2012

Indonesia butuhkan restorasi peradaban maritim

Jakarta � Indonesia Maritime Institute (IMI) dan Gayantara (Liga Budaya Nusantara) menggaungkan upaya Restorasi Peradaban Maritim Indonesia, seperti yang dilakukan dalam seminar nasional yang diadakan oleh IMI dan Gayantara di Jakarta, Rabu.

Siaran pers Humas IMI menyebutkan, seminar tersebut dibuka oleh Ketum Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. Dalam sambutannya, Rio biasa disapa itu mengatakan bahwa sudah saatnya bangsa ini merestorasi peradaban maritim sebagai basis membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar.

Sementara itu, hadir sebagai pemicara kunci yakni Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Fadel Muhammad. Dia membahas bahwa kekayaan laut Indonesia sangat luar biasa. Menurutnya, perlu kebijakan pembangunan yang berbasis maritim untuk menyejahterakan rakyat.

Dalam acara itu antara lain Prof Dietriech G Bengen, Radar Panca Dahana, Jaleswari Pramodhawardani dan Andre Hehanussa yang menjadi pembicara secara umum menyampaikan bahwa budaya maritim sangat dibutuhkan bangsa ini dalam mengoptimakan pengelolaan potensi maritim Indonesia untuk membuat bangsa ini mencapai cita-cita awal pembentukan negara ini yaitu adil dan makmur.

Direktur Eksekutif IMI Y Paonganan mengatakan bahwa kerjasama IMI dan Gayantara yang merupakan organisasi otonom Partai Nasdem itu adalah salah satu bagian dari program IMI dalam terus menyebarluaskan visi maritim ke seluruh lapisan masyarakat.

"Termasuk di dalamnya partai politik, karena teman-teman di partai lah yang nantinya akan menjadi penentu kebijakan saat mereka duduk di DPR maupun pemerintahan, dengan harapan mereka nanti mampu mendorong kebijakan pembangunan nasional yang berbasis maritim," kata Paonganan. (*)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More