blog-indonesia.com

Jumat, 22 September 2023

Komplek IKN Mulai Terlihat Secara Fisik

https://akcdn.detik.net.id/visual/2023/08/23/progres-pembangunan-ikn-nusantara-3_169.jpeg?w=1200&q=80 Proyek itu antara lain; hotel, cafe dan pusat olah raga serta infrastruktur lainnya. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

M
enteri Keuangan Sri Mulyani menyebut perkembangan kompleks Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini sudah mulai terlihat secara fisik.

Hal itu ia sampaikan usai melihat perkembangan kompleks IKN dari atas bukit bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Kalau melihat tadi pagi bersama Presiden dan Menteri PUPR. Kami lihat dari atas kelihatan bahwa progres dari komplek IKN sudah mulai terlihat secara fisik," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) di Kalimantan Timur, Jumat (22/9) seperti dikutip dari Antara.

Sri Mulyani juga menyebut perkembangan pembangunan Istana Presiden dan infrastruktur dasar sudah terlihat.

Menurutnya, dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memang banyak diberikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mempersiapkan infrastruktur dasar mulai dari air, jalan raya, dan jembatan.

"Jadi hari ini kami akan lihat dan sangat impresif kemajuan yang dicapai dalam pembangunan IKN," terangnya.

Presiden dan para menteri pada malam hari kemarin menginap di area camping IKN. Sri Mulyani menyampaikan lokasi camping berada di tengah hutan sangat baik dan memadai.

"Pagi hari ini kami bangun di tengah hutan bisa merasakan perbedaannya. Ini sangat segar untuk kita semua menikmati udara di IKN," ujarnya. (antara/agt)

 Jokowi Pasang Bilah Pertama Istana Garuda 

https://akcdn.detik.net.id/visual/2023/08/23/progres-pembangunan-ikn-nusantara-1_169.jpeg?w=1200&q=80Pembangunan di IKN (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Presiden Joko Widodo memasang bilah pertama Istana Garuda yang akan menjadi kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi menyanjung progres pembangunan Istana Garuda. Dia menyebut proses pengerjaan lebih cepat dari jadwal yang ditargetkan.

"Progres kantor presiden yang ada di Ibu Kota Nusantara, September ini sudah 38 persen, dan 38 persen ini kita sudah mulai memasang bilah-bilah," kata Jokowi di IKN, Jumat (22/9).

Jokowi menjelaskan Istana Garuda bakal memiliki tinggi 77 meter. Gedung berbentuk burung Garuda itu akan terbentang sepanjang 177 meter di atas bukit.

Butuh 4.650 bilah untuk melapisi kantor baru Jokowi itu. Jokowi menargetkan Istana Garuda rampung setelah Pemilu Serentak 2024.

"Mudah-mudahan nanti kita selesai di Maret karena kita ada 465 modul di mana satu modulnya itu ada 10 sehingga kita mempunyai 4.650 bilah yang akan dipasang mulai hari ini," ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR sepakat memindahkan ibu kota negara ke IKN. Proses pemindahan ibu kota negara dimulai bertahap pada 2024 hingga 2045.

Saat ini, pemerintah sedang membangun sejumlah infrastruktur dasar. Selain Istana Garuda, ada pula sejumlah gedung kementerian dan lembaga negara. Ada pula pembangunan rumah-rumah menteri dan tempat tinggal aparatur sipil negara (ASN).

Kantor presiden di IKN akan berbentuk burung Garuda yang sedang mengepakkan sayap. Kompleks istana presiden di IKN didesain oleh seniman I Nyoman Nuarta.

Nyoman awalnya hanya mendapat tanah 50 hektare untuk membangun kompleks itu. Setelah revisi berkali-kali, Jokowi memberi Nyoman lahan 100 hektare untuk berkreasi. Satu permintaan Jokowi adalah 80 persen kompleks berupa hutan dan kawasan hijau.

"Ini adalah keputusan terakhir bahwa desain sudah disetujui oleh Presiden. Presiden berpesan kepada saya suruh mengawal desain ini," ungkap Nyoman saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu 5 Januari 2022.

"Delapan kali kita [revisi]," imbuhnya. (dhf/isn)

  CNN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More