blog-indonesia.com

Sabtu, 15 Januari 2011

Dua Tahun Lagi, Cloud Computing akan Booming

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Cloud computing untuk korporasi diperkirakan akan booming dalam satu atau dua tahun mendatang, menyusul adanya peningkatan aktivitas perusahaan dan kebutuhan akan efisiensi, serta pemahaman mengenai Cloud Computing itu sendiri.

''Satu atau dua tahun mendatang cloud akan booming,'' kata Deputy VP Corporate Secretary Telkomsel, Aulia Ersyah Marinto. Selain karena kebutuhan, kata Aulia, para penyedia layanan ini--termasuk kalangan operator--, juga akan semakin agresif dalam pengembangan layanan.

Dalam bahasa sederhana, kata Aulia, facebook identik dengan Cloud Computing. Untuk menikmati layanan ini dan menggunakan semua fitur yang ada, pengguna tidak perlu mengunduh aplikaasi atau menyediakan perangkat seperti server. ''Anda tinggal menggunakan saja, semua sudah diurus facebook,'' kata Aulia memberi contoh.

Pendekatan yang sama diterapkan pada Cloud Computing. Semua kebutuhan disediakan penyedia jasa, mulai dari teknologi, aplikasi, server, hingga jaringan. Pengguna cukup menyediakan peranti untuk mengakses, seperti desktop, laptop, tablet, netbook atau smartphone.

Ihwal layanan cloud computing Telkomsel, Aulia menyatakan bahwa layanan Business Connect yang dikembangkan bersama dengan Google, merupakan sebuah langkah awal. ''Saat ini baru dalam tahap penyediaan layanan berbasis web, selanjutnya akan berkembang sedemikian rupa,'' kata Aulia.

Ke depan, layanan ini akan dikembangkan seiring dengan ketersediaan aplikasi dan dukungan jaringan yang lebih baik lagi. ''Setelah kita mengimplementasikan LTE, bisa saja dikembangkan layanan berbasis video. Layanan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan korporat kita,'' kata Aulia.

Business Connect yang ditawarkan Telkomsel menawarkan komunikasi perusahaan berbasis web terintegrasi. Layanan ini difokuskan untuk pengusaha kecil dan menengah. ''Perusahaan lain juga bisa,'' kata Aulia.

Pada Busines Connect tersedia layanan antara lain document sharing. Pada layanan ini jajaran manajemen suatu perusahaan bisa melakukan sharing document hingga editing dokumen dengan para staf yang berada di lapangan. Layanan lain adalah calendar, video chat, instant messaging.

Semua layanan disebut Aulia terintegrasi. ''Ini yang membedakan Google dengan layanan lain yang ada, dimana untuk setiap layanan harus menggunakan aplikasi berbeda-berbeda. Pada Business Connect semua ada dan terintegrasi,'' ujar Aulia.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More