blog-indonesia.com

Selasa, 12 Desember 2023

Prabowo Serahkan 5 Unit Pesawat NC212i ke TNI AU

✈ Perkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Malang (detik)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan lima unit pesawat NC-212i kepada TNI Angkatan Udara (AU). Prabowo berharap pesawat tersebut dapat mendukung operasional TNI AU.

Penyerahan pesawat tersebut dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2023). Pesawat tersebut diterima oleh Wakasau Marsekal Madya Agustinus Gustaf Brugman.

Prabowo mengatakan pesawat tersebut merupakan buatan industri dalam negeri. Dia mengatakan ada sembilan pesawat yang sudah dipesan dan empat lagi akan menyusul.

Prabowo menyebutkan pesawat NC-212i adalah pesawat yang tangguh. Dia mengatakan dia juga pernah naik pesawat tersebut saat masih aktif di militer.

"Kami pernah dikerahkan pakai pesawat ini tahun 76 masuk di landasan rumput di suatu kawasan dan pesawat ini pesawat yang tangguh yang bandel yang bisa dioperasikan di tempat-tempat yang sulit dan saya kira ini cocok untuk daerah kita. Tapi, juga lebih dari itu, sekarang dipakai untuk berbagai tugas, antara lain untuk membuat hujan untuk foto udara untuk latihan transisi jadi pesawat ini saya kira sangat bermanfaat," ucapnya.

Dia mengatakan PTDI juga terus mengembangkan berbagai jenis pesawat. Prabowo mengatakan dirinya bangga dengan industri pertahanan dalam negeri yang terus berkembang pesat.

Pesawat-pesawat yang diserahkan ini akan memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Pesawat NC-212i ini dapat digunakan sebagai pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Selain itu, pesawat NC-212 ini memiliki beberapa keunggulan seperti telah menggunakan sistem avionik generasi terbaru guna meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja kru pesawat, memiliki kapasitas muatan 28 penumpang, payload terbesar di kelasnya, yaitu 3 ton, kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3, dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading dan unloading, serta memiliki kemampuan take off landing di runway yang tidak beraspal. (haf/haf)

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More