blog-indonesia.com

Jumat, 02 Maret 2012

Logo ITS Dibajak Rusia?

Jakarta - Logo suatu organisasi terlebih sebuah universitas ternama harusnya menjadi sesuatu yang eksklusif. Namun entah apa yang terjadi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, logo mereka ternyata sangat mirip dengan yang dimiliki sebuah perusahaan Rusia.

Entah siapa membajak siapa? Yang pasti logo keduanya sangat mirip, bahkan bisa dibilang kembar dengan perbedaan cuma berada dalam urusan warna. Jika logo ITS menggunakan warna biru agak kemudaan, 'kembarannya' memilih biru dongker.

Sementara jika ditilik dari desain dan atribut yang digunakan sama persis! Termasuk untuk urusan cara menuliskan nama perusahaannya yang juga disingkat dengan nama 'ITS'. Tak percaya? Lihat saja dalam gambar.

Adalah perusahaan Rusia bernama Inkom TehSnab yang memiliki logo kembar dengan ITS tersebut. Sulit untuk menerjemahkan secara gamblang bergerak di bidang apa perusahaan ini, sebab situs resmi perusahaan diisi dengan huruf-huruf Rusia.

Dilihat dari situsnya, Inkom TehSnab sepertinya bermain sebagai pemasok berbagai peralatan industri. Mulai dari alat hidrolik, katup hidrolik, splitter, oil control, pompa dan lainnya. Mereka juga telah mengantongi sertifikasi ISO 9001 dan 14001.

Keberadaan logo kembar ini pun kini tengah hangat dibicarakan di ranah blog dan forum online Tanah Air. Mereka pun saling bertanya-tanya, siapa menjiplak siapa?
( ash / eno )




Menyesal, Perusahaan Rusia Janji Hapus Logo ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengaku terkejut ketika disodorkan bukti-bukti yang menyudutkan mereka. Mengaku menyesal, Inkom TehSnab berjanji bakal melepas logo tersebut dari perusahaannya.

Hal itu terungkap dalam tanggapan Inkom TehSnab yang menanggapi konfirmasi dari salah satu perwakilan ITS, Totok R. Biyanto.

"Berikan kami waktu sekitar 1-2 minggu, kami akan menghapus logo (yang sama) tersebut," tulis balasan salah satu perwakilan Inkom TehSnab.

"Kami menyesal hal ini bisa terjadi. Untuk kami ini merupakan suatu kejadian yang buruk," imbuhnya.

Sebelumnya, perusahaan Rusia ini mengaku tidak membuat logo tersebut sendiri, melainkan memesannya kepada sebuah perusahaan desain.

Hanya saja ketika coba untuk dikonfirmasi kepada perusahaan desain logo yang dimaksud, Inkom TehSnab mengaku tak bisa menghubunginya.

"Kemarin, kami mencoba untuk menemukan mereka. Namun kami pikir jika mereka tidak lagi beroperasi. Tentu kami terkejut," pungkasnya.

Ingin melihat seperti apa kemiripan kedua logo ITS dan Inkom TehSnab. Klik di sini.( ash / rns )

Logo ITS Ternyata Hasil Goresan Tangan Bung Karno


Jakarta - Logo milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mirip dengan logo perusahaan asal Rusia, Inkom TehSnab, ternyata hasil goresan tangan dari presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Demikian dituturkan oleh mantan Wakil Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Nonot Harsono. Ia juga mengungkapkan, ribut-ribut soal kemiripan logo ini sebenarnya sudah pernah terjadi pada 2008 lalu.

"Sudah lama, dulu pernah ramai juga di tahun 2008. Sekarang ramai lagi. Itu logo yang design Bung Karno, tahun 1960," ujarnya kepada detikINET, Jumat (2/3/2012).

Menurut Nonot, logo yang dirancang oleh Soekarno untuk ITS memiliki sejumlah makna penting. Roda dilambangkan sebagai simbol dinamika, Tugu Pahlawan simbol semangat kota Surabaya, bunga teratai sebagai simbol ketulusan hati.

"Sehingga ITS diharapkan menjadi pencetak SDM yang selalu dinamis dan tidak kolot, dengan semangat tinggi membangun NKRI didasari ketulusan hati. Makna yang senada dengan merah-putih, semangat membara yang dilandasi keikhlasan," tuturnya.

Logo lama itu kini telah diganti logo baru agar lebih fresh dan mengesankan kedinamisan dalam Dies Natalis ke-45 pada 10 November 2005 lalu oleh Mendiknas Muhammad Nuh--yang ketika itu masih menjabat sebagai Rektor ITS, salah satu teman dekat Nonot.( rou / eno )



detik

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More