blog-indonesia.com

Jumat, 14 Januari 2011

Tantangan Developer Aplikasi Lokal

NUSA DUA - Semakin banyaknya sistem operasi yang berkembang di pasar ponsel cerdas. Di satu sisi menguntungkan namun di sisi lain juga menyimpan sebuah tantangan. Apa itu?

"Ada banyak platform sistem operasi yang ada di pasar saat ini. Ini menguntungkan, namun disisi lain ini adalah tantangan. Pengembang tentu saja harus fokus kepada platform yang aakan dibuatnya," tegas Lai Kok Fung Ceo Buzzcity, di sela-sela acara Devcon BlackBerry 2011, di Bali Convention Center, Jumat (14/1/2011).

Sementara itu menurut Mark Kirkup, Director Developer Relation RIM, developer lokal harus mempunyai cara dan ciri khas untuk memperkenalkan aplikasinya kepada perusahaan seperti RIM. Ini tentu saja karena nantinya bakal ada banyak aplikasi yang menjejali.

"Pengembang tidak bisa datang seperti menodong. Anda harus memberikan link untuk meyakinkan kami," sebutnya.

Melihat hal tersebut, Shalini Verma, Principal Analyst Gartner consumer service resarch technology, memberikan solusi kepada pengembang. Solusi pertama adalah para pengembang harus mendekati pihak media atau PR, tujuannya agar aplikasi bisa dikenal oleh pengguna.

"Selanjutnya tentu saja pengembang harus melakukan update secara terus menerus, agar pengguna tahu dan memahaminya," tandasnya. (srn)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More