blog-indonesia.com

N 250 IPTN

Prototype pesawat pertama angkut penumpang dengan sistem fly by wire produksi IPTN, Bandung - Indonesia Teknologi

CN 235 MPA

Pesawat patroli maritim CN-235 produksi PT DI - Indonesia Teknologi

NC 212 MPA

Pesawat patroli maritim NC-212 produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

N 219

Pesawat karya anak bangsa, kerjasama BUMNIS diproduksi PT DI - Indonesia Teknologi

Drone LEN

Drone Bersenjata karya LEN - Indonesia Teknologi

Star 50

Kapal kargo 190 m dengan bobot 50.000 dwt merupakan kapal angkut terbesar pertama buatan Indonesia, produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

LPD KRI Banda Aceh

Kapal perang serba guna produksi PT PAL, Surabaya, merupakan kapal dengan panjang 125 m hasil desain anak bangsa dengan lisensi Korea - Indonesia Teknologi

SSV Filipina

Strategic Sealift Vessel produk ekspor kapal perang pertama PAL Indonesia - Indonesia Teknologi

KN Tanjung Datu 1101

KN Tanjung Datu 1101 Bakamla, kapal patroli 110m produksi PT Palindo

KRI I Gusti Ngurah Rai 332

PKR 10514 class, Kapal frigat produksi bersama PT PAL indonesia - Indonesia Teknologi

KN 321 Pulau Nipah

KN Pulau Nipah 321 Bakamla, kapal 80 m produksi PT Citra Shipyard, Batam

KRI Bung Karno 369

KRI Bung Karno 369 produksi PT Karimun Anugrah Sejati

KCR 60 KRI Tombak 629

Kapal Cepat Rudal-60 produksi PT. PAL, Indonesia. Merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

BC 60002

Kapal Patroli Bea dan Cukai produksi PT Dumas Tanjung Perak Shipyards. - Indonesia Teknologi

FPB 57 KRI Layang

Kapal patroli cepat berpeluru kendali atau torpedo 57 m rancangan Lurssen, Jerman produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

KCR 40 KRI Clurit

Kapal Cepat Rudal-40 produksi PT. Palindo Marine, Batam. Senilai kurang lebih 75 Milyar Rupiah, merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Torani 860

Kapal patroli 40 m produksi beberapa galangan kapal di Indonesia, telah diproduksi diatas 10 unit - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Tarihu

Kapal patroli 40 m berbahan plastik fiberglass produksi Fasharkan TNI AL Mentigi Tanjung Uban, Riau - Indonesia Teknologi

KRI Klewang

Merupakan Kapal Pertama Trimaran, produksi PT Lundin - Indonesia Teknologi

Hovercraft Kartika

Hovercraft utility karya anak bangsa hasil kerjasama PT. Kabindo dengan TNI-AD dengan kecepatan maksimum 40 knot dan mampu mengangkut hingga 20 ton - Indonesia Teknologi

Hovercraft Indonesia

Hovercraft Lumba-lumba dengan kecepatan maksimum 33 knot dan mampu mengangkut 20 pasukan tempur produksi PT Hoverindo - Indonesia Teknologi

X18 Tank Boat Antasena

Tank Boat Antasena produk kerjasama PT Lundin dengan Pindad - Indonesia Teknologi

Sentry Gun UGCV

Kendaraan khusus tanpa awak dengan sistem robotik yang dirancang PT Ansa Solusitama Indonesia - Indonesia Teknologi

MT Harimau 105mm

Medium tank dengan kanon 105 mm produksi PT Pindad - Indonesia Teknologi

Badak FSV 90mm

Kendaraan tempur dengan kanon 90 mm cockeril produksi PT Pindad - Indonesia Teknologi

Panser Anoa APC

Kendaraan angkut militer produksi PT Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Tank SBS Pindad

Kendaraan militer prototype Pindad - Indonesia Teknologi

APC PAL AFV

Kendaraan angkut pasukan amfibi hasil modifikasi dari BTR-50 PM produksi PT PAL, Surabaya sehingga meninggkatkan keamanan dan daya jelajahnya - Indonesia Teknologi

MLRS Rhan 122B

Kendaraan militer multilaras sistem roket Rhan 122B produksi PT Delima Jaya - Indonesia Teknologi

PT44 Maesa

Kendaraan angkut militer produksi Indonesia - Indonesia Teknologi

MCCV

Mobile Command Control Vehicle (MCCV) kerjasama dengan PT PT Bhinneka Dwi Persada - Indonesia Teknologi

Ganilla 2.0

Kendaraan khusus dapur lapangan produksi PT Merpati Wahana Raya - Indonesia Teknologi

Komodo 4x4

Kendaraan militer taktis produksi Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Maung 4x4

Kendaraan taktis produksi Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Turangga APC 4x4

Kendaraan militer taktis produksi PT Tugas Anda dengan chassis kendaraan Ford 550 - Indonesia Teknologi

GARDA 4x4

Kendaraan militer taktis hasil karya anak bangsa - Indonesia Teknologi

ILSV

Kendaraan taktis Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) produksi PT Jala Berikat Nusantara Perkasa - Indonesia Teknologi

P1 Pakci

Kendaraan taktis angkut pasukan P1 Pakci produksi PT Surya Sentra Ekajaya (SSE), berbodi monokok dengan mesin diesel 3000 cc milik Toyota Land Cruiser - Indonesia Teknologi

P2 APC Cougar

Kendaraan taktis angkut pasukan produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) dengan mesin diesel turbo bertenaga 145 hp - Indonesia Teknologi

P3 APC Ransus Cheetah

Kendaraan khusus produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) - Indonesia Teknologi

P6 ATAV

Kendaraan khusus produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) - Indonesia Teknologi

DMV30T

Kendaraan taktis Dirgantara Military Vehicle (DMV-30T) menggunakan mesin diesel 3000 cc Ford Ranger produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

Mobil Hybrid LIPI

Prototipe mobil tenaga hybrid produksi LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Listrik MARLIP (Marmut LIPI)

Prototipe mobil Listrik karya LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Nasional Esemka Digdaya

Mobil hasil karya anak SMK Solo dengan rancangan dari China - Indonesia Teknologi

Teknik Sosrobahu

Struktur pondasi jalan layang yang dapat digerakan 90° sehingga tidak memakan banyak tempat dan merupakan desain anak bangsa - Indonesia Teknologi

Senin, 31 Desember 2012

Juara Olimpiade Fisika, Tiket Jelajahi Dunia

http://statik.tempo.co/data/2010/05/07/id_34367/34367_275.jpgTangerang | Olimpiade Fisika Dunia sedang berlangsung di Hotel Aryaduta Lippo Village, Tangerang, Banten. Pendiri Surya Institut, Profesor Yohanes Surya, mengatakan, memenangkan olimpiade dapat membuka peluang untuk menjejalahi pelbagai universitas terkemuka di dunia.

