blog-indonesia.com

Selasa, 18 Agustus 2015

★ Mobil Formula ITS Rp 150 Juta Ini Bakal Berlaga di Jepang

http://cdn.tmpo.co/data/2012/11/24/id_152679/152679_620.jpgKendaraan hemat energi milik tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melintas di sirkuit ketika mengikuti kategori 'Prototype Electric' dalam ajang Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012, di Sirkuit Kenjeran Surabaya, Jatim, Sabtu (24/11). ANTARA/M Risyal Hidayat

Manager Umum Tim Sapu Angin Speed (SAS), Rizaldy Hakim Ash-Shiddieqy mengatakan pembuatan mobil formula Sapu Angin Speed III (SAS III) telah menelan dana sekitar Rp 150 juta.

Pihaknya mentargetkan mobil itu masuk dalam 15 besar dan membawa pulang trofi lebih dari satu untuk Indonesia pada ajang Student Formula Japan (SFJ) yang diselenggarakan 1-5 September 2015 mendatang.

Kami optimis bisa mendapatkan lebih banyak gelar dibanding tahun lalu,” kata Rizaldy di Jalan Bukit Darmo Golf Surabaya, Minggu 16 Agustus 2015.

Rizaldy menjelaskan, setelah dua tahun tampil di acara Student Formula Japan 2013 dan 2014, timnya melakukan berbagai pengembangan pada mobil Sapu Angin Speed generasi ketiga ini. Mereka berjanji akan mengharumkan nama baik Indonesia di kompetisi mahasiswa paling bergengsi tingkat international ini. “Itu komitmen kami,” ujarnya.

Adapun biaya senilai Rp 150 juta itu, kata dia, timnya mendapatkan dana dari Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementeri Riset Teknologi (Kemenristek) dan beberapa sponsor lainnya. Biaya itu, mereka anggap masih kurang karena biaya transportasi dan akomodasi selama berada di Jepang tidak dihitung. “Ya kami harus kerja keras mencari sponsor, supaya target anggaran tercapai,” kata dia.

Sementara waktu yang dihabiskan untuk membuat SAS III itu hampir satu semester, atau sekitar 6 sampai 7 bulan. Waktu itu jika dihitung sejak awal memulai desain, evaluasi dan mengumpulkan semua berkas-berkas yang harus dibawa ke Jepang.

Berikut adalah spesifikasi Mobil Sapu Angin Speed III :

Name : Sapu Angin Speed (SAS) III
L/W/H : 2.8 / 1.4 / 1.3 meter
Engine : Husaberg FE 450cc (Single Cylinder)
Body : Fiberglass, Frame with Under Tray
Chassis : Space Frame AISI 1020 Tube
Steering : Rack and Pinion
Seat Belt : Sparco Harness 6 Point
Fuel Tank : 8 Litre
Wheel Base : 1.6 Meter
Track Width : 1.3 Meter
Rim Tyres : 13 Inch
Fuel System : Fuel Injection with Iquteche Fuel Adjuster
Brake : Front Nissin 2 piston, Rear Nissin 1 Piston
Transmission : Chain and Drive with Limited Slip Differential.(agk)




  ✈️ Tempo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More