blog-indonesia.com

Jumat, 08 Agustus 2014

Gara-gara Monyet Selfie, Dua Pihak Bersitegang

Pengambilan Foto di Indonesia Gara-gara Monyet Selfie, Dua Pihak BersitegangFoto monyet ini membuat David Slater dan Wikimedia bersitegang (Mirror)

GLOUCESTERSHIRE Sebuah foto seekor monyet selfie membuat Wikimedia dan seorang fotografer asal Gloucestershire bersitegang. Fotografer itu meminta Wikimedia untuk menghapus foto tersebut dari websitenya karena belum membayar royalti yang mendapat penolakan dari Wikimedia.

Melansir Mirror, sang fotografer, David Slater mengatakan, dia mengalami kerugian sekitar 10 ribu Pounds akibat Wikimedia. Situs berbagi informasi itu menyatakan Slater tidak memiliki hak cipta atas foto tersebut, karena foto yang diambil oleh sang monyet dan bukan oleh Slater.

“Mereka (Wikimedia) telah menolak permintaan saya agar mereka menarik foto tersebut dari situs mereka. Wikimedia menolak, karena menurut mereka foto itu diambil oleh seekor monyet, sehingga saya tidak memiliki hak cipta,” ucap Slater.

"Itu membuat saya sangat marah. Saya seorang fotografer profesional, ini mata pencaharian saya. Anda mengambil 20 ribu gambar untuk mencari gambar semacam ini, gambar yang bisa menjadi sumber pendapatan saya,” Slater menambahkan.

Walaupun demkian Slater masih tetap merasa bahagia, karena foto tersebut membawa senyuman kepada setiap orang yang melihatnya. Slater menyatakan, gambar tersebut diambil pada tahun 2011 lalu, saat dirinya sedang melakukan perjalanan ke Indonesia untuk memotret kehidupan monyet jambul hitam.(esn)

  sindo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More