"Pemenang medali emas dan perak itu diperebutkan universitas-universitas hebat," kata Yohanes dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta Lippo Village, Jumat, 28 Desember 2012.

Massachusetts Institute of Technology dan Harvard University di Amerika Serikat; Nanyang Technological University di Singapura; Tokyo University di Jepang; Hong Kong University of Science and Technology di Hong Kong; dan sejumlah universitas di Cina dan Rusia siap menarik para juara olimpiade fisika dunia menjadi siswa mereka.

"Ini adalah tiket kalau mau ke universitas top dunia," imbuh Yohanes. Seluruh pemenang medali emas dan perak olimpade yang lantas direkrut oleh universitas luar negeri akan menempuh studi dengan beasiswa penuh.

Olimpiade Fisika Dunia (World Physics Olympiad atau disingkat WoPhO) merupakan pertandingan fisika tingkat dunia yang dapat diikuti oleh peserta perorangan dari sekolah menengah atas dari seluruh negara. Kompetisi fisika yang terbilang baru ini diprakarsai oleh Yohanes Surya. Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade kedua ini.

Presiden Olimpiade Fisika Dunia 2012, Herry Johnny Kwee, mengatakan, sebanyak 72 peserta dari 16 negara akan beradu kemampuan untuk memperebutkan gelar juara olimpiade fisika sejati. Mereka berasal dari Belarusia, Bosnia Herzegovina, Brasil, Bulgaria, Cina, Estonia, Hungaria, India, Jerman, Polandia, Rumania, Rusia, Singapura, Swiss, Vietnam, dan Indonesia.

Sebanyak 38 peraih medali emas dan perak dari International Physics Olympiad maupun Asian Physics Olympiad ikut serta dalam olimpiade ini. Mereka akan bertanding dengan para penantang yang lolos proses seleksi ketat. "Mereka akan beradu kemampuan baik secara teori maupun eksperimen," kata dia.

Tuan rumah Indonesia mengirim 22 peserta yang diambil dari hasil seleksi ratusan siswa sekolah menengah atas berprestasi dari berbagai daerah, seperti diantaranya Makassar, Malang, Magelang, Pamekasan, Jakarta, Tangerang, Pontianak, dan Manokwari. "Kami memilih anak-anak sekolah menengah atas yang terbaik," ujar mantan juara olimpiade fisika tahun 1995 ini. Dukung Indonesia di Olimpiade Fisika.


Kaleidoskop 2012: Pailit Telkomsel

http://static.republika.co.id/uploads/images/square/gedung-telkomsel-_110519210812-921.jpgJakarta | Telkomsel pailit. Inilah keputusan majelis hakim Pengadilan Niaga Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Jumat (14/9), Majelis Hakim PN Jakpus yang dipimpin Hakim Ketua Agus Iskandar memutuskan Telkomsel pailit atas permohonan PT Prima Jaya Informatika (PJI), distributor voucher isi ulang Kartu Prima.

PJI mengajukan permohonan pailit karena Telkomsel dinilai tak sanggup membayar hutang senilai Rp 5,6 miliar. Telkomsel dan Prima Jaya menjalin kerja sama untuk penjualan kartu perdana dan vocer isi ulang bertema khusus olahraga.

Pailit Telkomsel, tak urung mengundang heboh nasional. Bagaimana mungkin perusahaan dengan untung bersih triliunan rupiah, dinyatakan pailit gara-gara sengketa bisnis Rp 5,3 miliar.  Kasus ini, uniknya, mempertemukan DPR, regulator dan kementrian BUMN dalam satu suara. Melawan putusan itu dan berusaha menyelamatkan Telkomsel dari kepailitan.

Berbagai tudingpun muncul dibalik kasus itu. Pertama adalah upaya mengganjal Telkomsel mengikuti seleksi frekuensi ketiga 3G yang akan digelar Kemenkominfo. Dengan status pailit, Telkomsel tak bisa ikut. Namun rumor itu hilang, setelah kemenkominfo menyatakan tender 3G ditunda hingga tuntasnya kasus Telkomsel.

Ketua DPR, Marzuki Alie, menduga ada upaya sistematis dan konspirasi untuk menguras keuangan negara di balik upaya membuat pailit Telkomsel. Pasalnya, dalam rapat kreditor, PT Prima Jaya Informatika (PJI) menuntut ganti rugi Rp 260 miliar.  Marzuki menduga upaya membuat Telkomsel pailit tersebut merupakan satu rencana yang sistematis karena tidak mungkin PT PJI bekerja sendiri.

Telkomsel mengajukan kasasi atas kasus itu. Majelis kasasi yang menangani perkara itu menerima permohonan Telkomsel. Pada  21 November 2012, Majelis Hakim yang dipimpin Abdul Kadir Mappong, dengan anggota Suwardi, dan Sultoni, membatalkan putusan sebelumnya. Telkomsel bebas pailit.

Pailit Telkomsel menyadarkan semua pihak bahwa korporasi besar seperti Telkomsel bisa direpotkan oleh urusan kecil. Pengadilan Niaga, tampaknya bakal menjadi ancaman baru bagi operator seluler nasional. Tak tertutup kemungkinan kasus itu akan berulang di kemudian hari.

Pada sisi lain, kasus Telkomsel juga memunculkan sebuah pertanyaan apakah sengketa binis seperti kasus Telkomsel dan PJI harus diselesaikan di Pengadilan Niaga atau di pengadilan biasa. Bukankah dalam perjanjian atau kontrak ada mekanisme penyelesaian perkara yang disepakati para pihak.

Kasus inilah yang kemudian mengundang berbagai rumor tak sedap. Misalnya konspirasi, sebagaimana diungkap Ketua DPR.

Seperti kata pepatah Jawa, kriwikan dadi grojokan, dalam kasus ini Telkomsel harus mengeluarkan dana yang besar baik untuk penanganan kasus maupun program pemulihan citra. Tidak jelas, mengapa tidak ada antisipasi sampai sejauh ini.

Untuk penanganan kasus, misalnya, Telkomsel harus membayar biaya pengacara dan kurator. Tak sedikit biaya yang dikeluarkan Telkomsel. Bila biaya kurator sebagaimana diatur dalam UU Kepailitan, Telkomsel harus merogoh kocek ratusan miliar.

Belum lagi potential lost akibat perkara ini. Karena berada di bawah kurator--selama proses pengadilan berlangsung--, manajemen Telkomsel tak bisa leluasa dalam mengambil keputusan. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja Telkomsel.


PAL INDONESIA: Patok Pendapatan 2013 Rp 1,5 Triliun

http://www.bisnis-jatim.com/wp-content/uploads/2012/12/pal.jpgSurabaya | PT PAL Indonesia pada 2013 memproyeksikan pendapatan menjadi Rp 1,5 triliun dengan menggenjot jasa pemeliharaan dan perbaikan kapal, atau naik 250% dibandingkan pendapatan tahun ini hanya senilai Rp 600 miliar.

