blog-indonesia.com

Jumat, 08 Maret 2024

Warung Makan Rejeki BRI

 Bisa Transaksi Rp 1.400 Triliun per Tahun 
https://akcdn.detik.net.id/visual/2023/01/15/agen-brilink-menjadi-tempat-layanan-keuangan-terdekat_169.jpeg?w=715&q=90 (Dok: BRI)

PT
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mencatat nilai transaksi agen BRILink mencapai Rp 1.400 triliun per tahun. Dari transaksi tersebut bank memperoleh komisi Rp 1,3 triliun.

Direktur Utama Sunarso menjelaskan bahwa agen BRILink dibentuk karena masyarakat kalangan bawah terkadang segan untuk datang ke kantor cabang. "Orang bawah segan dateng ke cabang, mereka pilih datang ke tetangga berupa warung. Warung ini jadi cabang yakni agen BRILink," katanya dalam pembukaan BRI Microfinance 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Sunarso mengatakan agen BRILink telah lama dibentuk untuk memenuhi program Laku Pandai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terhitung sejak 2019, saat BRI mulai menemukan formula paling tepat untuk Laku Pandai, jumlah penyelenggara BRILink terus meningkat hingga menyentuh 741.000 agen, naik lebih dari 100.000 agen baru dari setahun sebelumnya.

Sebagai informasi, agen BRILink mengadopsi hybrid banking, yakni proses internal layanan perbankan telah didigitalisasi sementara proses interaksi dengan nasabahnya masih 'human touching' melalui agen.

Hal ini didasari oleh beberapa karakteristik masyarakat. Seperti, sudah piawai menggunakan gadget namun belum familiar dengan produk bank. Kemudian, mereka sadar memiliki arus kas yang rentan.

Sunarso mengatakan itu kemudian menyebabkan masyarakat pelaku usaha mikro lebih senang melakukan transaksi perbankan dengan institusi keuangan yang 'locally embedded'.

  💰 CNBC  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More