blog-indonesia.com

Rabu, 02 November 2016

PT Pindad Kembangkan Pertahanan Siber

Ilustrasi

PT Pindad membentuk anak perusahaan PT Pindad Advance System untuk membangun pertahanan dan keamanan siber, karena ke depan setiap peralatan tempur yang diproduksi Pindad akan dilengkapi dengan teknologi siber (cyber).

"Sebagai industri keamanan strategis, Pindad harus mulai membangun industri pertahanan yang berbasis digital," kata Deputi Direktur Utama PT Pindad, Achyarmansyah Lubis, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Untuk membangun pertahanan dan keamanan siber itu, PT Pindad melibatkan berbagai sektor, akademisi, perangkat negara, komunitas siber dan industri teknologi siber.

Ia menjelaskan, riset teknologi menjadi bagian penting untuk segera melakukan transfer teknologi dalam lima tahun ke depan karena untuk menjaga kerahasiaan informasi, maka pertahanan siber harus diawasi sepenuhnya oleh tenaga ahli Indonesia.

"Kerahasiaan dan keamanan adalah kemenangan," ucapnya, menegaskan.

Ia menilai, perang masa mendatang tidak hanya perang konvensional, tetapi juga perang propaganda melalui media internet dan serangan siber.

Oleh karena itu, Indonesia harus mempunyai kekuatan untuk menangkal serangan siber yang mengancam ketahanan bangsa salah satunya dengan membentuk badan yang mengkoordinasikan keamanan siber.

Menurut dia, ancaman serangan siber sudah serius, terbukti berdasarkan data Indonesia Security Incident Response Team on Internet Instrastrukture (IDSIRTII) terdapat 48,8 juta serangan siber sepanjang tahun 2015.

Pembentukan anak usaha PT Pindad itu juga disambut baik Dr Munawar Ahmad, dosen tehnik informatika ITB, karena ke depan semua senjata perang akan dilengkapi kemampuan siber, antara lain pengendalian jarak jauh, lebih akurat, mampu mengatasi medan lebih baik, dan mampu mengendalikan senjata lawan.

"Industri pertahanan Indonesia harus memulai penguasaan teknology siber," katanya.

  Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More