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) M. Firmansyah Arifin mengatakan BUMN tersebut tahun depan berpotensi mendongkrak pendapatan, menyusul besarnya peluang di bidang pemeliharaan dan perbaikan (harkan) maupun pembuatan kapal baru.

Menurutnya, sepanjang tahun ini divisi harkan kapal mengontribusikan 45% terhadap total pendapatan PAL yang mencapai Rp 600 miliar.

“Tahun depan kami memproyeksikan kenaikan revenue menjadi Rp 1,5 triliun. Divisi harkan masih akan menjadi tulang punggung, selain pembuatan kapal niaga, kapal perang dan rekayasa umum (komponen industri minyak dan gas bumi),” ujarnya saat ditemui Bisnis di kantornya, kemarin (29/12).

Firmansyah optimistis pada 2013 mampu mencapai kinerja sesuai yang direncanakan, mengingat kini mendapat sejumlah proyek yang akan dirampungkan tahun depan. Diantaranya dua unit tanker pesanan Pertamina masing-masing berbobot 17.500 dead weight ton (DWT) dengan harga US$ 25 juta dan US$ 24,8 juta.

Divisi rekayasa umum (general engineering/GE) juga tengah merampungkan pengerjaan platform untuk pemboran minyak lepas pantai pesanan Petronas senilai US$46 juta. Perusahaan migas asal China CNOOC juga memesan komponen yang sama untuk pemboran minyak di Madura seharga US$42 juta.

“Platform pesanan CNOOC kami kerjakan bersama perusahaan asal China, maka nilai kontraknya dibagi dua masing-masing memperoleh US$ 21 juta,” tutur Firmansyah.

Dia menambahkan peluang lain masih terbuka lebar berupa pembuatan dan harkan kapal dari dalam maupun mancanegara. Untuk itu, bagian pemasaran PAL tahun depan disebutkan akan lebih proaktif mencari order.

Upaya tersebut akan dibarengi dengan pembenahan manajemen, agar PAL dapat bangkit kembali sesudah tahun lalu mengalami kerugian hingga ratusan miliar rupiah.

“Kami optimistis pada 2013 sudah mampu menangguh untung, tahun ini pun [dengan pendapatan Rp 600 miliar] kami sudah bisa membukukan laba usaha kendati masih sangat kecil,” paparnya. (sms)


★ Pesawat Tanpa Awak Produksi Lokal Dioperasikan 2013

PUNA Wulung
Sampit, Kalteng | Pesawat tanpa awak yang dikendalikan remote kontrol buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan dioperasikan pada 2013 mendatang, kata Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta.

Di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Sabtu Gusti Muhammad Hatta mengatakan, kemampuannya tidak diragukan lagi karena telah diuji coba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Kamis, 11 Oktober 2012.

"Pesawat tanpa awak yang diberi nama Wulung tersebut dirancang khusus dan sangat canggih sehingga memiliki kemampuan yang luar biasa dibandingkan dengan pesawat-pesawat yang ada," kata Menristek, Gusti Muhammad Hatta.

Selain bisa menjadi pesawat mata-mata, pesawat tersebut nantinya juga dapat dipergunakan untuk pemotretan wilayah dari udara dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Pesawat ini memiliki kemampuan terbang selama 4 jam tanpa henti dan bisa digunakan untuk membuat hujan buatan.

Jarak tempuh maksimalnya 70 kilometer, dengan kecepatan jelajah 52--69 knot. Puna Wulung bisa dikendalikan dengan jarak 73 kilometer dari remote control. Wulung mampu terbang hingga ketinggian 12 ribu kaki, dan yang sudah diujikan sejauh 8.000 kaki.

BPPT membuat lima pesawat serupa, dan biaya yang dikeluarkan untuk lima pesawat serupa berkisar antara Rp 6 miliar-Rp 8 miliar.

Wulung memakai mesin 2 tak dan untuk mendapatkan tenaga yang optimal, bahan bakar yang dipergunakan adalah pertamax.

Bahan material pesawat tanpa awak tersebut menggunakan komposit (komposisi serat kaca, fiber, karbon) sehingga mendapatkan struktur pesawat yang ringan.

"Dengan adanya pesawat tersebut nantinya pemadaman kebakaran hutan dan pembuatan hujan buatan tidak perlu lagi menaburkan garam pada awan dan kami telah menemukan bahan penggantinya, yani bernama pleer," katanya.

Setiap satu kilogram pleer sama dengan satu ton kilogram garam dan pesawat Wulung mampu membawa delapan kilogram pleer


Antara

Mahasiswa UNY kembangkan mesin ketik braille

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/5/54/Logo_uny.gifYogyakarta |  Mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Zaenal Mutaqin mengembangkan mesin ketik huruf braille dengan memanfaatkan printer bekas.

"Mesin ketik itu membantu orang awam membuat huruf braille dengan mudah, tanpa harus menghapal setiap motif huruf. Kelebihan lain adalah harga relatif terjangkau, sekitar Rp700.000 per unit," kata Zaenal di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, semua perintah kerja pada mesin ketik itu terdapat pada keyboard. Beberapa tombol utama seperti F9 berfungsi menarik kertas ke bawah dan tombol F10 untuk menarik kertas ke arah sebaliknya.

Tombol F11 dan F12 berfungsi untuk menggeser solenoid ke kiri dan ke kanan untuk mendapatkan posisi yang tepat pada kertas.

"Untuk menghentikan perintah dari tombol-tombol tersebut kita dapat menggunakan tombol spasi, sedangkan untuk menurunkan solenoid satu baris kita dapat menggunakan tombol F8," katanya.

Ia mengatakan pada mesin ketik tersebut setiap tombol huruf, angka, dan tanda baca yang ditekan akan menghasilkan output berupa gerakan dua buah motor stepper dan solenoid sehingga akan menghasilkan motif huruf braille yang dimaksud pada kertas.

"Mesin ketik huruf braille elektronik itu berbasis mikrokontroler ATmega16 yang terdiri atas tiga bagian," katanya.

Bagian pertama terdiri atas sebuah keyboard dengan spesifikasi votre sturdy ps2. Keyboard tersebut menghasilkan data serial pada setiap tombol yang ditekan.

Bagian kedua adalah sistem minimum. Pada rangkaian itu terdapat sebuah mikrokontroler ATmega16 sebagai pengontrol kerja seluruh bagian mesin ketik.

Bagian ketiga adalah tiga buah output mekanik yang terdapat dua buah motor stepper dan sebuah solenoid, motor stepper pertama berfungsi untuk menarik kertas, sedangkan motor stepper kedua berfungsi menggeser posisi solenoid.

