blog-indonesia.com

N 250 IPTN

Prototype pesawat pertama angkut penumpang dengan sistem fly by wire produksi IPTN, Bandung - Indonesia Teknologi

CN 235 MPA

Pesawat patroli maritim CN-235 produksi PT DI - Indonesia Teknologi

NC 212 MPA

Pesawat patroli maritim NC-212 produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

N 219

Pesawat karya anak bangsa, kerjasama BUMNIS diproduksi PT DI - Indonesia Teknologi

Drone LEN

Drone Bersenjata karya LEN - Indonesia Teknologi

Star 50

Kapal kargo 190 m dengan bobot 50.000 dwt merupakan kapal angkut terbesar pertama buatan Indonesia, produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

LPD KRI Banda Aceh

Kapal perang serba guna produksi PT PAL, Surabaya, merupakan kapal dengan panjang 125 m hasil desain anak bangsa dengan lisensi Korea - Indonesia Teknologi

SSV Filipina

Strategic Sealift Vessel produk ekspor kapal perang pertama PAL Indonesia - Indonesia Teknologi

KN Tanjung Datu 1101

KN Tanjung Datu 1101 Bakamla, kapal patroli 110m produksi PT Palindo

KRI I Gusti Ngurah Rai 332

PKR 10514 class, Kapal frigat produksi bersama PT PAL indonesia - Indonesia Teknologi

KN 321 Pulau Nipah

KN Pulau Nipah 321 Bakamla, kapal 80 m produksi PT Citra Shipyard, Batam

KRI Bung Karno 369

KRI Bung Karno 369 produksi PT Karimun Anugrah Sejati

KCR 60 KRI Tombak 629

Kapal Cepat Rudal-60 produksi PT. PAL, Indonesia. Merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

BC 60002

Kapal Patroli Bea dan Cukai produksi PT Dumas Tanjung Perak Shipyards. - Indonesia Teknologi

FPB 57 KRI Layang

Kapal patroli cepat berpeluru kendali atau torpedo 57 m rancangan Lurssen, Jerman produksi PT PAL, Surabaya - Indonesia Teknologi

KCR 40 KRI Clurit

Kapal Cepat Rudal-40 produksi PT. Palindo Marine, Batam. Senilai kurang lebih 75 Milyar Rupiah, merupakan kapal pemukul reaksi cepat produksi Indonesia. - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Torani 860

Kapal patroli 40 m produksi beberapa galangan kapal di Indonesia, telah diproduksi diatas 10 unit - Indonesia Teknologi

PC 40 KRI Tarihu

Kapal patroli 40 m berbahan plastik fiberglass produksi Fasharkan TNI AL Mentigi Tanjung Uban, Riau - Indonesia Teknologi

KRI Klewang

Merupakan Kapal Pertama Trimaran, produksi PT Lundin - Indonesia Teknologi

Hovercraft Kartika

Hovercraft utility karya anak bangsa hasil kerjasama PT. Kabindo dengan TNI-AD dengan kecepatan maksimum 40 knot dan mampu mengangkut hingga 20 ton - Indonesia Teknologi

Hovercraft Indonesia

Hovercraft Lumba-lumba dengan kecepatan maksimum 33 knot dan mampu mengangkut 20 pasukan tempur produksi PT Hoverindo - Indonesia Teknologi

X18 Tank Boat Antasena

Tank Boat Antasena produk kerjasama PT Lundin dengan Pindad - Indonesia Teknologi

Sentry Gun UGCV

Kendaraan khusus tanpa awak dengan sistem robotik yang dirancang PT Ansa Solusitama Indonesia - Indonesia Teknologi

MT Harimau 105mm

Medium tank dengan kanon 105 mm produksi PT Pindad - Indonesia Teknologi

Badak FSV 90mm

Kendaraan tempur dengan kanon 90 mm cockeril produksi PT Pindad - Indonesia Teknologi

Panser Anoa APC

Kendaraan angkut militer produksi PT Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Tank SBS Pindad

Kendaraan militer prototype Pindad - Indonesia Teknologi

APC PAL AFV

Kendaraan angkut pasukan amfibi hasil modifikasi dari BTR-50 PM produksi PT PAL, Surabaya sehingga meninggkatkan keamanan dan daya jelajahnya - Indonesia Teknologi

MLRS Rhan 122B

Kendaraan militer multilaras sistem roket Rhan 122B produksi PT Delima Jaya - Indonesia Teknologi

PT44 Maesa

Kendaraan angkut militer produksi Indonesia - Indonesia Teknologi

MCCV

Mobile Command Control Vehicle (MCCV) kerjasama dengan PT PT Bhinneka Dwi Persada - Indonesia Teknologi

Ganilla 2.0

Kendaraan khusus dapur lapangan produksi PT Merpati Wahana Raya - Indonesia Teknologi

Komodo 4x4

Kendaraan militer taktis produksi Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Maung 4x4

Kendaraan taktis produksi Pindad, Bandung - Indonesia Teknologi

Turangga APC 4x4

Kendaraan militer taktis produksi PT Tugas Anda dengan chassis kendaraan Ford 550 - Indonesia Teknologi

GARDA 4x4

Kendaraan militer taktis hasil karya anak bangsa - Indonesia Teknologi

ILSV

Kendaraan taktis Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) produksi PT Jala Berikat Nusantara Perkasa - Indonesia Teknologi

P1 Pakci

Kendaraan taktis angkut pasukan P1 Pakci produksi PT Surya Sentra Ekajaya (SSE), berbodi monokok dengan mesin diesel 3000 cc milik Toyota Land Cruiser - Indonesia Teknologi

P2 APC Cougar

Kendaraan taktis angkut pasukan produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) dengan mesin diesel turbo bertenaga 145 hp - Indonesia Teknologi

P3 APC Ransus Cheetah

Kendaraan khusus produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) - Indonesia Teknologi

