blog-indonesia.com

Sabtu, 09 September 2023

AS Ingin Perluas Kemitraan di Sektor Pertahanan

 Ketika Bertemu di Jakarta Convention Center (JCC) 
https://asset.kompas.com/crops/KyPEYVcxiiK9HZ45x5XfmFK9TPI=/0x0:0x0/750x500/data/photo/2023/09/06/64f842c4ce9ed.jpegKamala Harris Puji Keketuaan Indonesia di ASEAN (Kompas)

W
akil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris menyatakan, negaranya ingin memperluas kemitraan dengan Indonesia di sektor pertahanan.

AS, kata Harris, akan mendukung lembaga keamanan laut Indonesia dan berdiri bersama dengan Indonesia dalam mempertahankan batas-batas udara.

"Dalam isu keamanan, kami bangga memperluas kemitraan pertahanan kami untuk badan keamanan maritim Anda dan berdiri bersama Anda dalam mempertahankan perbatasan ruang angkasa sesuai aturan internasional," kata Harris dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023).

Di samping itu, Harris mengungkapkan bahwa AS ingin meningkatkan arus bisnis di antara dua negara, termasuk melalui bingkai ekonomi Indopasifik.

Ia menyebutkan, AS juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun ketahanan rantai pasok, termasuk pada sektor mineral yang penting.

Menurut dia, ini penting untuk memperluas ekonomi perekonomian energi ramah lingkungan.

"Dan kami akan mendukung usaha Anda untuk memperluas ekonomi digital Indonesia," ujar Harris.

Harris menegaskan bahwa AS bangga punya hubungan yang terus tumbuh dan semakin kuat dengan Indonesia, negara demokrasi terbesar di dunia.

"Kami yakin kemitraan kita akan tumbuh semakin kuat dalam hitungan tahun dan dekade ke depan," kata dia.

  ✪ Kompas  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More