"Pengembangan mesik ketik huruf braille itu di bawah bimbingan dosen Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY Putu Sudira," katanya.(B015*H010/H008)


Antara

IPB Temukan Telur yang Produksi Antibodi

http://www.mediaindonesia.com/spaw/uploads/images/article/image/20121231_120215_telur-D.jpgBogor | GURU besar Institut Pertanian Bogor Prof Retno D Soejoedono menemukan telur Immunoglobulin Y (Ig Y), yang bisa digunakan untuk memproduksi antibodi.

"Telur ini memiliki khasiat anti terhadap berbagai macam penyakit, di antaranya adalah penyakit flu burung, antitetanus dan antidiare," katanya di Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12).

Ia menjelaskan, telur ayam yang dapat dijadikan sebagai pabrik biologis yang bisa digunakan untuk memproduksi antibodi, juga dapat digunakan sebagai imunoterapi (imunisasi masif).

Retno D Soejoedono, ahli Kedokteran Hewan IPB itu melakukan uji coba pada telur, didasari karena telur ayam memegang peranan penting dan strategis dalam menopang kesehatan masyarakat.

Apalagi, telur ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi, murah, mudah disimpan dan diolah serta terjangkau oleh berbagai berbagai kalangan masyarakat.

Hasil karya ciptanya itu, saat ini dalam proses tahap dipatenkan. Ia berharap karyanya dapat segera diaplikasikan pada kalangan industri, bahkan usaha ternak skala kecil.

Sebutir telur temuannya itu mempunyai kandungan 50 hingga 100 mg Ig-Y setara dengan 200 mg Ig-G/40 ml darah yang dihasilkan dalam sekali pemanenan darah kelinci.

"Sehingga telur sebagai pabrik antibodi dapat dikatakan sebagai proses pemanenan yang sangat sederhana," paparnya.

Selain itu, telur juga dapat disimpan dengan mudah dalam jangka waktu yang nisbi lama, menghasilkan respon imun yang spesifik dan tidak memiliki efek samping karena tidak bereaksi dengan Ig-G mamalia. (Ant/OL-9)


Micom

Pertamina Temukan Sumur Baru di Sangatta

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQTj5y_Ajl7xqEI-1TokmBFhmrkonkZhF225nRBOwa6z_FMIw-sAMk65TCkngJakarta | PT Pertamina EP kembali menemukan sumur eksplorasi minyak dan gas (migas) baru, yakni sumur eksplorasi Tapah-1 di Sangatta, Kalimantan Timur.

Sumur ini menghasilkan minyak menembus angka 1.000 barel minyak per hari (BOPD) dan gas 1 standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Manager Humas Pertamina EP Agus Amperianto mengatakan keberhasilan pembuktian cadangan minyak di kompartemen sebelah timur lapangan Sangatta ini diharapkan menjadi momen kebangkitan untuk peningkatan produksi di lapangan Sangatta.

"Hasil uji kandungan lapisan ke-6 dari lapisan batupasir formasi Lower Balikpapan pada kedalaman 1551-1554 m didapatkan laju alir minyak sebesar 1.017 BOPD, dan laju alir gas 1 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD)," ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Minggu (30/12).

Agus menjelaskan sebelumnya pada awal 2012 Pertamina telah ditemukan cadangan minyak di area Sangatta dari sumur eksplorasi Salmon Biru-1 yang terletak 2 km disebelah barat Lapangan Sangatta. Dari sumur tersebut, didapat minyak total 50 barel dan laju alir gas 0.08 MMSCFD. Menurutnya, kegiatan eksplorasi di Salmon Biru berdampak pada temuan di sumur Tapah -1.

"Kegiatan eksplorasi Salmon Biru menerapkan konsep eksplorasi baru pada batupasir formasi Pulubalang yang terbukti menghasilkan hidrokarbon di Lapangan Sangatta," kata dia.

Lebih jauh Agus menjelaskan, kegiatan eksplorasi yang dilakukan tahun 2012 tidak hanya pemboran tetapi juga Survei Seismik 2D West Sangatta (41 Km), 2D North Sangatta (52 Km) ,dan 3D Sturisoma (157 Km2) yang nantinya di harapkan dapat menelurkan prospek-prospek siap bor yang dapat dieksekusi dalam 2 tahun ke depan.

Adapun pada tahun 2013, Pertamina EP pada tahun 2013 menargetkan melakukan pemboran sebanyak 28 sumur dengan target survey seismic 2D eksplorasi adalah sebanyak 817 km serta Survey Seismik 3D adalah 1.488 km2. "Jumlah studi yang akan dilaksanakan pada tahun 2013 adalah 6 studi," ujar Agus.

Ditambahkannya, target produksi minyak Pertamina EP pada tahun 2013 sekitar 137 ribu barel per hari dan gas sekitar 1.160 MMSCFD dengan estimasi Anggaran Biaya Investasi pada tahun 2013 sekitar Rp 10,3 Triliun. "Estimasi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan prognosa ABI tahun 2012 sebesar Rp.7,2 Triliun," tukasnya. (Aim/OL-3)


Micom

Minggu, 30 Desember 2012

Mobil Listrik Dahlan Iskan

 Duet Doktor UGM sempurnakan mobil listrik Dahlan Iskan 

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/12/30/132771/250x125/duet-doktor-ugm-sempurnakan-mobil-listrik-dahlan-iskan.jpgPenyempurnaan mobil listrik berjenis Ferrari yang diberi nama Tucuxi tidak hanya melibatkan teknisi dan mekanik dari Kupu-Kupu Malam dan Danet Suryatama sebagai sang perancang. Ada campur tangan dua orang bergelar doktor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk menyempurnakan mobil miliknya tersebut.

Pertama, Dr Jayan Sentanuhady, seorang peneliti yang juga pernah membuat mobil tenaga surya atau hybird. Ada pula Dr Eka Firmansyah yang merupakan peneliti Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM Yogyakarta. Selama ini, keduanya tidak dikenal dalam proses persalinan mobil listrik Dahlan Iskan karena mereka memilih tetap berada di balik layar.

Keduanya berduet menyempurnakan mobil listrik merah senilai Rp 1,5 miliar tersebut. "Kalau saya biasanya bersama Pak Eka. Saya perancang dan perakitanya rangkaian, sementara Pak Eka kontrolernya yang meneliti hasil pekerjaan saya. Ya saya di sini kan hanya membantu Pak Rudy Purnomo pemilik Kupu-Kupu Malam. Kebetulan kita selalu diskusi dan tukar pengalaman soal mobil," ungkap Jayan kepada merdeka.com di bengkel Kupu-Kupu Malam, Jalan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (28/12).

Berkenalan dengan duet doktor tersebut, Jayan merupakan peneliti UGM Yogyakarta yang meraih gelar doktor dan menempuh pendidikan di Universitas Saitama, Jepang pada April 2005-Maret 2008.