P6 ATAV

Kendaraan khusus produksi PT. Surya Sentra Ekajaya (SSE) - Indonesia Teknologi

DMV30T

Kendaraan taktis Dirgantara Military Vehicle (DMV-30T) menggunakan mesin diesel 3000 cc Ford Ranger produksi PT DI, Bandung - Indonesia Teknologi

Mobil Hybrid LIPI

Prototipe mobil tenaga hybrid produksi LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Listrik MARLIP (Marmut LIPI)

Prototipe mobil Listrik karya LIPI - Indonesia Teknologi

Mobil Nasional Esemka Digdaya

Mobil hasil karya anak SMK Solo dengan rancangan dari China - Indonesia Teknologi

Teknik Sosrobahu

Struktur pondasi jalan layang yang dapat digerakan 90° sehingga tidak memakan banyak tempat dan merupakan desain anak bangsa - Indonesia Teknologi

Minggu, 30 Juni 2024

Sesditjen Pothan Kemhan Kunjungi Dassault Aviation

Progres Review Meeting Ke-4 Offset Pengadaan Pesawat Tempur Rafale (Dittekindhan)

Sesditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Heri Pribadi didampingi Dir Tekindhan Ditjen Pothan Kemhan, Marsma TNI Dedy Laksmono, S.E., S.T., M.M. beserta dua staf Dit Tekindhan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Progres Review Meeting (PRM) Ke-4 Offset Pengadaan Pesawat Tempur Rafale pada tanggal 25 s.d . 28 Juni 2024 di Fasilitas Dassault Aviation, Saint Cloud, Perancis.

Kegiatan PRM ini adalah review terkait perkembangan dari setiap kegiatan offset pengadaan Pesawat Tempur Rafale yang dilaksanakan oleh pihak Dassault Aviation, Safran Aircraft Engines dan Thales DMS France.

Selain pembahasan perkembangan dari setiap kegiatan Offset juga membahas hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dari pelaksanaan program offset Pengadaan Pesawat Rafale tersebut.

Selain kegiatan PRM delegasi Ditjen Pothan Kemhan juga berkesempatan mengunjungi fasilitas Dassault Aviation di Mérignac, fasilitas Safran Aircraft Engines di Villaroche dan Thales DMS France di Elancourt.

 
Dittekindhan  

Sabtu, 29 Juni 2024

PTDI Targetkan N219 Amphibi Terbang Perdana Pada 2026

✈ Meraih sertifikasi dari Kementerian Perhubungan RI pada 2027 Pesawat N219 Amphibi buatan PT Dirgantara Indonesia itu bisa menunjang konektivitas antarpulau Indonesia yang notabene 60% wilayahnya merupakan perairan. (PTDI)

Keberadaan Indonesia sebagai negara kepulauan membuat Indonesia membutuhkan inovasi lebih dalam di bidang transportasi, khususnya untuk daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh transportasi darat.

Indonesia sebagai negara poros maritim dunia dengan 60 persen wilayahnya adalah perairan tentunya memiliki potensi besar untuk mengembangkan konsep wisata perairan menggunakan pesawat amfibi.

Dalam implementasinya, moda transportasi alternatif ini dipercaya mampu mengakomodir kebutuhan konektivitas di lokasi destinasi wisata prioritas dan dapat menjadi angkutan logistik pendukung ekonomi kerakyatan di wilayah sekitar.

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) saat ini sedang menapaki babak baru untuk menjawab kebutuhan pesawat amfibi di Tanah Air.

Dengan melakukan pengembangan pesawat N219 menjadi varian Amphibi (N219A), yang akan dilengkapi dengan komponen floater (pengapung) dari bahan komposit sebagai pengganti roda untuk pendaratan di perairan terbuka.

Pengembangan pesawat N219 Amphibi juga merupakan salah satu upaya PTDI dalam menciptakan dampak pertumbuhan/spin over terhadap ekosistem industri dalam negeri, termasuk industri di daerah.

Salah satunya dalam hal pengembangan produksi floater di dalam negeri berikut pengoperasiannya, serta kegiatan pemeliharaan pesawat/maintenance.

Adapun program pengembangan pesawat N219 Amphibi merupakan bagian dari inisiatif utama Kementerian PPN RI/Bappenas dan menjadi salah satu flagship Transformasi Ekonomi Indonesia melalui strategi pembangunan industri dalam negeri.

Dengan dukungan dari Kementerian PPN RI/Bappenas, program pengembangan N219 Amphibi juga didorong untuk menjadi simbol pembangunan kemandirian industri pertahanan yang sejalan dengan prioritas nasional bidang pertahanan dalam RPJMN 2020-2024.

Dalam pengembangannya, pesawat N219 versi dasar ditingkatkan performanya, untuk Maximum Take Off Weight (MTOW) dari yang sebelumnya 6.700 kg akan ditingkatkan menjadi 7.030 kg.

Sementara, untuk payload dari yang sebelumnya 1.550 kg menjadi 1.900 kg, di mana penambahan floater dengan berat 600 kg kemudian akan menyisakan kekuatan pesawat untuk mengangkut beban hingga 1.300 kg atau setara dengan beban 17 penumpang.

Dalam pengembangan floater berbahan komposit, PTDI bekerja sama dengan AEROCET dan MOMENTUM, perusahaan pembuat pesawat amphibi berbasis di Amerika Serikat.

Pesawat N219 Amphibi dirancang untuk mencapai kemampuan kecepatan hingga 296 km/jam pada ketinggian operasional 10.000 kaki dan kemampuan jarak tempuh hingga 231 km, serta perhitungan take off pada jarak 1.400 m di perairan dan landing pada jarak 760 m.

Berdasarkan spesifikasi kemampuan tersebut, pesawat N219 Amphibi sangat cocok melayani kebutuhan wilayah kepulauan yang hanya sekedar membutuhkan water-based port.

Terutama untuk mendukung operasi militer di wilayah terpencil dan perbatasan yang merupakan wilayah strategis untuk menjaga kedaulatan negara.

