Sabtu, 08 April 2017

Lanal Saumlaki Diperkuat Kapal Patroli Baru

KAL 28 meter produksi PT Teasco [Tesco]

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki mendapatkan Alutsista baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Nustual 1-9-16 dari Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal). Acara serah terima KAL 28 M tersebut laksanakan di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Kamis (06/04/17) yang dipimpin oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P.

Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, S. Sos menyampaikan, Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Nustual I-9-16 merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi di PT Tesco Indomaritim. Pengadaan kapal ini merupakan bagian dari Renstra TNI AL dalam mewujudkan kekuatan pokok Minimum Essential Force (MEF) tahun 2010 sampai dengan 2024. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan perkembangan tantangan dan ancaman yang akan dihadapi.

Menurutnya, penambahan armada kapal cepat ini dapat meningkatkan kinerja Lanal Saumlaki, khususnya bidang operasi dalam rangka penegakan kedaulatan dan pengendalian perairan yuridiksi nasional Indonesia, khususnya di wilayah perairan Kabupaten MTB dan Kabupaten MBD.

Pemberian nama KAL Pulau Nustual 1-9-16 kepada salah satu Alutsista TNI AL, diharapkan mampu menjadi pembangkit dan penyemangat, bagi pengawak KAL Pulau Nustual 1-9-16 yang tergabung dalam jajaran Lanal Saumlaki. Pulau Nustual merupakan salah satu pulau yang ada di Kabupaten MTB yang terletak di Teluk Saumlaki.

KAL Pulau Nustual 1-9-16 yang dikomandani Kapten Laut (P) Untung Rusliyanto, merupakan kapal patroli cepat yang dirancang untuk perairan dangkal yang dapat bergerak dengan cepat.

KAL tersebut diharapkan mampu melaksanakan patroli keamanan laut dan mendukung pemerintah daerah Kabupaten MTB dan Kabupaten MBD.

   TNI AL  

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More