Jayan selama ini menjadi koordinator program mobil listrik sederhana yang dikembangkan oleh UGM Yogyakarta. Sedangkan Eka Firmansyah adalah jebolan School of ISEE Kyusu University, Jepang serta staf pengajar di FJTE-UGM Yogyakarta.

Dalam proses perakitan mobil Tucuxi, diakui sempat ada sedikit perdebatan antara Danet Suryatama yang merupakan doktor jebolan Michigan, AS dengan Jayan doktor lulusan Jepang.

Namun, perdebatan itu dianggap wajar demi kesempurnaan mobil listrik yang digadang-gadang bakal dijadikan mobil nasional tersebut.Jayan mencoba membandingkan dengan pengalamannya menciptakan mobil listrik tenaga surya yang diberi nama "Semar" dengan mobil listrik Tucuxi.

Mobil listrik merah ini memiliki bentuk dan komponen yang sangat kompleks. Berbeda dengan mobil hybrid Semar yang bentuknya cukup sederhana. Ada beberapa onderdil dari mobil listrik ini yang diperlukan sebagai pengurai dari tenaga listrik ke penggerak mesin mobil sulit diperoleh.

Hingga saat ini, duet dua doktor tersebut secara intensif terlibat dalam proses penyempurnaan mobil listrik bersama puluhan teknisi dan mekanik dari Kupu-Kupu Malam. Targetnya, penyelesaian penyempurnaan mobil bisa dilakukan dalam waktu cepat.

"Yang pasti targetnya tanggal 4 Januari harus jadi mas. Kalau soal uji cobanya secara teknis saya kurang tahu," tegasnya.(mdk/noe)

 'Kupu-Kupu Malam' di balik mobil listrik Dahlan Iskan

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/12/30/132762/250x125/039kupu-kupu-malam039-di-balik-mobil-listrik-dahlan-iskan.jpgMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berhasil menarik perhatian publik dengan aksinya bersama mobil listrik merah sejenis Ferrari yang diberi nama Tucuxi. Namun, tidak banyak yang tahu figur-figur yang membidani kelahiran mobil listrik tersebut.

Sosok Danet Suryatama, doktor lulusan Michigan University USA, sudah dikenal banyak orang sebagai perancang mobil listrik tersebut. Tapi, untuk melahirkan mobil listrik itu, Danet tidak sendiri. Ada tim khusus yang selama empat bulan terakhir mengebut pengerjaan mobil listrik ini.

Mereka adalah 'Kupu-Kupu Malam'. Memang sedikit terdengar nyentrik. Kupu-Kupu Malam adalah salah satu industri pengrajin mobil di Yogyakarta. Di pusat bengkel inilah Tucuxi milik Dahlan senilai Rp 1,5 miliar dirangkai dan menjalani proses pembuatannya.

Bos Kupu-Kupu Malam, Rudy Purnomo mengaku tidak menyangka dipercaya Dahlan Iskan dan Danet Suryatama untuk merakit mobil listrik yang digadang-gadang sebagai ikon mobil nasional ini. Berbekal jam terbang tinggi dalam berbagai event kontes mobil berkelas dunia, Kupu-Kupu Malam dipercaya merangkai mobil listrik milik Dahlan.

"Ya mungkin karena prestasi kami saja yang terakhir yaitu pada event Contest Auto Black Trough The Champion Indonesia 2009-2011 yang berafiliasi dengan Nash American Car Club (NCCA). Kami berhasil menyabet sebagai juara umumnya. Tiba-tiba belum ada setahun lalu kami didatangi keduanya membicarakan rencana pembuatan mobil listrik Tucuxi itu," ungkap Rudy Purnomo saat ditemui merdeka.com, Sabtu (29/12) di garasi bengkel Kupu-Kupu Malam di Jalan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Berkenalan sedikit dengan Kupu-Kupu Malam, sesungguhnya adalah padepokan pengrajin seni mobil di Yogyakarta. Menurut pengakuan Rudy, keberadaan Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta sudah 10 tahun. Bergerak di bidang ketrampilan auto fashion, car audio, total variasi, racing product dan artistic car, Kupu-Kupu Malam berhasil menjadi costum car ternama.

Tak tanggung-tanggung, konsumennya tidak hanya seputar Yogyakarta saja, tapi sudah sampai dari beberapa negara lain yang menggunakan jasa mekanik Kupu-Kupu Malam.

"Ada yang dari Jakarta, Bali. Bahkan dari luar negeri Australia, Belanda, Jerman, Cekoslovakia. Biasanya mereka punya keluarga yang tinggal di Indonesia," jelasnya.

Dengan usia dan pengalaman di bidang perakitan mobil selama lebih dari 1 dasawarsa, tidak salah jika Dahlan kepincut dan memberi kepercayaan kepada Kupu-Kupu Malam untuk merakit mobil listriknya. Padahal, ada bengkel-bengkel lain yang juga bisa mengerjakan mobil ini.

Selain bermarkas di Jalan Kabupaten Sleman, Kupu-Kupu Malam juga memiliki satu markas lagi di Jalan Raya Magelang-Yogyakarta Km 4,5. Tepatnya di depan kantor TVRI Yogyakarta. Kupu-Kupu Malam juga sempat berpindah-pindah lokasi. Awalnya di Jalan Godean kemudian pindah ke Jalan Raya Magelang Km 4,5 No. 50B, Yogyakarta.

Di bawah komando Rudy, puluhan mekanik berhasil mewujudkan mimpi Dahlan Iskan memiliki mobil listrik mewah. Kuncinya, kata Rudy, kekompakan dan kebersamaan mekanik.(mdk/noe)

 Mobil listrik Dahlan Iskan kembali masuk bengkel

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/12/30/132757/250x125/mobil-listrik-dahlan-iskan-kembali-masuk-bengkel.jpgPaska dipamerkan dan diuji coba pekan lalu, mobil listrik jenis Ferrari yang diberi nama Tucuxi, harus kembali masuk bengkel perakitannya di Jalan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Mobil milik Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan senilai Rp 1,5 miliar itu harus dibongkar kembali untuk penyempurnaan. Power steering dan air conditioning (AC) mobil listrik ini masih bermasalah dengan rangkaian yang menghubungkan antara mesin dan rangkaian listriknya.

Tim perakit mobil listrik Tucuxi harus mencari kelengkapan sparepart hingga ke Amerika dan Singapura. Pengerjaannya pun melibatkan mekanik dan teknik otomotif di Yogyakarta.

Mobil yang digadang-gadang bakal dijadikan ikon dan pilot project mobil listrik di Indonesia itu sempat mogok dua kali setelah diuji coba oleh Dahlan Iskan di Jakarta.Mekanik yang terlibat proses pengerjaan dan penyempurnaan mobil listrik Tucuxi ini mengaku harus bekerja hingga larut malam, bahkan dini hari.