Selain menargetkan Pemerintah Daerah dan Perusahaan swasta untuk melayani layanan mobilitas wilayah kepulauan, Kementerian Pertahanan RI juga membutuhkan pesawat jenis ini untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Pesawat N219 Amphibi dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor, utamanya di sektor pariwisata, layanan perjalanan dinas pemerintahan, oil & gas company, layanan kesehatan masyarakat, SAR & penanggulangan bencana dan pengawasan wilayah maritim.

Pesawat N219 Amphibi ditargetkan melakukan terbang perdana di tahun 2026 dan mendapatkan sertifikasi dari Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan RI di tahun 2027.

Pesawat ditargetkan mendapatkan sertifikasi standar internasional dari Federal Aviation Administration (FAA) juga di tahun 2026. Sehingga nantinya pesawat N219 Amphibi tersebut juga dapat dikomersialisasikan secara global.-RBS-

  Airspace Review  

Jumat, 28 Juni 2024

Naval Group Kunjungi PAL Indonesia

 Matangkan Persiapan Pembangunan Kapal Selam Scorpene Evolve 
https://scontent.fcgk29-1.fna.fbcdn.net/v/t39.30808-6/449409619_810697961164350_7908280121783918984_n.jpg?_nc_cat=107&ccb=1-7&_nc_sid=127cfc&_nc_ohc=hYm0vG7Z0j8Q7kNvgFe56M_&_nc_ht=scontent.fcgk29-1.fna&gid=ArU9IP44_NGaUA3Hzpp0mNA&oh=00_AYBinwfn6xMIDwcA657kBl0ykik5tk9uW6wiLPRH3jNK8A&oe=668480C1Kunjungan Eksekutif Naval Group Perancis (PAL Indonesia)

T
unjukkan sinergi positif, kolaborasi PT PAL Indonesia dan Naval Group Perancis dalam pembangunan kapal selam Scorpene dalam kunjungannya.

Executive Vice President (EVP) Sales and Marketing Marie Laure Bourgeois, EVP Submarine Laurent Espinasse, VP Sales Director for Indonesia Nicolas de la Villemarqué, dan Country Director for Indonesian Thierry Bouyer.

Disambut hangat oleh CEO PT PAL Kaharudin Djenod secara daring, dan secara luring oleh CMO PT PAL Wilgo Zainar, COO PT PAL Iqbal Fikri, SEVP(S) dan jajaran General Manager.

Kunjungan ini mencakup diskusi mengenai persiapan pra produksi, peninjauan galangan kapal serta pembahasan inisiasi lanjutan untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin.

Terlebih diharapkan mampu memperkuat kolaborasi antara PT PAL dan Naval Group untuk lebih mematangkan aspek-aspek penting menuju proses produksi kapal selam Scorpene Evolve Lithium Ion Battery pertama di Indonesia.

  ★ PAL Indonesia  

Kamis, 27 Juni 2024

TNI AL Bangun 2 Kapal Survei Hidros dengan Sensor Modern dari Jerman

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1e1fy_j6qD7RtOuqZROxGsu838-X3V0f4vwiQVPbZM3YlLbXMz-JSHlvtCseZJkS202lPQA_1T6EbFXUtzhFt7plWngWOAtHw4CwfXMtDm9Qicn-NYH2VpluuC_3re7RDGcDIb1_DKYUHixl1jZ9wQF17Z0a6wI0U16Q2xtvCgLUksnlt6amK_r1-BEk/s1680/Desain%20Kapal%20Bantu%20Hydro%20Oceanography%20(BHO)%20105%20M%20di%20PT%20Palindo%20Marine_95367412899.pngDesain Kapal Bantu Hydro Oceanography (BHO) 105 M di PT Palindo Marine (ist)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengungkapkan TNI AL membangun dua unit tambahan kapal survei untuk Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) untuk mengoptimalkan tugas pemetaan laut.

Untuk Pushidrosal dalam postur ke kuatan TNI AL ke depan, sekarang ini kita sedang membangun kapal hidros (untuk) survei yang dibangun di dalam dan luar negeri,” ungkap Ali usai pembukaan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Hidrografi 2024, Jakarta, Selasa (25/6).

Ali menjelaskan pembangunan dua kapal survei hidros tersebut sebagian besar dibangun di dalam negeri, yakni di PT Palindo Marine, Batam, untuk bagian badan atau platform. Sedangkan peralatan sensor kapal diimpor dari luar negeri, yaitu Jerman.

Untuk badan kapalnya itu kita bangun sendiri di dalam negeri, tetapi peralatannya mungkin kita datangkan dari luar negeri, peralatan-peralatan sensor yang cukup modern dan sophisticated itu memang kita masih impor dari luar,” jelasnya.

  Target pembangunan rampung antara 2025-2026 
Di tempat yang sama, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya Budi Purwanto mengatakan pembangunan dua unit kapal survei baru untuk Pushidrosal itu ditargetkan rampung pada akhir 2025 atau sekitar awal 2026 mendatang. Ia mengaku, saat ini progres pembangunan platform kapal di Batam cukup cepat.

Akhir 2025 atau awal 2026, nggak jauh (waktu penyelesaian pembangunan kapal), ini karena progresnya sudah cukup berkembang pesat di Batam,” kata Budi.

Nantinya, dua kapal survei hidros baru tersebut memiliki panjang sekitar 105 meter dan digadang-gadang menjadi yang tercanggih, melampaui KRI Spica-934, KRI Rigel-933, dan KRI Dewa Kembar-932. Hal ini dikarenakan bakal dilengkapi sejumlah peralatan canggih dari Jerman.

Konsep pembangunan kapalnya (dua unit kapal survei baru) di PT Palindo Marine, Batam. Nantinya, pengisian peralatannya di Jerman. Itu akan jadi kapal canggih (Pushidrosal)” ujar Budi.

