blog-indonesia.com

Minggu, 12 Februari 2023

Jangan Tanya Hasil Inovasi, tapi Lisensinya ?

Ungkap Kepala BRIN soal 2 Tahun KerjaKepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. (Mulia Budi/detikcom) ★

K
epala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko bicara hasil kerja 2 tahun BRIN sejak dibentuk pada April 2021. Tri menegaskan periset jangan ditanya soal hasil inovasi.

"Saya jawabnya selalu, periset itu jangan ditanya hasil inovasi, tanya lisensinya, tanya antaranya apa?" kata Tri Handoko kepada wartawan di Kantor BRIN, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023).

"Kita kalau ditanya hasil inovasi nanti dia bikin launchang-launching aja. Kalau bicara launching-launching gampang, buat pameran diri doang kan. Tapi kan apa betul itu jadi, masuk industri?" imbuhnya.

Tri mengatakan pihaknya fokus pada lisensi dari hasil riset yang peneliti BRIN lakukan. Menurutnya lisensi jauh lebih penting dibanding launching sebuah produk inovasi.

"Kita fokus ke lisensi, fokus ke industrinya langsung, karena justru proses itu yang penting, gitu ya, yang selama ini tidak dilakukan," ujarnya.

Dia menilai penerbitan lisensi sebuah riset akan jauh lebih berguna lantaran dapat mendatangkan royalty dibanding launching produk inovasi. Dia mengaku tak suka memamerkan capaian dari lembaga yang dipimpinnya tersebut.

"Jadi kita tiap tahun melansir dan menyerahkan royalti yang diberikan ke teman-teman kita itu, yang patennya sudah dilisensi dan itu cukup lumayan, dan itu jauh lebih konkret daripada, dan menimbulkan efek ekonomi yang rill, daripada launching-launching ngabisin duit juga," ujarnya.

"Saya juga ditanya sih, 'Kenapa nggak launching?'. Saya nggak suka pamer sih, saya bilang," lanjutnya. (idn/idn)

 
detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More