blog-indonesia.com

Rabu, 09 Juli 2014

Alasan Dunia Sorot Pilpres Indonesia

http://pks-anz.org/wp-content/uploads/2014/05/capres2014.jpgCapres 2104

Dalam hitungan jam, Indonesia--sebagai salah satu negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia--akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan. Tak hanya di dalam negeri, pemilihan presiden 2014 ini juga menjadi sorotan di mata dunia.

Pemberitaan tentang pilpres 9 Juli 2014 yang tak luput dari perhatian sejumlah media asing menunjukkan pentingnya pilpres Indonesia. Berikut ini lima alasan kenapa pilpres Indonesia penting bagi dunia internasional, seperti dikutip dari The Guardian, Senin, 7 Juli 2014.

 1. Mega demokrasi 

Indonesia disebut sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, setelah India dan Amerika, dengan 187 juta pemilih, termasuk 67 juta pemilih muda. Hal penting lainnya adalah pilpres kali ini merupakan perpindahan kekuasaan yang pertama kalinya dari satu presiden terpilih secara demokratis ke presiden berikutnya.

 2. Ekonomi yang sehat 

Perekonomian Indonesia semakin penting di mata internasional. Setelah sempat lumpuh akibat krisis ekonomi pada tahun 1998, kini perekonomian Indonesia menjelma menjadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia tenggara. Tak hanya itu, setelah menjadi anggota kelompok G 20, Indonesia dianggap sebagai negara dengan performa ekonomi terbaik di dunia bersama kekuatan ekonomi baru lainnya, seperti Maroko, Turki, dan Nigeria.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat ini, diprediksi pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terkuat ketujuh di dunia. Meski demikian, sekitar 32 juta rakyat Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan. Potensi ekonomi yang baik ini terganjal dengan tingginya korupsi dan buruknya infrastruktur.

 3. Masyarakat yang dinamis 

Berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya–kudeta milter yang mengganggu stabilitas politik Thailand dan aturan satu partai di Malaysia dan Singapura, transisi demokrasi Indonesia telah dipuji kesuksesannya. Sejak berakhirnya 32 tahun kekuasaan Soeharto, Indonesia telah berubah dari pemerintahan terpusat menjadi demokrasi di segala bidang.

Memang, tak dapat dipungkiri, jual-beli suara dan politik uang masih mewarnai pemilu di Indonesia. Namun, secara keseluruhan, pemilu Indonesia telah dianggap berhasil dengan prinsip bebas dan adilnya. Kondisi yang juga didorong oleh kebebasan pers ini membuat masyarakat Indonesia tumbuh menjadi masyarakat sipil paling dinamis se-Asia Tenggara.

 4. Islam moderat 

Jumlah pemeluk Islam di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan seluruh kawasan Timur Tengah yang masih dianggap sebagai pusat Islam. Dengan 90 persen dari 240 juta penduduknya merupakan pemeluk Islam, Indonesia menjadi contoh bahwa Islam dan demokrasi bisa hidup berdampingan.

Konstitusi Indonesia telah menjamin adanya kebebasan beragama. Meski demikian, sejumlah kasus intoleransi agama masih saja muncul, seperti yang dilakukan kepada umat Kristen, muslim Syiah, dan Ahmadiah. Namun, bersama pemerintah, umat muslim Indonesia yang sebagian besar beraliran moderat ini terus berusaha menekan tumbuhnya ekstremisme Islam yang muncul sejak peristiwa Bom Bali 2002.

 5. Kesatuan nasional 

Meski terdiri lebih dari 17 ribu pulau dengan ratusan etnis dan bahasa, sejak 1945 lalu bangsa ini telah terikat menjadi satu negara, Indonesia. Dari sinilah Indonesia selalu menjadi contoh global tentang keuntungan dari sebuah kebersamaan dan kesatuan. Dan, dibutuhkan pemimpin yang mampu mempersatukan negeri yang paling beragam ini untuk bisa memainkan peranan yang lebih besar di panggung global. Kedua calon presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo, sama-sama mengklaim sebagai seorang nasionalis yang mampu mewujudkan hal itu. Namun, siapa pun yang akan memenangi pilpres ini, dunia harus bersiap untuk menghadapi Indonesia yang berbeda setelah 9 Juli 2014.
Google Ikut Rayakan Pilpres Indonesia Google Ikut Rayakan Pilpres IndonesiaGoogle doodle. Google.com

Ada yang menarik di halaman depan Google hari ini. Situs pencari nomor satu di dunia ini mengganti tampilan halaman depannya dengan hiasan kotak suara berwarna merah dan putih. Google mulai mengaktifkan halaman depan bercorak pemilihan umum tersebut mulai pukul 00.01 WIB. Tampilan tersebut hanya dapat dilihat ketika membuka situs tersebut melalui komputer, laptop, atau PC.

Google selalu memperingati hari-hari maupun tokoh bersejarah dunia melalui Google Doodle-nya. Seperti diketahui, hari ini merupakan pemilihan Presiden Republik Indonesia 2014, Rabu, 9 Juli 2014. Dalam pemilihan presiden ini, ada dua kandidat yang menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Pasangan nomor urut 1 adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto berpasangan dengan Hatta Rajasa, yang merupakan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional. Pasangan nomor urut 1 ini didukung oleh koalisi Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Adapun pasangan nomor urut 2 adalah Joko Widodo atau Jokowi, Gubernur DKI Jakarta nonaktif, berpasangan dengan mantan Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan PKPI.

  Tempo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More