 KSAL Ingin Setiap Tahun Tambah Alutsista untuk Pushidrosal 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsjQlahyphenhyphenlXJ0B5VUyvcfhuO1J82fQHvQA1yDMIZqtq5Vnm7cX1PC8WUKpzbmLL_eYpt3nAJxA7qHUi1LxwDQJANHz5IzIumGtsZ7gqUO5nUI1zPuQ18FoDFIrYZtcxPQJeDkdQRFS9PDM3WsNdVusaqydJvFX2NxUUm2lBHS7ffxpdFvCzP37rZ_Uo5X6b/s750/935%20Pollux%202357.jpgKRI Pollux 935 produksi Karimun Batam (Ist)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali ingin meningkatkan tambahan unit kapal survei modern hingga peralatan sensor canggih setiap tahunnya untuk Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

Namun, Ali mengatakan hal itu mungkin akan bisa diupayakan apabila Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyetujui dukungan anggaran tambahan terhadap Pushidrosal di luar militer, yakni kepentingan sipil terkait riset dan survei untuk keselamatan navigasi.

Sementara tambahan 2 unit dulu (kapal survei baru). Mungkin nanti tiap tahunnya akan kita tingkatkan, tergantung dengan anggaran (persetujuan dari Bappenas)” kata Ali kepada awak media usai Rakornas Hidrografi 2024 di Jakarta, Selasa (25/6).

Ia mengakui anggaran untuk kepentingan survei Pushidrosal masih tergolong kecil. Selama ini, anggaran lembaga tersebut yang masuk dalam TNI AL hanya untuk kepentingan militer sedangkan khusus kepentingan sipil belum mendapatkan dukungan dari Bappenas.

Jadi, memang untuk anggaran riset ini masih kecil. Tadi juga sudah disampaikan oleh Menko Marves, negara maju itu pasti anggaran risetnya besar. Nantinya, lembaga Pushidrosal akan diperkuat dari keberadaan dan fungsinya serta perannya akan ditingkatkan,” ujar Ali.

Jika usulan tambahan anggaran ke Bappenas tersebut berhasil, Ali mengungkapkan selain ingin meningkatkan unit kapal survei, TNI AL juga bakal melakukan pengadaan sejumlah sensor portable yang dapat dibawa oleh kapal-kapal survei lama milik Pushidrosal.

Apabila (tambahan anggaran) berhasil, maka kita akan tambah atau kita akan melakukan pengadaan sensor-sensor portable yang sudah lebih maju dan modern, bisa dibawa oleh kapal-kapal lama. Harapannya begitu,” ungkapnya.

Adapun TNI AL sedang membangun dua unit tambahan kapal survei untuk optimalisasi kerja Pushidrosal sebagai satu-satunya lembaga hidrografi nasional. Ali memaparkan, untuk badan atau platform kapal dibangun di dalam negeri, yakni di PT Palindo, Batam, untuk bagian badan atau platform. Sedangkan peralatan sensor kapal diimpor dari luar negeri, yaitu Jerman.

Dua unit tambahan kapal survei yang digadang-gadang menjadi tercanggih di jajaran Pushidrosal itu ditargetkan rampung sekitar akhir 2025 atau awal 2026 mendatang. (at)

 Berikut video KRI Pollux 935 buatan lokal : 


 
👷 IDM  

Rabu, 26 Juni 2024

Tim Siber Cek Dugaan Peretasan Data Bais TNI

https://imgcdn.solopos.com/@space/2024/06/IMG_0719-1.jpgPostingan di BreachForum yang menyebut telah berhasil meretas sistem Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI. (Istimewa/X) 🖥

T
im Siber TNI sedang mengecek dugaan peretasan data Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

Dugaan peretasan itu diunggah akun X (Twitter), @FalconFeedsio, pada Senin (24/6/2024).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen R Nugraha Gumilar mengatakan, data-data Bais TNI sedang dicek oleh tim siber usai muncul unggahan tersebut.

Terkait akun Twitter Falcon Feed yang merilis bahwa data Bais TNI diretas, sampai saat ini masih dalam pengecekan yang mendalam oleh Tim Siber TNI,” kata Gumilar melalui pesan tertulis, Senin petang.

Unggahan FalconFeedsio itu disertai nama peretas, yakni MoonzHaxor.

Badan Intelijen Strategis (Indonesia Military Strategic Intelligence Agency) LEAKED!” tulis unggahan tersebut yang disertai foto.

Unggahan itu menyebut data Bais TNI diunggah oleh MoonzHaxor di BreachForums.

BreachForums merupakan darkweb atau situs gelap yang biasa digunakan para peretas (hacker) untuk jual beli data yang dicuri melalui peretasan atau program jahat lainnya.

MoonzHaxor, salah satu anggota terkemuka BreachForums telah mengunggah file dari Badan Intelijen Strategis. Kebocoran tersebut mencakup file sampel dengan data lengkap tersedia untuk dijual,” tulis unggahan itu.

  🖥 Kompas  

BSSN Jelaskan Kronologi Serangan Siber ke Pusat Data Nasional

https://statik.tempo.co/data/2022/02/19/id_1089400/1089400_720.jpgBadan Siber dan Sandi Negara. (BSSN)

J
uru bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra mengatakan gangguan yang terjadi pada Pusat Data Nasional berupa serangan siber dalam bentuk ransomware. Serangan itu disebut sudah mulai terjadi sejak 17 Juni lalu.

"BSSN menemukan adanya upaya penonaktifkan fitur keamanan Windows Defender yang terjadi mulai 17 Juni 2024 pukul 23.15 WIB sehingga memungkinkan aktivitas malicious dapat berjalan," kata Ariandi dalam keterangannya, Senin, 24 Juni 2024.

Ariandi menjelaskan ransomware itu bekerja dengan cara menonaktifkan Windows Defender (sistem keamananan) guna mengizinkan file berbahaya terpasang pada sistem. Selanjutnya, ransomware mulai masuk pada 17 Juni dan aktivitas mencurigakan mulai terdeteksi pada 20 Juni 2024 pukul 00.54.

