Jumat, 07 April 2017

Tank Buatan Bandung Tampil di Turki

Bulan Depan Medium Tank kerjasama PT Pindad [FNSS]

PT Pindad (Persero) tengah merampungkan pembuatan medium tank hasil kerja sama dengan perusahaan asal Turki, FNSS. Medium tank yang dibuat di Bandung, Jawa Barat ini rencananya akan dipamerkan di pameran alat sistem pertahanan di Turki Mei 2017 mendatang.

Pembuatan medium tank ini melibatkan dua negara sekaligus, yaitu Pindad dari Indonesia dan FNSS dari Turki. Kedua perusahaan sama-sama mengembangkan medium tank ini atau yang disebut dengan project development.

"Pindad kerja sama dengan mitra strategis dari Turki FNSS direncanakan pada Mei ini pada saat kegiatan pameran pertahanan di Turki akan memperlihatkan bentuk utuh dari medium tank yang selama ini dikerjakan oleh kedua negara," jelas Direktur Bisnis Produk Hankam PT Pindad Widjajanto saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Medium tank ini mampu menembus kecepatan hingga 70 kilometer (km) per jam dengan daya jelajah hingga 600 km. Medium tank ini akan dilengkapi dengan meriam dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia.

"Medium tank menggunakan sistem senjata 105 mm yang merupakan hasil kerja sama putra-putri Pindad dengan Cockerill Belgium," tutur Widjajanto.

Selain itu, medium tank ini juga rencananya akan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 5 Oktober mendatang.

Medium tank yang bermesin diesel ini memiliki berat 30-40 ton. Kemudian untuk dimensi panjangnya adalah 7 meter, lebar 3,2 meter, dan tinggi 2,7 meter.

"Di Indonesia kala enggak salah ingat itu pada saat ulang tahun TNI 5 Oktober," ujar Widjajanto. (ang/ang)


  ★ detik  

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More