blog-indonesia.com

Senin, 12 Juli 2010

RI - Australia Siapkan MoU Peningkatan Kualitas SDM Iptek

Urgensi peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang iptek semakin meningkat, terutamanya di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) dan LPNK. Hal tersebut dikarenakan adanya jurang perbedaan antara kualitas SDM iptek pada masa yang lalu dan sekarang sebagai konsekuensi dari penurunan anggaran iptek.

Sejalan dengan upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia di lingkungan KRT dan LPNK maka diperlukan kerjasama dan sinergi dengan pihak luar, seperti dengan pemerintah Australia. Oleh karena itu pada Kamis, 8 juli 2010 telah digelar pembahasan mengenai draft MoU antara Indonesia – Australia dalam bidang penelitian dan pelatihan.

Rancangan draft MoU ini adalah merupakan turunan dari Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of Australia in Scientific Research and Technological Development, yang telah ditandatangani pada 11 Juli 2005 di Jakarta.

Pertemuan yang dihadiri oleh pejabat KRT, Dirjen HKI, dan LPNK terkait seperti BPPT, LAPAN, dan LIPI beragendakan perumusan dan penyempurnaan draft MoU tersebut.
Dalam kata sambutan dan sekaligus membuka pertemuan, Ruben Silitonga selaku Kabid Pengembangan Jaringan Iptek Internasional KRT menjelaskan bahwa sesunguhnya draft ini sudah disetujui oleh Kementerian Luar Negeri. Namun demikian masih perlu perbaikan dan penyempurnaan khususnya mengenai materi yang bersifat teknis, ujar Ruben.

Diharapkan apabila MoU telah ditandatangani, Pemerintah Indonesia, terutamanya KRT membuka peluang yang lebih besar untuk menciptakan hubungan bilateral yang baik terutama diantara para peneliti, mitra, dan lembaga pendidikan berbasis pengetahuan. Selain itu juga kesempatan ini diharapkan akan mendorong para peneliti kedua negara untuk melakukan penelitian dan riset bersama yang lebih banyak lagi.


Ristek

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More