Aktivitas mencurigakan itu di antaranya mengizinkan file malicious terpasang pada sistem, menghapus file penting, dan mematikan service yang sedang berjalan. File yang berkaitan dengan storage seperti VSS, Hyper V Volume, VirtualDisk dan Veaam vPower NFS mulai dinonaktifkan dan tidak bisa berjalan.

"Tepatnya Windows Defender berhasil dilumpulkan pada tanggal 20 Juni 2024 pukul 00.55 sehingga tidak bisa lagi beroperasi," kata Ariandi.

Sampai saat ini, menurut Ariandi, tim BSSN masih terus berupaya menginvestigasi secara menyeluruh pada bukti forensik walau dengan segala keterbatasan alat bukti yang didapat. Terbatasnya tim BSSN dalam mengidentifikasi alat bukti karena alat bukti yang terkunci oleh ransomware.

Meski begitu, Ariandi mengatakan BSSN telah berhasil menemukan sumber serangan ransomware dengan nama Brain Chipper Ransomware yang merupakan pengembangan dari ransomware lockbit 3.0. Untuk selanjutnya sampel ransomware akan dilakukan analisis lebih lanjut dengan melibatkan institusi kemananan siber lainnya.

Menurut Ariandi, BSSN akan menjadikan insiden yang sedang terjadi ini sebagai pelajaran penting ke depannya dan mengupayakan mitigasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di waktu yang akan datang.

Gangguan pada PDN telah menyebabkan sejumlah layanan pemerintahan terganggu. Salah satu yang terdampak cukup parah adalah keimigrasian.

Pada 20 Juni lalu, terjadi antrian panjang pada layanan keimigrasian di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Karena gangguan pada sistem, layanan keimigrasian terpaksa dilakukan secara manual sehingga membuat pelayanan lebih lambat.

Adapun saat ini, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim menyatakan layanan imigrasi terpantau berangsur pulih. Pihaknya memutuskan untuk memindahkan data center. Keputusan tersebut diambil setelah 12 jam sejak gangguan pada PDN.

Umumnya permasalahan teknis bisa terselesaikan dalam hitungan satu sampai tiga jam. Ketika sudah melebihi enam jam maka kami menyimpulkan bahwa ini pasti ada serangan lebih dari permasalahan teknis semata, misalnya masalah yang ditimbulkan oleh serangan siber," kata Silmy, Senin.

Silmy mengatakan tidak bisa menunggu PDN pulih karena imigrasi menyangkut banyak kepentingan publik. Pihaknya lebih memprioritaskan layanan bisa kembali normal agar masyarakat yang akan melintas dan masuk wilayah Indonesia dapat terlayani dengan baik.

  🖥 Tempo  

Pindad Lanjutkan Kerjasama dengan Nexter KNDS di Bidang MKB

♞ Tandatangani MoU di EurosatoryTandatangani MoU (Pindad) ★

PT
Pindad Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Nexter KNDS di bidang Munisi Kaliber Besar (MKB) Caesar 155 mm self propelled artillery system & 105 LG 105 mm towed artillery system pada Eurosatory 2024, sebuah ajang pameran pertahanan dan keamanan global yang diselenggarakan pada tanggal 17-21 Juni 2024 di Paris, Prancis.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dan VP Export Sales Nexter KNDS Prancis, Olivier Travert menandatangani Nota kesepahaman yang disaksikan oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Piek Budyakto, Katimlak KKIP Letjen TNI (Purn.) Yoedhi Swastanto, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita, Direktur Operasi PT Len Industri (Persero), jajaran Direksi Pindad beserta perwakilan Delegasi dari Nexter KNDS.

Adapun lingkup Kerjasama meliputi penyediaan komponen produk atau jasa, kualifikasi dan sertifikasi, produksi di Indonesia, serta penjualan dan layanan purna jual. PT Pindad juga saat ini sudah memiliki Divisi MRO (Maintenance, Repair, Overhaul) untuk meningkatkan performa layanan purna jual yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pindad dan Nexter KNDS telah lama memiliki hubungan kerja sama yang baik, diantaranya saat melakukan kerja sama pada kendaraan taktis (rantis) Komodo 4x4 berbagai tipe dan Caesar 155 mm Howitzer.

KNDS adalah perusahaan induk industri pertahanan Eropa yang merupakan hasil merger antara the German Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dan Nexter Defense Systems.

Munisi Kaliber Besar (MKB) Caesar 155 mm @ Eurosatory 2024 (Pindad)

PT Pindad bersama rombongan Delegasi juga melakukan kunjungan kerja ke beberapa mitra strategis industri pertahanan global yang berpartisipasi pada Eurosatory seperti Arquus, JCD, Nexter KNDS dan lain-lain. Arquus adalah perusahaan industri pertahanan Perancis yang bergerak di bidang sistem rantis dan telah mendukung produksi kendaraan PT Pindad dalam penyediaan power pack untuk APC Anoa 6x6 dan Badak 6x6.

Sedangkan John Cockerill Defence (JCD) merupakan perusahaan industri pertahanan Belgia yang telah menjadi mitra kerja sama teknologi PT Pindad dalam pengembangan produk senjata turret 90 mm pada Badak 6x6 dan turret 105 mm pada Harimau.

Pada kesempatan itu, Pindad juga membahas lebih lanjut kerja sama jangka panjang antara Pindad - JCD dalam mendukung senjata turret 105 mm medium tank Harimau, Transfer of Technology (ToT) dari JCD kepada Pindad termasuk rencana development versi light tank dari Harimau.

Pindad juga memperoleh paparan terkait simulator untuk meningkatkan kemampuan TNI dalam performa menembak melalui simulasi berbagai medan perang. JCD juga menginformasikan akuisisi terhadap Arquus yang merupakan manufaktur kendaraan tempur. Keduanya merupakan perusahaan yang telah memiliki kerja sama jangka panjang dengan Pindad. Dengan bergabungnya JCD dan Arquus diharapkan akan semakin mempererat hubungan kerja sama dengan Pindad.