"Kita bongkar kembali untuk proses penyempurnaan dalam menstabilkan tenaga dan modifikasi. Supaya lebih bagus dalam suspensi dan kecepatan dan tenaganya," ungkap Kunto Wibisono, orang kepercayaan Rudy Purnomo pemilik costum car Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta, Sabtu (29/12).

Pantauan merdeka.com di bengkel tersebut, mobil listrik berwarna merah ini dikerjakan oleh puluhan teknisi. Mereka mengaku punya pengalaman baru dalam pengerjaan dan perakitan mobil milik Dahlan ini.

"Penuh tantangan. Pengalamannya kalau soal rangka dan body hanya kita kerjakan dalam jangka dua bulan karena kita sudah biasa. Yang lama adalah menunggu datangnya mesin mobil dari Amerika," ujar Evan, salah satu montir yang sudah 6 tahun bekerja di bengkel tersebut.

Evan bersyukur pengerjaan dan perakitan mobil dilakukan dalam kurun waktu empat bulan, sesuai dengan target yang diberikan. Untuk penyempurnaan kali ini terbilang harus ngebut. Karena ditarget rampung 4 Januari 2013. Dahlan Iskan berencana kembali melakukan uji coba mobil listrik Tucuxi merahnya ini.

Uji coba tahap kedua nanti akan dilakukan di Yogyakarta. Rencananya, pada 5 Januari 2013, Dahlan akan menguji mobil listriknya mulai dari kampus UGM, menempuh jarak sekitar 1.000 km menuju ke Magetan, Jawa Timur. Mobil ini juga akan diuji ketangguhannya melintas di tanjakan tinggi Kawasan Wisata Tawangmangu, Jateng.

"Mobil listrik yang kecil sudah mengendarai 1.000 km. Saya akan kendarai lagi dari Yogya ke Magetan. Penting, karena pasti lewat Tawangmangu," kata Dahlan beberapa waktu lalu.(mdk/noe)

Merdeka

Dahlan Senang PPD Dibeli DKI

 Dia berharap rencana ini bisa direalisasikan secepatnya.

Jakarta ¤ Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan menyambut gembira rencana Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang akan membeli Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Dirinya pun berharap rencana ini bisa direalisasikan secepatnya.

"Yang akan beli DKI? Dengan senang hati," ujar Dahlan saat menghadiri "Refleksi Akhir Tahun PKS dalam Bingkai Seni dan Budaya" di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu malam 29 Desember 2012.

"Semoga cepat saja dilaksanakan. Besok boleh (31 Desember 2012), lusa tanggal 2 Januari juga boleh," tambah Dahlan.

Dahlan menuturkan, rencana Jokowi membeli PPD harus mendapat persetujuan dari DPR dan Menteri Keuangan karena ini menyangkut pembelian BUMN. "Ini harus ada prosedur birokrasi dan administrasi untuk membeli PPD," ujarnya.

Seperti diketahui, 26 Desember 2012 lalu, Jokowi melayangkan surat kepada Dahlan Iskan terkait rencana pembelian salah satu aset negara itu. Sang gubernur berencana akan isi jalur-jalur Transjakarta dengan bus-bus PPD. Permintaan itu masih diproses Kementerian BUMN.

Rencananya, PPD akan dilikuidasi karena BUMN yang satu ini terus merugi. Dahlan pun harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk merevitalisasi bus-bus itu.

Namun, dengan rencana Jokowi, Dahlan bisa "bernapas" lega karena usaha itu akan mengurangi jumlah BUMN yang merugi. "Itu bisa kurangi BUMN," ujar sang menteri.


Dunia Pendidikan Indonesia Jeblok Karena Berorientasi Pada Proyek

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/1654113620X310.jpg&h=auto&w=140&a=tlTak kunjung meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia dituding karena kebijakan pendidikan di negara ini selalu berorientasi pada proyek. Demikian kajian yang dilakukan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).

Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti dalam refleksi akhir tahun di Jakarta, Kamis (27/12), menuturkan kualitas pendidikan Indonesia stagnan, bahkan memburuk. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kajian internasional soal peringkat dan kondisi pendidikan berbagai negara di dunia.

Sebagai contoh, hasil kajian Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2012, yang menilai kemampuan siswa kelas VIII di bidang Matematika, menempatkan Indonesia di urutan ke-38 dari 42 negara, di bawah Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Hasil sains pun tidak kalah mengecewakan. Indonesia berada di urutan ke-40 dari 42 negara. Yang mencengangkan, nilai matematika dan sains siswa kelas VIII Indonesia bahkan berada di bawah Palestina yang didera konflik berkepanjangan.

Survei firma pendidikan Pearson menunjukkan, sistem pendidikan Indonesia berada diposisi terendah di dunia bersama Brasil dan Meksiko. Pada kelompok anak usia sekolah, sedikitnya setengah juta anak usia SD dan 200.000 anak usia SMP tidak dapat melanjutkan pendidikan.

Tingginya jumlah anak putus sekolah ini juga turut menjadi faktor rendahnya Education Development Index Indonesia, yakni berada di peringkat ke-69 dari 127 negara.

"Kita bukan mengejar peringkat di kajian atau survei internasional. Akan tetapi, hasil kajian ini seharusnya jadi alarm untuk refleksi secara serius mengapa pendidikan kita menurun. Mengapa kita, siswa, guru, sistem, dan kualitas pendidikan Indonesia terus terpuruk," tutur Retno.

Sayangnya, menurutnya, kebijakan yang diambil tidak untuk menjawab berbagai permasalahan mendasar untuk memperbaiki kondisi pendidikan.

"Kebijakan yang diambil justru berorientasi proyek. Tak heran, banyak kebijakan pendidikan yang dibuat pemerintah mubazir dan menghambur-hamburkan uang negara," jelas Retno.*


itoday

Ampas Kopi Sebabkan Fikri Raih Beasiswa Rp 20 Juta

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/manfaat-ampas-kopi.jpg&h=auto&w=140&a=tlKOPI merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Namun, di balik kenikmatan si hitam ini, ternyata ampas kopi pun mampu disulap menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Tidak percaya? Moh. Fajar Rajasa Fikri membuktikannya. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu tergoda untuk berkreasi dari ampas kopi setelah secara tidak sengaja menjatuhkan cangkir kopinya. Tidak langsung membereskan pecahan cangkir, Fikri justru memandangi hamburan ampas kopi yang berserakan di lantai keramik yang membentuk motif indah.

"Saya ingin memotif sendiri ampas tersebut berdasarkan seni. Maka saya memikirkan cara agar ampas kopi itu bisa menempel permanen di wadahnya," tutur Fikri, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (13/12).

Siapa sangka, ide tersebut datang bersamaan dengan perhelatan program tahunan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), yakni Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan mantap, pemuda asal Banyuwangi itu mengusulkan idenya pada kompetisi tersebut. "Yang namanya rejeki tidak bakalan ke mana. Inovasi saya didanai oleh dikti," katanya.

