Benarkan pesawat F-16 C/D Block 25 yang dihibahkan AS kepada Indonesia setelah di-upgrade akan memiliki kemampuan setara F-16 C/D Block 52 ?
Ananda Septian – Jakarta
---------------
Pesawat tempur F-16 C/D yang saat ini sedang di-upgrade
di Hill AFB memiliki nama resmi F-16 C/D k 52 ID, memang akan memiliki
kemampuan dalam banyak hal setara F-16 Block 52, khususnya kecanggihan
avionik, kemampuan tempur, dan jenis persenjataannya. Seluruh pesawat
hibah sebelumnya digunakan AU AS dan sudah disimpan dengan baik di Davis
Monthan AFB/AMARG (Aerospace Maintenance & Regeneration Group) di
gurun yang sangat kering sehingga sangat ideal sebagai tempat
penyimpanan pesawat AU AS. Sementara seluruh mesin pesawat F-16 C/D 52ID
yaitu F100-PW-220/E menjalani upgrade di pabrik Pratt & Whitney di Old Kelly AFB, sehingga memiliki umur komponen dua kali lebih lama dari mesin standar.
Sebetulnya F-16 C/D 52ID F-16 berdasarkan F-16 C/D Block 25 yang
memiliki bentuk fisik dan berat kotor maksimum serta tipe mesin yang
sama dengan F-16 Block 15 A/B OCU yang kita miliki. F-16 C/D 52ID
memiliki berat kotor maksimum 37.500 lbs dan mesin jet turbo fan yang
sama yaitu Pratt & Whitney F100-PW-220/E dengan daya dorong 24.000
lbs sehingga memiliki thrust to weight ratio 0,64. Beda dengan
F-16 C/D Block 52 yang mempunyai berat kotor maksimum 52.000 lbs dan
didorong mesin F100-PW-229 dengan daya dorong 29.000 lbs yang memiliki
T/W ratio 0,56. Dalam close combat atau pertempuran udara jarak
pendek, F-16 TNI AU dengan T/W ratio lebih besar memiliki kelincahan
lebih baik dari F-16 Block 52.
Selanjutnya pesawat menjalani upgrading dan refurbished
rangka serta sistem avionik dan persenjataan di Ogden Air Logistics
Center di Hill AFB, Odgen, Utah. Rangka pesawat diperkuat, jaringan
kabel dan elektronik baru dipasang, semua sistem lama direkondisi
menjadi baru dan sistem baru ditambahkan agar pesawat lahir kembali,
siap menjadi pesawat baru dengan kemampuan jauh lebih hebat dari saat
kelahirannya.
Menyangkut peningkatan kemampuan memang F-16 C/D Block 52 dengan daya
dorong lebih besar mampu mengangkut senjata lebih berat dan bisa
dipasang Conformal Fuel Tank di punggung dan menggotong drop tank
600 gallon sehingga bisa terbang lebih jauh. Namun untuk urusan
pertempuran udara, dengan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M
dan IRIS-T (NATO) serta rudal jarak sedang AIM-120 AMRAAM-C, jelas F-16
C/D 52ID TNI AU tidak kalah dengan Block 50/52.
Bahkan dipastikan dalam duel jarak dekat, F-16 C/D 52ID TNI AU mampu
mengungguli Block 50/52 soal kelincahan.Untuk serangan permukaan darat
dan perairan, F-16 ID juga mampu menggotong persenjataan kanon 20mm,
bomb standar MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, rudal AGM-65 Maverick,
AGM-84 Harpoon antikapal, AGM-88 HARM antiradar, ACMI Pod serta mampu
menggunakan navigation dan targeting pod untuk operasi malam hari serta
misi Suppression Of Enemy Air Defence (SEAD), yaitu menghancurkan pertahanan udara musuh. Improved data modem
memungkinkan penerbang melakukan komunikasi tanpa suara hanya
menggunakan komunikasi data dengan pesawat lain dan radar darat, radar
laut atau radar terbang.
Upgrade F-16 C/D 52ID tidak main-main karena mengejar kemampuan setara dengan Block 52, di antaranya memasang Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+ dan bahkan F-22, dilengkapi komputer sistem kemudi (FLCS) digital, sepasang Multifunction Displays Berwarna block-52, HUD lebar block-52 dengan kemampuan night vision, digital terrain system & Digital Moving Map block 52, color cockpit camera block-52, throttle grip & side stick controller Block-52, countermeasures management switch to control ALE-47, voice message unit untuk collision avoidance system dan ground avoidance advisory function Block-52.
Pemindahan landing/taxi lights ke nose landing gear door untuk memberi tempat pada targeting pod, improved data modem link 16 Block-52, embedded GPS INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS, common data entry electronics unit Block-52, AN/ALQ-213 electronic warfare management system, ALR-69 Class IV radar warning receiver, ALE-47 countermeasures dispenser set untuk melepaskan chaff/flare serta pemasangan instalasi drag chute Block-52 yang akan dipasang di Indonesia.
Sementara radar AN/APG-68 (V) di-upgrade software agar meningkat kemampuannya sesuai mission computer 7000A. Prinsipnya F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani program The Common Configuration Implementation Program (CCIP) seperti yang dilakukan pada F-16 CD Blok 40/42 AU AS agar meningkat menjadi standar Blok-50/52.
Semua F-16 C/D 52ID TNI AU juga menjalani modifikasi struktur rangka pesawat dengan program Falcon STAR (Structural Augmentation Roadmap)
sehingga umur rangka pesawat menjadi lebih dari 10.000 jam. Hal ini
memungkinkan pesawat dipakai 10 tahun lagi sebelum menjalani Service Life Extension Program (SLEP) yang mampu menambah umur rangka pesawat sekitar 2.000 jam atau 10 tahun masa pakai.
Pada saat usia pakai F-16 C/D 52 ID berakhir maka diharapkan Indonesia
sudah memiliki armada pesawat tempur modern masa depan generasi 4,5
atau generasi 5. F-16 C/D 52ID ini merupakan jembatan yang sangat baik
untuk membawa Indonesia selangkah lebih maju, tidak hanya menghasilkan
penerbang dan teknisi yang mahir, namun juga membawa kita untuk
bersama-sama menguasai teknologi, manajemen, dan taktik pertempuran
udara modern, khususnya dalam operasi gabungan dengan alutsista lain di
darat, laut dan udara. Sehingga tahu apa yang diperlukan Indonesia untuk
membangun air power yang kuat.(Kol. Pnb. Agung “Sharky” Sasongkojati)
Menhan Sjafrie Tinjau Daerah Latihan di Nunukan, Kalimantan Utara
-
* Perisai Trisula Nusantara *
*[image:
https://www.kemhan.go.id/wp-content/uploads/2024/12/1734753359124-768x512.jpg]*
*Menhan Sjafrie meninjau daerah ...
1 jam yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.