 
Pindad  

Selasa, 25 Juni 2024

[Video] Drone Bayraktar Akinci akan Perkuat TNI AL

 ✈ Diposkan Kemhan RI Infografis drone UCAV Akinci (iNews)

Belum lama ini KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan rencana pengembangan dan pembangunan kekuatan TNI AL, di antaranya rencana pembelian drone Bayraktar Akinci dan Anka dari Turki.

Pengadaan pesawat tempur tanpa awak atau unmanned combat aerial vehicles (UCAVs) dari pabrikan Turki dimungkinkan, karena Baytar Technology dan Turkish Aerospace Industries, bersedia bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), melakukan transfer of technology.

Khusus tentang Bayraktar Akinci, memiliki kemampuan tinggi dengan daya tahan lama, dapat menyerang sasaran di darat dan udara, serta mampu melakukan manuver yang mirip jet tempur, dengan membawa berbagai muatan persenjataan.

 Berikut video dari Youtube : 


  🎥
Youtube  

Senin, 24 Juni 2024

SSE Showcasing Cutting-Edge Solutions

 @ Eurosatory 2024P6 SSE with Thales FZ275 Laser Guided Rocket @ Eurosatory 2024 (KERIS Reborn) ★

SSE
, a leading provider of innovative defense solutions, will be prominently featured at Eurosatory 2024. Visitors can find SSE’s booth at Hall 5B, Booth A282. Here, they’ll have the opportunity to explore cutting-edge technologies, engage with experts, and learn about SSE’s latest advancements in defense and security.

Eurosatory provides a unique platform for networking. Visitors can connect with SSE representatives, industry peers, and potential partners. Whether you’re a defense professional, researcher, or policymaker, the booth offers valuable interactions.

SSE actively seeks collaboration opportunities. If you’re interested in joint ventures, research partnerships, or technology transfer, don’t miss the chance to engage with SSE’s team.

Eurosatory, the global event for Defense and Security (D&S), is set to take place from June 17th to June 21st, 2024, at the Paris Nord Villepinte exhibition center in France1. This biennial exhibition serves as a key interface for professionals working in the D&S sector, including businesses, governments, military staff, institutions, and private bodies.

 
SSE  

Minggu, 23 Juni 2024

Purwarupa Kereta Cepat Merah Putih Dikirim ke Banyuwangi

https://redigest.web.id/wp-content/uploads/2024/06/IMG-20240622-WA0024-1536x1152.jpgMock up Kereta Cepat Merah Putih yang dipamerkan (Rizki Fajar Novanto)

L
ama tak terdengar kabarnya, purwarupa Kereta Cepat Merah Putih dikirim ke pabrik INKA Banyuwangi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tim REDaksi dari media sosial, pengiriman dilakukan pada Jumat (21/6) malam.

Pengiriman purwarupa Kereta Cepat dilakukan melalui jalur darat menggunakan truk dari pabrik INKA Madiun ke pabrik INKA Banyuwangi. Sebanyak 2 truk trailer digunakan untuk mengangkut purwarupa ini.

Di mana 1 truk digunakan untuk mengangkut bodi purwarupa Kereta Cepat Merah Putih dan 1 unit truk lainnya digunakan untuk mengangkut komponen dan bogie kereta.

https://redigest.web.id/wp-content/uploads/2024/06/FB_IMG_1719033593121.jpgBodi purwarupa kereta cepat Merah Putih yang diangkut menggunakan jalur darat dari pabrik INKA Madiun ke pabrik INKA Banyuwangi (Rizki Fajar Novanto)

Truk pengangkut mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian. Rombongan truk ini melewati Tol Trans Jawa yang kemudian dilanjut lewat Jl. Raya Pantura Situbondo.

Kereta Cepat Merah Putih atau sebelumnya Kereta Cepat Indonesia merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh LPDP, ITS, BPPT, INKA, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Kereta cepat ini dirancang dapat melaju hingga kecepatan 280 km/jam hingga 300 km/jam dengan kecepatan operasional 250 km/jam.

Meski sebelumnya direncanakan hybrid, namun dalam perjalanannya kereta cepat ini akan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik. Rencananya rangkaian Kereta Cepat Merah Putih akan dioperasikan di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Surabaya via Pantura.
(RED/BTS)

  🚆 Redigest  

Sabtu, 22 Juni 2024

TNI AD Mengaku Siapkan Pasukan dan Alutsista untuk ke Gaza

KRI RJW 992 disiapkan ke Gaza (PAL) 🛡

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi menyatakan, pihaknya siap menyesuaikan kebutuhan Mabes TNI dalam misi perdamaian di Jalur Gaza, Palestina jika terlaksana nanti.

"Mabes akan meminta dari setiap mabes angkatan, apa yang dikirimkan. Di situlah kami akan menyesuaikan apa yang dibutuhkan," kata Kristomei saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

"Intinya pemerintah menyatakan siap membantu. Maka, kami pastikan kami siap, tinggal tunggu perintah dari Mabes TNI," kata Kristomei.

Sejumlah kesiapan itu meliputi beberapa kebutuhan di Gaza, seperti pasukan untuk perbantuan medis, pemugaran infrastruktur, dan pengamanan.

Penyiapan alat utama sistem senjata (alutsista) juga diklaim masuk dalam daftar persiapan guna memenuhi kebutuhan misi perdamaian ke Gaza.

Namun, jumlah pasti alutsista maupun pasukan masih menunggu arahan yang lebih detail.

Sebelumnya diberitakan, TNI mengaku tengah menyiapkan dua skema operasi kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina, jika mendapat izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Skema pertama, para prajurit TNI akan membangun rumah sakit lapangan di lokasi.

Dalam hal ini, TNI menyiapkan dua kapal rumah sakit, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI dr Soeharso-990, beserta perlengkapannya.