Riset demi riset pun Fikri lakukan untuk memaksimalkan karyanya. Penuh keyakinan, mahasiswa Teknik Fisika ini berhasil meluncurkan idenya. "Saya namakan Coffe Paste, secara makna yaitu kopi tempel. Jadi ampas kopi itu dihias dan ditempel di keramik, dan jadilah dia benda hias dari limbah kopi," jelas Fikri.

Sejauh ini, hiasan ampas kopi yang diproduksi oleh Fikri diletakkan pada piring, mug, dan pigura. Harga yang dibanderol pun bervariasi. Mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 85 ribu. Motif yang disediakan pun cukup menarik dari hewan, tumbuhan, batik, hingga kaligrafi.

Keunikan Coffee Paste ternyata mendapat apresiasi dari banyak pihak. Terbukti, karya Fikri ini sudah menjuarai berbagai kompetisi bisnis seperti torehan juara dua di kompetisi business plan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS, mendapatkan kehormatan mengikuti technopreneur camp di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, serta menembus ketatnya persaingan untuk masuk ke dalam program inkubator industri ITS.

Prestasi Fikri bersama Coffee Paste terus berlanjut. Teranyar, dia berhasil menjuarai kompetisi Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK). Melalui kegiatan besutan CIMB Niaga dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu, dia mendapat dana modal kerja sebesar Rp 15 juta dan beasiswa biaya hidup maksimal Rp 20 juta.

Fikri berhasil melewati tahap pertama kompetisi yang bertujuan menciptakan pelaku usaha baru yang dapat bersaing secara nasional dan internasional itu dengan mulus. Demikian pula pada seleksi tahap kedua. "Seminggu setelahnya pihak CIMB datang langsung ke lokasi produksi Coffe Paste untuk memastikan keberadaan bisnis ini, sekaligus seleksi survei lokasi," ungkap pemuda yang ahli dalam web programming itu.

Setelah diumumkan lolos sebagai salah satu dari 25 finalis, Fikri harus melakukan presentasi di hadapan para juri. Selama berhadapan dengan dewan juri, dia mengaku mendapatkan banyak ilmu. "Dewan juri juga memberikan masukan-masukan terhadap bisnis Coffe Paste ke depannya. Kami ditantang untuk membuat hiasan ampas kopi pada gantungan kunci," papar Fikri.

Menurut Fikri, dewan juri menilai setiap bisnis dari empat segi, yakni aspek kewirausahaan, pengelolaan bisnis dan keuangan yang sehat, sosial, serta aspek lingkungan yang masing-masing bernilai 25 persen. "Coffe Paste bagus di segi kewirausahaan, sosial dan tentu sangat bagus dalam aspek lingkungan, karena memanfaatkan limbah sebagai bahan dasar," terangnya.

Namun menurutnya, Coffe Paste lemah pada aspek pengelolaan bisnis dan keuangan. Mengingat omzet yang masih terbilang sedikit bila dibanding bisnis dari peserta lain yang telah beromzet ratusan juta rupiah. "Karena kami memang bisnis baru, masih butuh marketing lebih lanjut untuk memperkenalkan produk," tambahnya.

Dua minggu berselang, dia kembali mendapat kabar yang sangat menggembirakan. Coffe Paste dipastikan lolos menjadi 15 finalis yang mendapatkan beasiswa unggulan tersebut. "Lega rasanya, ini menjadi berkah sekaligus amanah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya," tutur Fikri.


itoday

★ Menanti Kapal Selam Indonesia

Tak lama lagi, kejayaan Hiu Kencana akan kembali. Cakra dan Nanggala tak lama lagi akan mendapat teman, seiring dengan makin nyatanya rencana kerjasama PT PAL dengan galangan DSME Korea Selatan berdasar skema JOA (Joint Operations Agreement).

Projek kapal selam Indonesia

Berdasarkan kunjungan Wamenhan ke PT PAL pada 28 Desember 2012 lalu, sudah mulai ada sedikit sinar terang mengenai perkembangan proyek kapal selam Type-209 DWT 1.400 ton untuk TNI-AL. Dari kontrak awal sebanyak 3 kapal selam, dirinci bahwa kapal selam I dan II akan dibangun di galangan DSME, sementara untuk kapal selam ketiga modulnya akan dibangun oleh DSME, sementara final joint (penyambungan antar modul / segmen) akan diselesaikan oleh PT PAL.

Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Mengingat krusialnya proses tersebut, maka proses ToT (Transfer of Technology) menjadi sangat penting. Apalagi PT PAL belum pernah melakukan rekayasa rancang bangun kapal selam sebelumnya. ARC sebelumnya memberitakan bahwa PT PAL telah menyiapkan sejumlah tenaga kerja yang akan melakukan OJT (On Job Training) ke DSME. Tak tanggung-tanggung, 416 orang teknisi PT PAL akan dikirim untuk melakukan observasi dan belajar pada saat kapal selam I dan II dibangun di DSME, lebih banyak dari jumlah 186 yang diberitakan sebelumnya.

Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Bagi yang sedang mencari lowongan pekerjaan dan memiliki kualifikasi teknik khususnya desain dan produksi, ada kabar gembira. PT PAL masih membutuhkan 254 orang tenaga kerja baru untuk engineering, technician / foreman, dan worker.

Untuk menyiapkan sejumlah orang dan fasilitas produksi yang diperlukan untuk memproduksi kapal ketiga ini dibutuhkan anggaran sebesar US$ 215,2 Juta, yang terbagi USD 29,8 juta untuk manpower, USD 149,9 juta untuk fasilitas dan perlengkapan produksi yang meliputi 11 workshop, 8 instalasi, perlengkapan produksi dan ujicoba.

Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Lebih jauh lagi, PT. PAL juga sudah menyiapkan lokasi tempat pembangunan  kapal selam III. Lokasi yang disiapkan itu berada di Sektor B Galangan PT. PAL.

Apabila semua pihak berkomitmen untuk mendukung proses ini, PT PAL sejak jauh hari sudah menyatakan sanggup untuk menyiapkan segala aspek teknis dalam rangka pembangunan kapal selam ketiga. Komitmen tersebut dibutuhkan untuk menjaga agar kapal selam U-209 DWT 1.400 ton ini dikerjakan sesuai dengan jadwal, yaitu kapal I selesai pada 2016, kapal II pada pertengahan 2017, dan kapal III pada pertengahan 2018. Mari sama-sama kita doakan bersama agar kejayaan Hiu Kencana bisa kembali.


