blog-indonesia.com

Selasa, 12 Januari 2010

Robot Indonesia Menang Kompetisi di AS

San Francisco - Akhirnya anak bangsa Indonesia berhasil menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia mampu menciptakan inovasi teknologi. Ini ditunjukkan dengan kemenangan Tim Robot Indonesia dalam International Robo Games yang diselenggarakan di San Fransisco, AS. Tim Robot Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung ini berhasil meraih medali emas dalam kompetisi Robot Internasional yang berlangsung selama 3 hari, dan dihadiri 3000 orang.

Robot DU-114 dari UNIKOM meraih waktu tercepat mencari sumber api dan memadamkannya dengan semprotan air secara otomatis.Kemenangan ini merupakan pertama kali bagi Indonesia selama bertanding di luar negeri. Tim ini berhasil mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat. Sebelumnya tim ini telah menjuarai Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tingkat regional (Jawa-Barat, DKI Jakarta, dan Banten) dan tingkat nasional di Indonesia selama tahun 2007-2008.

Nama robot DU-114 diambil dari singkatan alamat kampus UNIKOM di Bandung (Jl Dipati Ukur No. 114, Bandung). Robot tersebut adalah hasil karya mahasiswa UNIKOM Rudi Hartono di bawah bimbingan Ketua Divisi Robotika UNIKOM Yusrila Yeka Kerlooza.

Tim Robot Indonesia yang terdiri dari Dr Aelina Surya (Purek III sebagai Ketua Tim), Dr Hj Ria Ratna Ariawati (Purek I), Yusrila Y Kerlooza (Ketua Divisi Robotika), Rudi Hartono (mahasiswa), dan Stevanus Akbar Alexander (mahasiswa).(ap)


technologyindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More