Dua kapal RS untuk merawat pasien di tempat,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen R Nugraha Gumilar melalui pesan tertulis, Minggu (9/6/2024).

Di sisi lain, TNI juga menyiapkan dua rumah sakit di Indonesia, Rumah Sakit Pusat TNI AD (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Pangsar Soedirman Kementerian Pertahanan, apabila ada pasien yang dibawa ke Indonesia.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sebelumnya menyebut, ada sekitar 1.000 korban terdampak konflik di Gaza yang akan dibawa ke RS di Indonesia.

Gumilar mengatakan, sekitar 1.000 pasien itu bisa dibawa ke Indonesia menggunakan salah satu dari dua kapal RS atau pesawat TNI AU.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga telah menyampaikan kesiapan pasukannya untuk ditempatkan sebagai pasukan perdamaian dunia di Jalur Gaza jika mendapat izin dari PBB.

Hal ini disampaikan Agus saat menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Agus mengatakan akan menyiapkan Brigade Komposit yang terdiri dari Batalyon Support, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni, dan Batalyon Perbekalan.

  🛡 Kompas  

Jumat, 21 Juni 2024

PT SSE Tantatangani MoU dengan Texelis Perancis

 Kerjasama pengembangan kendaraan 4×4, 6×6 dan 8×8. Penandatanganan MoU antara Texelis dan PT SSE di booth Texelis Eurosatory​ (Defense Arabia)

P
ada hari pertama Eurosatory 2024, Texelis dan PT Sentra Surya Ekajaya (PT SSE) menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) untuk melakukan kerjasama pengembangan kendaraan 4×4, 6×6 dan 8×8.

Berdasarkan MOU tersebut, Texelis akan mendukung upaya PT SSE untuk mengembangkan kendaraan 4×4 mereka, mengembangkan, memenuhi syarat dan memproduksi kendaraan 6×6 yang baru, serta berupaya menciptakan solusi mobilitas baru untuk kendaraan 8×8, baik untuk pasar Indonesia dan untuk ekspor.

Sebagaimana dinyatakan dalam MOU, SSE dan Texelis berkeinginan untuk menjajaki peluang pengembangan, pemasaran, penjualan, dan produksi untuk berkolaborasi dalam desain solusi mobilitas 4×4, 6×6, dan 8×8. Kolaborasi bersama tersebut akan memanfaatkan keahlian SSE pada kendaraan lapis baja dan pasar Indonesia serta solusi mobilitas Texelis 4×4, 6×6 dan 8×8 untuk kendaraan militer dan tujuan khusus serta keahlian di pasar Eropa khususnya Perancis, jika memungkinkan.

CELERIS 6×6, kini tersedia bagi OEM yang mencari basis berkinerja tinggi, berkualitas, dan tersedia untuk pengembangan kendaraan baru. (Defense Arabia)

Pada tahun 2023, Texelis memperkenalkan Celeris, tawaran mobilitasnya untuk mobilitas turnkey. Segera setelah peluncuran tersebut, Texelis dan PT SSE mengumumkan perjanjian kemitraan baru untuk mengembangkan kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) untuk TNI berbasis Celeris, dengan prototipe pertama yang akan dipresentasikan pada akhir tahun 2024, yang merupakan bukti keberhasilan Kesiapan Celeris serta kemauan kedua perusahaan untuk melanjutkan program-program penting tersebut.

PT SSE, yang sudah menjadi klien terhormat CELERIS 4×4, memutuskan untuk menggunakan kerangka serupa untuk membangun platform 6×6 yang lebih berat.

Pada Eurosatory 2024, Texelis mengumumkan peluncuran solusi CELERIS 6×6, yang bertujuan untuk menjawab permintaan kliennya, dimulai dengan PT SSE. Solusi tersebut bertujuan untuk mengembangkan kendaraan dengan bobot antara 18 hingga 24 ton, sehingga memungkinkan beragam desain dan arsitektur kendaraan. Solusi 6×6 ini mempertahankan filosofi CELERIS yaitu dukungan penuh mulai dari desain kendaraan hingga pengujian dan kualifikasi, serta memanfaatkan perlengkapan mobilitas yang telah terbukti, tersedia dalam waktu yang sangat singkat.

Celeris adalah tentang tumbuh bersama. Berdasarkan MOU baru tersebut, PT SSE akan mendapatkan manfaat dari solusi mobilitas canggih Texelis, sementara Texelis akan memiliki peluang untuk memperlengkapi pasukan di Indonesia dan mengembangkan opsi spesifik baru untuk solusi mereka. PT SSE memahami nilai CELERIS sebagai pendorong bagi rangkaian kendaraan baru mereka, sehingga memberikan nilai lebih bagi pelanggan mereka.

Griffon Armored Vehicles (Defense Aerospace)

Texelis akan mendapat kesempatan untuk mengikuti program-program besar yang ditujukan untuk TNI Angkatan Darat, serta pasar lainnya.

MOU tersebut merupakan langkah lain dalam hubungan istimewa antara Texelis dan PT SSE yang saat ini semakin berkembang demi kepentingan pelanggan dan pengguna akhir mereka.

Memang benar, kemitraan tersebut menggabungkan kekuatan dua perusahaan besar dengan bidang keahlian dan pasar masing-masing.

Hal ini juga memperkuat Texelis sebagai pemasok utama solusi mobilitas penuh untuk Pertahanan.