 ARC

Sabtu, 29 Desember 2012

5 Gebrakan fenomenal Jokowi-Ahok di 2012

Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dinyatakan menang dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa lalu. Tepat tanggal 15 Oktober lalu, keduanya resmi dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Sejak masa kampanye, mereka sudah berjanji memberikan warna baru untuk birokrasi di lingkungan Pemprov, maupun kota Jakarta pada umumnya. Dengan tiga visi utamanya, yakni transparansi anggaran, peningkatan pelayanan dan penghematan, kedua pria yang dikenal dengan sapaan Jokowi dan Ahok optimis akan membawa Jakarta baru.

Satu hari setelah pelantikan dilaksanakan, keduanya langsung melakukan gebrakan. Kebekuan birokrasi mereka pecahkan. Hal-hal yang dianggap tak becus dibereskan.


Jokowi
memilih banyak bertugas di luar kantor. Dia memantau kondisi di lapangan. Sedangkan Ahok lebih banyak berkutat di lingkungan Pemprov mengatur anak buahnya yang selama ini terlalu dimanjakan.

Sambil mengatur birokrasi dan membenahi anak buah yang malas, keduanya terus merancang program kerja mereka untuk lima tahun ke depan selama memimpin Jakarta.


Berikut lima gebrakan fenomenal yang dilakukan Jokowi dan Ahok selama dua bulan setengah masa kerja.
(mdk/dan) 

1. Blusukan ke daerah titik masalah

Sehari setelah dilantik, Gubernur Joko Widodo langsung meninjau ke daerah-daerah bermasalah. Misalnya pemukiman kumuh dan padat penduduk, serta kali-kali yang disesaki sampah.

Dengan gaya andalannya kemeja putih, celana kain hitam dan sepatu kets, Jokowi menggedor perkampungan warga bersama jajaran SKPD. Pasar-pasar juga dia kunjungi.


Bahkan saat Jakarta terendam banjir beberapa waktu lalu, dia tak canggung nyebur ke kolam dadakan di pemukiman warga. Pernah juga dia ikut hujan-hujanan bersama warga.


Dengan sistem turun langsung ke lapangan, Jokowi bisa melihat solusi apa yang tepat untuk mengatasi masalah di daerah itu. Sehingga anggaran yang disediakan tepat guna.


Banyak yang menilai gaya blusukan Jokowi tak efektif. Tapi pria kelahiran Solo itu tak mau ambil pusing.


"Ya kerja yang benar itu begini," kata Jokowi.
(mdk/dan) 

2. Benahi kinerja PNS

Karena berbagi tugas dengan atasannya, Ahok lebih banyak mengatur dan memantau kinerja PNS. Sehari setelah dilantik, dia mengadakan sidak ke ruangan Badan Kepegawaian Daerah dan beberapa ruangan lainnya di lingkungan Pemprov.

Mulai dari cara berpakaian, absen hingga ruangan dan waktu rapat dia koreksi. Fasilitas-fasilitas yang seharusnya ada tapi belum dibangun, dia minta segera direalisasikan. Seperti ruangan menyusui.


Ahok juga ingin antar semua SKPD terhubung online dengan dirinya. Tujuannya untuk memudahkan bertukar informasi. Ahok juga minta semua lini dipasang CCTV yang terpusat di ruang kerjanya agar tak ada lagi PNS yang datang kemudian duduk, atau datang kemudian cabut.


Satu perintah tegas Ahok yang membuat anak buahnya sedikit gerah adalah semua rapat harus diliput humas. Setelah itu, video rekaman rapat diupload ke Youtube. Dengan begitu, publik tahu apa yang menjadi pembahasan mereka.


"Kita mau transparan," kata Ahok.(mdk/dan)
 

3. Kartu Jakarta Sehat

Program ini salah satu dari empat program unggulan Jokowi dan Ahok. Dengan memegang kartu ini, warga Jakarta bisa berobat gratis.

Kartu ini beda dengan Jamkesda. Sebab, ini diberikan untuk semua lapisan masyarakat. Sedangkan Jamkesda hanya untuk pasien miskin.


Warga yang ingin berobat cuma membawa kartu sakti ini tanpa perlu membawa embel-embel tanda pengenal lainnya. Kalaupun dia belum memegang kartu, maka sementara waktu bisa menjadikan KTP sebagai bukti dia warga Jakarta. Hanya saja, yang telah memiliki kartu akan lebih mudah dikedatangan berikutnya, karena rekam medis pasien secara otomatis tersimpan di kartu itu.


Untuk tahap awal, 3.000 kartu telah dilempar ke warga di enam kelurahan. Targetnya keseluruhan program ini adala 4,7 juta warga bisa berobat gratis. Untuk tahun 2013 ini, Pemprov menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun sebagai klaim asuransi pasien.
(mdk/dan) 

4. Kartu Jakarta Pintar

Kartu ini hampir sama dengan kartu sehat. Bedanya, Kartu Jakarta Pintar dibuat untuk membantu siswa kurang mampu agar tetap bersekolah.

Dulu, bantuan untuk siswa dipegang pihak sekolah. Rupanya cara demikian rawan disalahgunakan. Maka itu Jokowi mengubah konsep dengan cara langsung memberikan pada siswa lewat sistem menabung.


Tahap pertama, 3.008 kartu pintar diluncurkan di dua lokasi yakni di SMA Yappenda sebanyak 1.657 dan 1.066 di SMA Paskalis Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 1 Desember lalu. Secara keseluruhan, KJP akan dibagikan kepada 3.75.539 peserta didik dari 1.085 SMA dan SMK se-DKI Jakarta.


Nantinya, setiap siswa pemegang KJP mendapat uang operasional sebesar Rp 400.000 per bulan. Selain itu, siswa juga mendapat uang personal sebesar Rp 240.000 per bulan.


Tapi, angka itu tidak diberikan tiap bulannya. Untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Utara akan diberikan tiap per tiga bulan sekali. Sedangkan untuk Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kabupaten Kepulauan Seribu diberikan per enam bulan sekali.


KJP diperuntukkan sebagai biaya personal seperti transport, buku, sepatu, baju sekolah. Bentuknya KJP seperti ATM Bank DKI. Untuk sekolah negeri berwarna platinum dan sekolah swasta berwarna silver(mdk/dan)
 

5. Pajak online

Pendapatan DKI selama ini mengalami banyak kebocoran. Alhasil nilai yang masuk ke kas daerah tak sebesar pendapatan yang dihasilkan.

Mencegah hal itu terulang, Jokowi akan menerapkan pajak online. Dengan sistem ini dia berharap niat menyelewengkan pajak bisa berkurang dan pendapatan DKI bertambah.


Sistem ini mulai berlaku Januari 2013. Semua pendapatan daerah seperti dari pajak restoran, parkir, hotel, reklame akan menggunakan sistem online. Hal ini dilakukan agar tidak ada kebocoran-kebocoran pendapatan yang diterima Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


"Semuanya akan kita online seperti pajak hotel, pajak restoran, reklame, parkir, dan kami yakin dengan adanya ini akan naik berkali lipat nanti," kata Jokowi(mdk/dan)


Merdeka

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More