blog-indonesia.com

Minggu, 19 Februari 2023

RS Lapangan Indonesia Rawat 130 Warga Kota Hassa Turki

Korban GempaRS Lapangan BPNB (Kompas)

Emergency Medical Team (EMT) dari Rumah Sakit Lapangan Indonesia telah melayani 130 warga di Kota Hassa, Hatay, Turki. Beberapa warga yang dilayani merupakan pasien korban gempa Turki.

Koordinator EMT dr. Eko Mediatianto mengatakan terdapat 120 pasien yang tercatat hingga Jumat (17/2) pukul 18.00 waktu setempat. Sedangkan, 10 warga Kota Hassa lainnya mendaftar di rumah sakit lapangan.

"Hingga saat ini sudah 130 pasien yang dilayani dengan penyakit terbanyak ISPA, luka ringan, stres akut, radang tenggorokan dan nyeri kepala," kata Eko dalam pernyataan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Indonesia membuka pelayanan kesehatan kepada warga terdampak gempa M 7,8 di Kota Hassa. Bantuan medis ini dilakukan EMT melalui rumah sakit lapangan yang beroperasi sejak Kamis (16/2).

Ketua Tim Kemanusiaan Indonesia Bambang Surya Putra mengatakan rumah sakit lapangan ini memberikan berbagai layanan kepada warga yang ingin berobat.

Rumah sakit tersebut didukung dokter spesialis, dokter umum, apoteker, bidan, psikolog, ahli nutrisi, ahli epidemiologi, tenaga medis lain, dan fasilitas EMT tipe 2, salah satunya ruang operasi. Selain itu, terdapat pelayanan kesehatan berupa rawat jalan, rawat inap, dan tindakan operasi.

EMT sendiri memiliki dokter bedah umum, bedah ortopedi, anaesthesia, paediatrics, mata, internist, obstetrics, psikiater, obat emergency, spesialis anak, dan forensik.

"Sejak beroperasi kemarin (Kamis, 16 Februari 2023) pukul 18.00 waktu setempat, kami melayani lebih dari seratus pasien yang berdomisili di wilayah Hassa," ujar Eko.

"Kami juga memiliki tenaga untuk penanganan psikososial atau trauma healing kepada warga yang terdampak gempa," tambahnya.

Bambang juga mengatakan rumah sakit lapangan juga bisa mendapatkan rujukan dari rumah sakit setempat.

EMT dapat melayani sebanyak 150-200 pasien setiap hari. Mereka bisa melakukan operasi minor sebanyak 5-10 pasien, operasi besar sebanyak 2-3 pasien, dan menampung 20 pasien rawat inap.

Operasional Rumah Sakit Lapangan Indonesia berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kota Hassa dan badan penanggulangan bencana Turki. Layanan medis dari rumah sakit ini akan beroperasi hingga akhir Februari.

Pemerintah Indonesia mengirim 119 personel EMT yang dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan medis serta obat-obatan. Pemerintah juga mengirim tim Urban Search and Rescue (USAR) dengan klasifikasi medium di Antakya, serta bantuan logistik lainnya. (pra)
 

  🛩
CNN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More