blog-indonesia.com

Jumat, 02 Januari 2015

Dunia Takjub Indonesia Hanya Butuh 3 Hari Temukan Korban AirAsia

Tim SAR melakukan pengamatan udara untuk temukan jasad penumpang dan serpihan QZ8501 (Reuters)

Kecepatan tim SAR gabungan untuk menemukan serpihan dan korban pesawat AirAsia QZ8501 ternyata mendapatkan apresiasi besar dari beberapa pengamat penerbangan dunia. Mereka takjub, dan menyebut Indonesia ahli dalam bidang pencarian semacam ini.

Melansir Wall Street Journal, Rabu (31/12/2014), menurut beberapa pengamat, Indonesia dinilai memiliki kemampuan pencarian dan penyelamatan yang paling canggih di antara negara-negara Asia lainnya. Indonesia juga dinilai memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi situasi semacam ini.

"Indonesia memiliki banyak pengalaman dengan bencana. Satu hal yang sangat mereka kuasai dengan baik adalah saat menyelidiki kecelakaan," ucap manajer editor publikasi industri Asia FlightGlobal, Greg Waldron.

Waldron juga mengatakan, tim Penyidik Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan lembaga yang menyelidiki kecelakaan penerbangan di seluruh dunia. Salah satunya adalah Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.

Selain Waldron, Martin Consulting, sebuah perusahaan penasihat penerbangan independen turut memuji kecakapan Indonesia dalam melakukan pencarian pesawat nahas tersebut.

"Indonesia sebenarnya memiliki kendaraan laut tanpa awak yang dapat menavigasi meskipun cuaca di laut sangat berat. Jika pesawat tersebut jatuh, saya yakin Indonesia akan menelusurinya dengan cepat dan upaya penyelamatan bisa berlangsung sukses,” ungkap kepala Martin Consilting, Mark Martin.(esn)


  sindonews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More