Selasa, 03 Mei 2016

Peluang Kerjasama Pertahanan dengan Belarusia

Setelah melakukan lawatan ke Rusia, Menhan RI Ryamizard Ryacudu melanjutkan kunjungan kerjanya ke Belarusia dan melakukan pertemuan dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Kamis (28/4), di kantor Kepresidenan Belarusia. Kunjungan Menhan RI ke Belarusia untuk yang pertama kalinya ini memenuhi undangan Pemerintah Belarusia yang disampaikan Dubes Belarusia untuk Indonesia He. Mr. Vladimir Lopato Zagorsky ketika menunjungi Kemhan RI beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Belarusia menyampaikan kepada Menhan RI keinginan pemerintah Belarusia untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dengan Indonesia dan membuka peluang kerjasama di bidang industri pertahanan dengan investasi pembukaan pabrik peralatan militer di Indonesia yang akan dipasarkan di kawasan ASEAN.

Pada kesempatan tersebut Presiden Belarusia juga menawarkan kepada pemerintah Indonesia sejumlah alutsista produksi Belarusia termasuk didalamnya alih teknologi (transfer of technology) dalam pembuatannya. Selain itu juga dimungkinkan untuk melakukan joint production dengan harapan kedua negara dapat saling mendorong kerjasama industri pertahanan yang lebih erat di masa depan yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian kedua negara.

Menanggapi hal tersebut, Menhan RI mengucapkan terima kasih atas undangan pemerintah Belarusia yang diberikan kepadanya untuk melakukan lawatan ke Belarusia dengan harapan melalui kunjungan ini akan memberi peluang kedua negara untuk dapat lebih meningkatkan kerjasama pertahanan.

Menhan RI menyambut baik keinginan pemerintah Belarusia untuk menjalin kerjasama di bidang industri pertahanan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi kedua negara.

Selama melakukan kunjungan kerja ke Belarusia, Menhan RI mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa fasilitas atau instalasi militer yang ada di Belarusia. Turut mendampingi Menhan dalam kunjungan tersebut diantaranya Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto, M.B.A. dan Kepala Baranahan Kemhan Laksda TNI Leonardi. (ERA)

  DMC  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More