blog-indonesia.com

Sabtu, 05 April 2014

Bebas nyamuk selama 6 jam dengan minyak sere

Obat Anti Nyamuk Alamihttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXpBhDixpaGAiUsMy5yCoTfSk0xFZtCujN6feZd_f6njjK6Mu_sWEoohr-2vh0F_gW0rbO6UNsV_i4rW4vzsoelNnuorEBa07kbzginjAxvMPAyPaZds0ptjgC-2sgb0_6CrgS9WZVs6Gu/s1600/Zanzara_fronte.gifInstitut Pertanian Bogor melakukan penelitian tentang keamanan penggunaan minyak sereh atau citronellah oil bagi bayi. Hasilnya, minyak sereh aman digunakan bayi sebagai obat herbal. Bahkan, bayi yang menggunakan minyak sereh bebas gigitan nyamuk selama 6 jam.

"Penggunaan pada bayi terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam," kata Presiden Direktur PT Barclay Products (Tempo Scan Group) Phillips Gunawan, Jumat (4/4).

Selama ini minyak citronella (citronella oil) atau yang lazim disebut minyak sereh wangi diyakini bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk/serangga. Penggunaan salah satu jenis minyak atsiri itu juga dipercaya bisa memberi rasa hangat, mencegah perut kembung, dan membantu mencegah iritasi ringan pada anak bayi.

Phillips Gunawan mengatakan, perusahaannya menggunakan minyak sereh sebagai bahan dasar obat dengan melakukan penyulingan bertingkat terhadap tanaman sereh wangi untuk mendapatkan atsiri citronella oil. Hasil isolasi akan berupa senyawa yang disebut Sitronellal, Geraniol, dan Sitronellol.

"Ketiga komponen itu adalah komponen yang dominan dalam minyak sereh wangi. Dan, inilah yang sering diaplikasikan dalam berbagai industri untuk produk-produk skin lotion penolak nyamuk karena mengandung bahan insektisida alami," ujar Phillips.

Salah satunya yang dilakukan PT Barclay Products antara lain dengan memproduksi produk andalannya My Baby Minyak Telon Plus. Sebagai produk minyak telon pertama di Indonesia, My Baby memakai Citronella oil karena murah dan efektif dalam mengusir nyamuk dan yang terpenting dapat digunakan secara aman dan praktis.

"Inilah yang kemudian membuat My Baby menguasai pangsa pasar sebesar 24 persen pada kategori minyak telon di Indonesia. Produk ini pun diekspor ke Filipina dan Malaysia, dan di pasar Filipina semenjak launching 2012 telah bertumbuh dengan pesat di setiap outlet toko modern," imbuhnya.

Phillips juga berharap agar persaingan dalam memproduksi minyak telon di Indonesia tetap terjaga mengingat prospek pasar produk bayi di Indonesia sangat menjanjikan yakni jumlah populasi bayi berumur 0-5 tahun mencapai sekitar 26,6 juta jiwa dan jumlah bayi yang lahir tiap tahun mencapai 3 juta jiwa.

"Apabila kompetisi ini terjaga sekaligus memanfaatkan potensi minyak sereh wangi di Indonesia, dan tingkat pengetahuan ibu-ibu di Indonesia amat tinggi mengenai minyak sereh wangi, tentu membantu ibu-ibu untuk merawat bayinya tetap sehat, sesuai harapan kami," jelasnya.(mdk/tyo)


  Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More