blog-indonesia.com

Kamis, 10 Oktober 2024

Menteri & Wamen BUMN Tinjau Maung MV3 Pindad di Kementerian BUMN

 💥 Dorong Varian Elektrik Rantis Maung MV3 4x4 produksi Pindad (Pindad)

Menteri BUMN, Erick Thohir mengapresiasi secara khusus produk kendaraan taktis PT Pindad, Maung MV3 4x4 sejumlah 2 unit yang dihadirkan di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta (9/10). Beliau terkesan dan sangat bangga dengan 250 unit Maung MV3 4x4 yang tampil dan berpartisipasi pada Defile Alpalhankam HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober lalu. PT Pindad sebagai bagian dari BUMN dan industri dalam negeri telah berkontribusi secara penuh melalui produk-produk alpalhankam dan memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia.Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose didampingi Direktur Produksi PT Pindad, Budhiarto turut hadir dan memberikan penjelasan mengenai Maung MV3 4x4.

Dalam pernyataannya, Menteri BUMN menyatakan rasa bangga dan memberikan dukungan penuh kepada PT Pindad. Ke depan, beliau berpesan agar PT Pindad dapat bersaing untuk pasar kendaraan elektrik dan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Saya melihat bahwa produk-produk PT Pindad saat ini kelasnya sangat tinggi sekarang. Salah satunya Maung ini, kita dapat order hampir 4.000 unit untuk beberapa tahun ke depan. Saya juga menanyakan apakah Maung ini bisa menjadi kendaraan listrik? Ternyata memungkinkan, saat ini sedang dalam proses pengembangan dan saya yakin ke depan Pindad dapat terus meningkatkan kualitasnya.” Jelas Erick Thohir.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo turut mengapresiasi dan mencoba mengendarai secara langsung Maung MV3 4x4. Beliau mengaku puas dan merasa bangga akan capaian produk PT Pindad.

Saya sudah mencoba mengendarai Maung dan saya menyukai desain dan tampilannya. Secara kelengkapan interior dan dashboard, mobil ini sudah menyamai mobil mewah pada umumnya. Saya juga mengapresiasi detail-detail seperti ban yang sudah dikustomisasi khusus untuk fungsi off road dan menyempurnakan tampilan Maung.” Jelas Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose terkesan dengan apresiasi Menteri & Wakil Menteri BUMN. Dukungan yang diberikan oleh Kementerian BUMN mendorong PT Pindad untuk terus maju dan mengembangkan diri melalui berbagai produk inovatif.

Terima kasih untuk dukungan yang diberikan oleh Bapak Menteri BUMN & Bapak Wakil Menteri BUMN kepada PT Pindad terkhusus pada produk Maung MV3 4x4. Kami berharap Kementerian BUMN terus memberikan dukungan agar PT Pindad dapat terus tumbuh. Selanjutnya kami sedang mengembangkan Maung EV untuk pemenuhan kebutuhan kendaraan elektrik. Untuk saat ini kami sedang menyelesaikan kebutuhan Maung MV3 4x4 dari Kementerian Pertahanan.” Jelas Abraham Mose.

Maung MV3 merupakan kendaraan taktis ringan 4x4 produksi PT Pindad yang diinisiasi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Kendaraan ini ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat dengan kemampuan manuver yang gesit dalam segala medan. Menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, Maung mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Maung mampu mengangkut 4 personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang.

Pada momen HUT ke-79 TNI, 250 unit Maung MV3 yang dilengkapi dengan senapan SM3-A1 berpartisipasi pada defile alpalhankam serta mendapatkan antusias yang besar dari masyarakat.

Kendaraan ini juga tersedia dalam berbagai varian yakni Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top dan Maung MV3 Tangguh dengan atap terbuka.

Kustomisasi Maung antara lain varian Maung VIP untuk angkut personel VIP, Maung Mobile Jammer yang dilengkapi dengan perangkat anti-drone dan bersifat mobile serta Maung Inspektur Upacara untuk kendaraan seremonial dan digunakan Presiden pada HUT ke-79 TNI.

Salah satu yang bersejarah dan istimewa adalah varian Maung Popemobile, yaitu kendaraan mobilisasi Paus Fransiskus di Indonesia pada perhelatan Kunjungan Apostolik pada 5 September 2024 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kendaraan ini berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Setelah ibadah berakhir, Paus Fransiskus berkenan untuk menandatangani Maung MV3 Popemobile sebagai tanda "diberkati" dan mencatatkan sejarah di Indonesia.

  Pindad  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More