blog-indonesia.com

Senin, 16 Oktober 2023

RI-China Teken Proyek Rp 197,8 T

 Sepakati penandatanganan 11 dokumen 
https://pbs.twimg.com/media/F8kR89HboAEnfAf?format=jpg&name=largePresiden Joko Widodo tiba di Beijing (Setneg)

P
residen Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Beijing, China untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan menghadiri sederet pertemuan penting.

Salah satu acara yang dimaksud adalah Indonesia-China Business Forum. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menciptakan kerja sama antar kedua negara, baik pemerintah, BUMN maupun swasta.

Turut hadir mendampingi Jokowi, yakni Erick Thohir Menko Marves Ad Interim, juga sebagai Menteri BUMN, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Salah satu agenda yang kami jajaki adalah Indonesia-China Business Forum yang menyepakati penandatanganan 11 dokumen," kata Erick melalui akun Instagram yang dikutip CNBC Indonesia, Senin (16/10/2023).

Erick menyampaikan, nilai dari kesepakatan tersebut mencapai US$ 12,6 miliar atau Rp 197,8 triliun (kurs Rp 15.700/US$). Terdiri dari sektor energi hingga teknologi kesehatan.

"Kerja sama senilai USD 12,6 miliar ini terjalin antara perusahaan swasta-swasta, BUMN-swasta, maupun BUMN-BUMN. Ini untuk memperkuat pengembangan industri baterai listrik, energi hijau, dan teknologi kesehatan di tanah air, agar bisa meningkatkan pembukaan lapangan pekerjaan," paparnya.

Jokowi akan berada di Beijing selama 16-18 Oktober 2023. Setelah 18 Oktober Jokowi nantinya akan melanjutkan perjalanannya ke Riyadh, Arab Saudi. Jokowi akan bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) membahas sejumlah kerja sama dan menghadiri KTT Gulf Cooperation Council. (mij/mij)

  ★ CNBC  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More