  Defense Arabia  

Kamis, 20 Juni 2024

PT PAL Indonesia Tawarkan Kapal Rumah Sakit, Kapal Riset dan Produk Rekayasa Engineering di Pameran Philmarine 2024

https://www.pal.co.id/wp-content/uploads/2024/06/WhatsApp-Image-2024-06-19-at-16.28.31-1024x768.jpeg(PAL Indonesia)

PT PAL
Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran Philippines Marine (Philmarine) 2024, yang diadakan mulai tanggal 19 hingga 21 Juni 2024 di SMX Convention Center Manila, Filipina. Keikutsertaan ini merupakan bagian dari upaya PT PAL Indonesia untuk terus memperkuat dan memperluas jangkauan produk di pasar internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Kepercayaan yang diberikan kepada PT PAL untuk kembali menyediakan kapal Landing Dock kepada Angkatan Laut Filipina merupakan perhatian khusus dari pemerintah Filipina. Dalam acara kali ini, PT PAL juga dipercaya untuk menampilkan sisi lain kapabilitasnya, yaitu di bidang General Engineering, Elektrifikasi, dan MRO. PT PAL siap mendukung pertahanan hingga independensi pemanfaatan energi terbarukan pemerintah Filipina,” terang Kaharuddin Djenod, CEO PT PAL Indonesia.

Pada pameran ini, PT PAL Indonesia menampilkan beberapa miniatur produk unggulan, salah satu diantaranya adalah Kapal Rumah Sakit. Kapal ini merupakan salah satu produk unggulan PT PAL Indonesia yang dirancang untuk mendukung operasi kemanusiaan dan kesehatan di wilayah maritim serta menjadi simbol eksistensi perdamaian di dunia maritim. Keandalan kapal rumah sakit buatan PT PAL dalam menjalankan berbagai misi telah menarik perhatian dunia, termasuk Filipina.

Antusiasme pemerintah Filipina ditunjukkan melalui Request for Information (RFI) dari Angkatan Laut Filipina terkait kapal Rumah Sakit kepada PT PAL Indonesia. Kebutuhan ini ditanggapi dengan serius oleh PT PAL Indonesia melalui pertemuan lanjutan yang akan dilaksanakan selama pameran Philmarine 2024.

Selain itu, PT PAL Indonesia yang juga memiliki pengalaman membangun kapal riset turut menawarkan Kapal Riset untuk NAMRIA (National Mapping and Resource Information Authority). Diskusi terkait proyek Kapal Riset dengan pihak NAMRIA dan Land and Sea Tech diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan strategis, dan memperkuat kerja sama dalam pengembangan kapal riset yang dibutuhkan oleh NAMRIA.

Pada acara pembukaan hari ini, dilaksanakan agenda presentasi bersama National Power Corporation (NAPOCOR) yang akan menampilkan pembangkit listrik terapung (BMPP) besutan PT PAL Indonesia. Pada kesempatan tersebut, PT PAL Indonesia akan mempresentasikan kapabilitasnya dalam bidang manufaktur Balance of Plant (BOP) untuk proyek Barge Mounted Power Plant (BMPP).

Kelincahan PT PAL dalam melihat peluang pasar global kini kian meningkat. Hal ini selaras dengan tercapainya keberhasilan manajemen dalam melakukan transformasi di sektor keuangan. Sehingga dapat semakin mengukuhkan langkah bisnis ditingkat global, khususnya dalam bentuk dukungan perbankan nasional. “PT PAL Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan inovasi terbaik dalam industri maritim dan berkontribusi pada pengembangan sektor maritim di kawasan Asia Tenggara,” tutupnya.

  ★ PAL Indonesia  

Rabu, 19 Juni 2024

Perusahaan Nuklir RI (INUKI) Sudah Tak Beroperasi Sejak April 2023

https://akcdn.detik.net.id/visual/2020/02/12/9bad7167-c007-47fd-abd2-24356a0e5bb7_169.jpeg?w=715&q=90(Dok PT INUKI)

S
atu-satunya perusahaan nuklir milik pemerintah PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau INUKI ternyata sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 2023 lalu. Direktur Utama Biofarma Shadiq Akasya mengungkapkan, Inuki telah dicabut izin operasional sejak April 2023.

"Inuki telah dicabut izin operasional sejak April 2023 sehingga tidak lagi melakukan aktivitas operasional," ujarnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI Jakarta, Rabu (19/6).

Hingga kuartal I tahun 2023 Inuki mengalami kerugian sebesar Rp 10 miliar. Meskipun kerugian menurun dari periode yang sama tahun 2022 yang sebesar Rp 25 miliar, namun belum mencatat kinerja yang positif.

"Hanya terjadi sampai dengan kuartal 1 tahun 2023. Pada tiga kuartal setelahnya Inuki tidak lagi melakukan aktivitas operasional," sebutnya.

"Pendapatan Inuki sebesar Rp 3,9 miliar, mayoritas berasal dari pendapatan jasa teknik," lanjutnya.

Sebagai informasi, PT INUKI terbentuk dari perusahaan kelolaan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bernama PT Batan Teknologi. Namun, perusahaan berganti nama menjadi INUKI pada 2014.

Perusahaan ini mengembangkan usaha di bidang produksi radioisotop dan radiofarmaka untuk keperluan medis dan industri. Kemudian, INUKI masuk ke dalam holding BUMN farmasi pada pertengahan tahun yang lalu.

Masalah muncul ketika ada permasalahan pada lahan pabrik nuklir milik INUKI. Sejak 2015 saat INUKI berdiri sendiri tanpa ada Batan di belakangnya, pabrik pengolahan nuklir INUKI menempati lahan Batan. INUKI cuma memiliki fasilitas pabriknya saja, namun lahan pabrik milik Batan. (fsd/fsd)

  ⚛ CNBC  

Selasa, 18 Juni 2024

[Video] Rusia Mau Transfer Teknologi Nuklir ke ASEAN, Indonesia Siap Jajaki

 Liputan Kompas 

P
emerintah menjajaki kerja sama pengembangan energi nuklir dengan Rusia. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Potensi kerja sama itu dijajaki langsung dengan perusahaan negara Rusia yang bergerak di bidang nuklir, JSC Rosatom. Rencananya, nuklir bakal dimanfaatkan untuk energi ketenagalistrikan dan untuk keperluan non energi, seperti kesehatan dan pertanian.

 Berikut video dari Youtube : 


  🎥 Youtube  

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More