blog-indonesia.com

Kamis, 04 Juli 2013

Keuntungan yang Didapat Setelah Naiknya Harga BBM Subsidi

http://images.detik.com/content/2013/07/04/1034/110355_premium.jpgJakarta - Bulan lalu, pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi Premium jadi Rp 6.500 per liter dan Solar Rp 5.500 per liter. Banyak pihak awalnya menolak kenaikkan ini, namun menurut pemerintah justru banyak keuntungannya.

Menteri ESDM Jero Wacik sendiri mengakui keputusan pemerintah menaikan harga BBM ini dikhawatirkan menimbulkan gejolak, namun ternyata tidak demikian, justru rakyat mengerti.

Berikut ini keuntungan yang didapat dengan menaikkan harga BBM seperti dikutip dari data Tim Sosialisasi Penyesuaian Harga BBM, Kamis (4/7/2013).

1. Lebih Berpihak Pada Rakyat Kecil



Subsidi BBM selama ini justru lebih membantu warga kelompok menengah atas yang sudah berkecukupan. Mereka lebih menikmati subsidi karena memiliki kendaraan pribadi.

Data hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2010 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, secara rata-rata rumah tangga kaya menikmati subsidi bensin 10 kali lipat lebih besar dari pada rumah tangga miskin.

Pemotongan subsidi BBM dengan demikian merupakan pilihan yang lebih bijak dalam membelanjakan uang negara. Hasil pemotongan subsidi itu dapat dipakai untuk membiayai berbagai program pengentasan kemiskinan dan lebih dinikmati oleh si-kecil.

2. Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan



Pemangkasan subsidi membuat harga Premium dan Solar menjadi lebih wajar. Harga Premium dan Solar yang jauh lebih murah dari semestinya mendorong orang boros dan ceroboh mengkonsumsi BBM.

Padahal, minyak adalah sumber energi yang langka dan tidak terbatukan. Pemakaian BBM yang berlebihan juga menurunkan kualitas lingkungnan hidup kita.

Harga BBM yang lebih realistis akan mendorong penghematan dan proses konversi ke sumber energi lain yang lebih bersih, terutama gas.

3. Lebih Bermanfaat



Dana yang seharusnya habis untuk subsidi bisa dialihkan untuk keperluan lain yang lebih berguna bagi rakyat banyak. Alih-alih "terbakar" habis di jalanan, uang rakyat bisa kita pakai membiayai berbagai proyek yang memperbaiki kualitas hidup kaum kurang mampu, seperti membangun infrastruktur maupun perbaikan layanan pendidikan.

4. Lebih Benar



Pemangkasan subsidi mengurangi keuntungan penyelewenangan dan penyelundup. Selama ini, selisih harga BBM bersubsidi dengan BBM non-subsidi yang terlalu besar mendorong terjadinya penyelundupan ke luar negeri maupun penyelewengan di dalam negeri, dipakai oleh pengguna yang tidak berhak.

Saat ini, harga BBM non-subsidi hapir dua kali lipat jika dibandingkan harga premium dan solar. Akibatnya, banyak pelaku industri yang tergoda untuk mengejar keuntungan secara tidak sah dengan membeli BBM bersubsidi.

5. Lebih Awet Manfaatnya



Efek positif pengurangan subsidi premium dan solar akan terasa dalam jangka waktu cukup lama. Bukan hanya bagi angaran 2013 saja, efek positif pemangkasan subsidi BBM akan meringankan beban negara pada tahun-tahun mendatang.

Uang rakyat yang tadinya untuk subsidi itu dapat dialihkan untuk membiayai investasi infrastruktur, perbaikan sumber daya manusia, serta penanggunalan kemiskinan yang efek positifnya lebih bersifat jangka panjang dan permanen.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More